ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 19 September 2019 | 20 Muharram 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KELUARGA

Hikmah Viralnya Petisi “Hentikan Iklan Blackpink”

12 December 2018 21:10:42
Hikmah petisi blackpink

ChanelMuslim.com –  Gencarnya petisi hentikan iklan Blackpink membuat masyarakat terbagi menjadi dua kelompok. Pertama, kelompok yang setuju dengan hadirnya petisi tersebut, sedangkan yang kedua terdiri dari masyarakat yang justru menolak keras petisi itu.

Pada kalangan masyarakat yang setuju, petisi ini didominasi kalangan orang tua sekaligus non K-Pop atau non pecinta drama ataupun acara variety show Korea. Di sisi yang lain, mayoritas masyarakat yang menolak petisi “Hentikan iklan Blackpink” ini datang dari kalangan milenial, terutama pecinta K-Pop atau drama Korea.

Reaksi penolakan petisi bermacam-macam seperti adanya petisi tandingan, hujatan atau penolakan keras di kanal media sosial bahkan menghubungi langsung Maimon – penggagas petisi “Hentikan iklan Blackpink”.

Namun, penolakan dari para pecinta K-Wave ini tidak berhasil. Masyarakat yang menandatangani Petisi “Hentikan iklan Blackpink” semakin bertambah jumlahnya, bahkan KPI sudah melayangkan surat peringatan ke stasiun televisi yang menayangkannya. Masyarakat yang menolak pun bersyukur dengan kebijakan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Di sisi yang lain, para pecinta K-Pop atau K-wave merasa tidak terpengaruh dengan kesukaannya. Sebagian besar dari K-Pop juga tetap saja masih menggandrungi K-Pop, drama atau acara variety show Korea.

Sebagai warga negara yang mencintai Indonesia dan seorang muslim, hikmah viralnya petisi “Hentikan Iklan Blackpink” harus dijadikan renungan dan aksi nyata yang berkelanjutan.

Jika dikembalikan dengan isi dari petisi tersebut, maksud petisi ini mengarahkan pada pelanggaran nilai-nilai yang bertentangan dengan Pancasila sekaligus norma agama.

Renungan yang harus dipikirkan berupa, pelanggaran nilai Pancasila, sosial dan norma agama bukan satu-satunya terjadi dari iklan tersebut. Tidak hanya iklan, sinetron dan program hiburan di Indonesia saat ini juga mengesampingkan nilai dan norma yang tidak pantas.

Adanya pelanggaran yang sebenarnya mudah ditemui di televisi atau media apapun, butuh peran dari semua berbagai pihak untuk melawan pelanggaran yang terjadi.

Peran KPI sebagai pengontrol siaran televisi harus tegas dalam bertugas. Para pembuat konten atau acara sudah seharusnya memikirkan nilai-nilai luhur yang perlu ditegakkan, bukan hanya sekadar bisnis semata. Pemerintah ikut membantu, mengontrol dan memberikan kewenangan yang tepat agar tayangan atau tontonan Indonesia lebih bermutu dan bermanfaat.

Kolaborasi pemangku kebijakan, lembaga dan orang-orang juga dibutuhkan untuk mengatasi persoalan ini. Adanya ambassador dari negara ginseng yang memakai pakaian pendek itu sudah menjadi fashion tersendiri. Hal ini dikhawatirkan para orang tua karena dapat mengikis budaya kesopanan dan nilai luhur bangsa.

Aksi nyata para orang tua tidak boleh berhenti sampai di penolakan melalui petisi saja. Edukasi kepada anak-anak juga diperlukan. Anak-anak dan generasi milenial hidup di generasi digital, edukasi yang diberikan sudah seharusnya menyesuaikan zaman.

Melarang atau memaksa anak tidak menonton K-Pop atau drama Korea akan susah dilaksanakan. Generasi milenial tidak suka dilarang atau dipaksa. Fasilitasi anak-anak dengan edukasi menyenangkan sesuai rasa senangnya menonton K-Pop atau drama. Berikan ruang anak-anak untuk berkreasi sesuai kemampuannya. Satu hal yang terpenting, tanamkan nilai agama yang dimulai dari keluarga. Sumber kekuatan untuk tidak ikut-ikutan demam Korea berasal dari keluarga. Sebagai orang tua, kita tidak boleh lalai dalam mendidik dan menjadi contoh untuk anak-anak. (Firda)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
hikmah petisi blackpink
 
BERITA LAINNYA
 
 
KELUARGA
01 April 2017 21:56:06

Every Childs is Unique

 
KELUARGA
10 April 2018 14:47:20

Menjadi Ibu Seperti Awan

 
KELUARGA
12 December 2018 21:10:42

Hikmah Viralnya Petisi “Hentikan Iklan Blackpink”

 
KELUARGA
03 December 2018 16:55:11

Peran Penting Orang Tua Mencegah Kekerasan pada Anak

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284