ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 16 Januari 2021 | 3 Jumadil Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
INFO BISNIS

Cerita Perjuangan Perempuan Pengusaha UMKM di Masa Pandemi, Menuju Kesetaraan Ekonomi

25 November 2020 16:38:00
Cerita Perjuangan Perempuan Pengusaha UMKM di Masa Pandemi, Menuju Kesetaraan Ekonomi
Cerita Perjuangan Perempuan Pengusaha UMKM di Masa Pandemi, Menuju Kesetaraan Ekonomi

ChanelMuslim.com - Dyah Mustokoweni, S.Ag, seorang pengusaha herbal yang baru saja merintis usaha wedang pada Maret 2020. Dengan keluarga sederhana dan kecil bagaimana Dyah bangkit dan memperjuangkan kesetaraan di bidang ekonomi?

Jauh sebelum merintis usaha wedang, madu dan herbal lainnya, Dyah telah tumbuh menjadi pribadi yang mandiri. Jiwa kewirausahaannya diasah sejak kecil oleh kakaknya, Ibu Rani (Owner CV Vermindo International). Ia berjualan baju-baju dan kain batik sejak usia SMP atas bimbingan kakaknya. Ia juga pernah menjadi guru di sebuah Sekolah Dasar Islam Terpadu bahkan hingga menduduki posisi sebagai Wakil Kepala Sekolah.

"Dulu, saya guru Tahfiz di SDIT, dan guru Bahasa Inggris sampai karier wakasek. Sempat ditawarkan posisi Kepsek, tapi karena tidak sesuai dengan tugas yang sangat padat, akhirnya saya memilih mundur dari dunia pendidikan," katanya, Senin (23/11/2020) kepada ChanelMuslim.com.

Ia pun memulai usaha katering nasi boks

dan aqiqah. Kepiawaiannya dalam mengolah masakan membuat usaha kateringnya maju pesat dari tahun 2006 hingga 2015.

Namun, bisnis yang meroket selalu diimbangi dengan ujian. Satu persatu karyawannya mundur dan bahkan membuka usaha sendiri.

"Karyawan ada yang usaha sendiri, pindah rumah, kerja dan sebagainya. Akhirnya, katering agak sepi," tuturnya sedih.

Selain hobi memasak, Dyah mengakui bahwa ia menjalani beragam profesi untuk memenuhi tuntutan kebutuhan rumah tangga. Kondisi itu membuat Dyah lebih kreatif dan berinovasi membaca peluang. Bersama kakaknya, ia membuat wedang-wedang uwuh dan imun, serta jahe merah. Ia bahkan pernah mengelola sebuah TPA di wilayah komplek perumahan Griya Prima Galaksi hingga berjualan baju muslimah secara online.

"Tuntutan kebutuhan rumah tangga, jadi buat saya lebih kreatif dan lebih Inovasi lagi melihat peluang usaha," tegasnya.

Dyah tidak sendiri, mungkin banyak Dyah Dyah lain yang juga berjuang untuk dapat setara dalam hal ekonomi, sosial, dan pendidikan. Sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG), serta memberdayakan semua perempuan dan anak perempuan, apa yang dilakukan Dyah adalah upaya untuk memastikan bahwa semua perempuan dapat berpartisipasi penuh dalam kehidupan berpolitik, sosial dan ekonomi tanpa meninggalkan peran sebagai kewajiban istri kepada suami.

Pandemi Covid-19 bagi Dyah bisa dikatakan sebagai 'blessing in disguise'. Ia jeli membaca peluang pasar berdasarkan pengalamannya sebagai pengusaha UMKM di bidang herbal. Ia membuat wedang yang terbuat dari rempah-rempah berkualitas tinggi, minuman herbal semacam ini banyak dicari orang untuk menjaga imunitas tubuh.

"Wedang saya sudah ke Jerman, orangnya belum. Kalau ke Singapura, Kuala Lumpur, Bangkok, Mekkah, Madinah sudah. Tinggal ke Jerman, Eropa belom nih. Semoga segera terwujud bisa ke sana langsung lihat negara dan ketemu reseller-reseller saya di sana, amin," ujarnya sumringah.

Kini, Dyah tengah mengembangkan sistem untuk bisnis Wedang KFKIN buatannya. Ia bangga sebagai perempuan Indonesia yang ikut berperan serta di masa pandemi Covid-19, bisnis yang dijalaninya mampu bertahan dan insya Allah semakin berkembang. Meskipun Dyah bukan satu-satunya perempuan Indonesia yang memperjuangkan kesetaraan di bidang ekonomi, ia membuktikan mampu bertahan bahkan sukses dalam mengembangkan bisnis yang dijalaninya.[ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
cerita perjuangan perempuan pengusaha umkm di masa pandemi
menuju kesetaraan ekonomi
 
BERITA LAINNYA
 
 
INFO BISNIS
20 February 2020 15:42:09

Bakso Lek Win, Juaranya Bakso Wonogiri Kini Hadir di Tebet

 
 
INFO BISNIS
26 July 2018 22:26:31

Cerita Iman tentang Cinnamon Hotel Boutique Syariah

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284