ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 13 Juli 2020 | 23 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Bakteri Resisten Antibiotik Bisa Menyebar ke Tubuh Orang Lain

19 November 2018 15:52:51
Bakteri Resisten Antibiotik Bisa Menyebar ke Tubuh Orang Lain

ChanelMuslim.com – Bakteri Resisten Antibiotik bisa menyebar ke orang lain. Hal ini berawal dari antibiotik yang bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri.

Dari pertumbuhan bakteri, infeksi pun muncul dalam tubuh seseorang. Bakteri yang berjalan bisa melawan dan beradaptasi, sehingga mampu melawan efek antibiotik. Proses ini disebut dengan Resistensi Antibiotik.

“Bakteri resisten antibiotik ini bisa menular ke yang lain, cara penyebarannya juga banyak,” ujar Dr. Anis Karuniawati, PhD, SpMK(K) di Rumah Sakit Universitas Indonesia, Depok, Kamis (15/11)

Penyebaran bakteri resisten antibiotik ini bisa melalui udara, kontak, peralatan medis serta semua medium dari lokasi bakteri hidup.

Meskipun kuman dari bakteri itu bukan kuman yang bahaya, tetapi jika tertular ke orang lain bisa bahaya.

Kontak tangan yang tidak bersih berkemungkinan besar ditularkan bakteri dari orang lain. Tangan yang jarang dibasuh atau dicuci dengan air, infeksi dari bakteri resiten antibiotik cepat menular.

“misalnya, ketika pasien yang mengalami resisten buang air besar. Terus tidak bersih membasuhnya, saat bersalaman dengan keluarga yang menemaninya, itu bisa langsung terkena,” tambahnya.

Analogi secara sederhana ini bisa membuat seseorang seharusnya menjaga kebersihan.

Selain kontak atau tangan, melalui udara pun bakteri bisa menyebar. Meski tidak terlihat secara langsung, seseorang mampu menularkan bakteri resisten ke orang lain misalnya bersin di tempat banyak orang.

Partikel yang keluar dari bersin melayang di udara dan terhirup orang. Seseorang yang menghirup baik sengaja ataupun tidak sengaja akan langsung terkena.

Adanya penyebaran melalui udara, setidaknya manusia perlu menjaga kesehatan tubuhnya agar tetap sehat.

Di sisi yang sama, penyebaran ini bisa terjadi juga ketika sering bertukar barang yang dipakai, misalnya meminjam handuk, baju dll.

Namun, tidak semua bakteri resisten tersebut menyebabkan orang lain ikut sakit. Ketika yang ditulari memiliki kekebalan tubuh yang kuat, penyebaran itu akan menjadi biasa saja.

Kekebalan tubuh didapat dari asupan makanan yang bergizi, pola kesehatan yang baik tiap harinya, pengelolaan stres yang seimbang, olahraga teratur dan tidur yang cukup. (Firda)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
09 July 2018 14:48:10

Mitos Kandungan Gizi Susu Kental Manis

 
ADVERTORIAL
13 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
KESEHATAN
20 June 2019 06:59:14

Luar Biasa, Ini 10 Manfaat Lemon bagi Kesehatan

 
global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga