ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 05 Agustus 2020 | 16 Zulhijjah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
BERITA

Kisah Nasi di Lebak Banten

01 November 2019 15:51:02
Kisah Nasi di Lebak Banten
Foto: ACT

ChanelMuslim.com - Beberapa santri Pondok Pesantren Bani Idris sibuk menumis bawang pada Sabtu (26/5) sore itu. Satu orang santri lainnya memecah nasi yang sebagiannya berkerak menggunakan sendok. Intip, sebutan kerak nasi dari dasar panci itu. Kata para santri, intip punya kenikmatan tersendiri.

Nasi itu kemudian dituang ke sebuah nampah yang dianyam dari bambu. Beramai-ramai mereka mengelilingi nampah bundar tersebut. Menikmati hasil masakan mereka yang sederhana bersama-sama.

“Begitulah makanannya para santri, sederhana. Karena di sini mereka belajar hidup prihatin,” kata Darmawan, pengurus Pondok Pesantren Bani Idris, Desa Pasirkupa, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak, Banten.

Selain dari patungan bersama untuk makan mereka sendiri, para santri juga masing-masing menyumbang satu gelas beras dari bekal beberapa liter beras yang mereka bawa dari rumah.

“Mereka di sini hanya membekali makan sendiri saja, tidak membayar apapun lagi. Paling kalau ada juga patungan untuk listrik setiap bulannya sekitar Rp 15 ribu. Kalau ada uangnya ya, alhamdulillah, kalau tidak ada ya tidak kita paksakan,” ujar Darmawan.

Tidak jauh berbeda, Pondok Pesantren Riyadul Athfal yang diasuh oleh Ustaz Azizi di Desa Muncang, Kecamatan Muncang, Kabupaten Lebak juga demikian. Sekitar sepuluh santrinya yang bermukim di pesantren tidak ia bebankan biaya apapun selain listrik bulanan.

“Kalau santri yang pulang pergi ada sekitar tiga puluh orang karena rumahnya dekat-dekat sini, yang bermukim ada sepuluh orang. Kita hanya membebankan listrik Rp 5 ribu per orang. Untuk makanan, kita minta mereka bawa bekal beras sendiri. Tapi terkadang kalau makanan tidak ada juga, ya kita tanggung juga,” kata Azizi.

 
 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
05 August 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
BERITA
12 September 2018 06:27:55

Mengenal Lebih Dekat Kerja Sektor Khusus Masjid Nabawi

 
global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
Munajat Dzulhijjah
 
 
TERPOPULER
 
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga