ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 11 Desember 2019 | 14 Rabiul Akhir 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
 
Jasa Aqiqah Murah, Budget Aqiqah, Kambing Aqiqah Murah, Aqiqah Tangerang
 
JENDELA HATI

Garut dan Hikmah di balik Bencana

15 January 2017 21:18:30
Garut dan Hikmah di balik Bencana

oleh: Fifi P. Jubilea

[caption id="" align="alignleft" width="720" caption="doc. Fifi P. Jubilea"]image[/caption]

ChanelMuslim.com - Aku mau cerita tentang Garut. Pertama kali ke sini 6 bulan lalu, cukup amazing. Padahal aku dulu nolak karena bayanganku di Garut gak ada apa-apa cuma dodol, dan aku gak suka dodol, nempel digigi. Jadi kalau mau belikan aku jangan dodol ya, aku mendingan makan telur dadar petai daripada dodol.

[caption id="" align="alignright" width="720" caption="doc. Fifi P. Jubilea"]image[/caption]

Saat pertama kali ke Garut langsung nginap di Kamojang, jadi bayanganku Garut adalah Kamojang (resort di sebelah Telaga Sampireun). Aku excited banget karena bungalownya menghadap ke danau dan di danaunya bisa naik kapal kecil. Karena itu ketika mendengar ada banjir bandang di Garut aku langsung sedih banget, membayangkan Garutku yang indah tenggelam. Tanpa pikir lagi aku ngumpulkan uang dan barang, aku ajak semua teman, staf dan lainnya juga dengan sekuat tenaga  untuk turut menyumbang. Dan baru kali ini aku sempat berangkat kesini.

[caption id="" align="alignright" width="720" caption="doc. Fifi P. Jubilea"]image[/caption]

Saat pertama kali ke Garut langsung nginap di Kamojang, jadi bayanganku Garut adalah Kamojang (resort di sebelah Telaga Sampireun). Aku excited banget karena bungalownya menghadap ke danau dan di danaunya bisa naik kapal kecil. Karena itu ketika mendengar ada banjir bandang di Garut aku langsung sedih banget, membayangkan Garutku yang indah tenggelam. Tanpa pikir lagi aku ngumpulkan uang dan barang, aku ajak semua teman, staf dan lainnya juga dengan sekuat tenaga  untuk turut menyumbang. Dan baru kali ini aku sempat berangkat kesini.

Tapi begitu sampe di Garut aku merasa hidup dalam dunianya orang Indonesia yang aku cintai. Aku lihat mereka kok tabah banget ya, tetap bergembira walau rumah sudah hancur kena banjir.

[caption id="" align="alignleft" width="720" caption="doc. Fifi P. Jubilea"]image[/caption]

Lihat bekas bekas banjir hati sedih. Dalam semalam semua luluh lantak. Penduduk  pada gak punya rumah dan tinggal di masjid sebagai central. Susah loh bila dalam semalam saja kita sudah tak punya rumah, tak punya apa-apa, rumah tuh rata dengan tanah, banjir badang ini kayak tsunami kecil.

Aku terus terang bahagia bisa memiliki kesempatan datang ke tempat ini. Bahagia karena bisa memberi dan merasakan apa yang mereka rasakan. Bisa ketemu relawan yang luar biasa. Kulihat juga banyak orang baik datang, ikut membantu sana sini, berbuat ini itu, ikhlas, penuh semangat.

Ala kulli hal, di balik bencana itu terdapat banyak hikmah. Bencana membuat;

1) manusia faham apa arti sabar

2) membuat orang lain berpahala dengan memberi

3) membuat kita jadi kompak

4) rasa syukur bagaimana jika bencana itu menimpa kitam akankah dapat setegar mereka

5) timbul cinta dan kasih sayang pada sesama

Pas malamnya wakil bupati datang dan mengundang ke rumah beliau. Dengan menggunakan sarung dan sederhana tapi baik dan kebapakan, bicaranya pelan-pelan (mungkin bijak mungkin juga karena ngantukm sebab aku kalau  ngantuk juga gitu, jadi lembut). Beliau nampak gembira mendengar ada tamu datang dari Jakarta, walau nampak sudah lelah sekali tapi beliau menerima rombongan kita dengan antusias sampai pukul 9.30 malam loh... Sampai kami semua sama-sama sangat lelah dan kelaparan hehe... Akhirnya pamit mohon diri ketika sayup-sayup terdengar suara tukang bakwan malang dari kompleka sang wakil bupati. Oh ya, wakil bupatinya itu dokter dan punya klinik, ustadz pula, jadi kadang kita panggilnya pak, ustad dan kadang dok.

Indonesia luar biasa bukan hanya sumber daya alamnya juga sumber manusianya, aku bangga jadi orang Indonesia. Indonesia milik kita bersama, gak perlu tambahan orang asing masuk Indonesia deh, jiwanya lain.

“Dan, orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan, mereka itulah orang-orang yang benar (imannya), dan mereka itulah orang-orang yang bertaqwa”. [Al-Baqarah : 177]

[caption id="" align="alignright" width="720" caption="doc. Fifi P. Jubilea"]image[/caption]

Terima kasih buat para donatur yang menyerahkan uang donasi ke JPU (Jisc Peduli Umat). Ada sisa uang aku tambah dengan dari mana-mana, semua aku belikan beras, makanan dan macam-macam. Dan masih ada sisa juga aku serahkan untuk bikin satu unit rumah, mampunya cuma segitu. Terima kasih juga buat rekan-rekan guru yang sudah menemani aku jauh-jauh datang kesini, weekend malah kerja ya. Istirahat yang sebenarnya diakhirat, semangat teman-teman seperjuanganku.

User profile picture

Mam Fifi

Pengasuh Rubrik Jendela Hati

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
BERITA LAINNYA
 
 
JENDELA HATI
12 December 2018 11:28:43

Kerjaan Emak

 
JENDELA HATI
26 November 2018 13:11:09

Ujian Tahfidz Ben

 
JENDELA HATI
20 March 2018 11:55:43

JISc Curug Inshaa Allah Pindah ke Kodam

 
JENDELA HATI
15 April 2019 13:05:03

Ini Kisah Nyata

 
JENDELA HATI
23 April 2019 10:50:29

Efek 212 di Suasana Pemilu

iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Manajemen Masjid Berbasis Ekonomi Kreatif 4.0
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284