ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 22 September 2019 | 23 Muharram 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
BERITA

Banjir Bandang Banyuwangi, Ratusan Rumah Tertimbun Lumpur

25 June 2018 16:26:29
Banjir Bandang Banyuwangi, Aksi Cepat tanggap,
Relawan ACT

ChanelMuslim.com - Tak ada yang menyangka, Jumat (22/6) pagi kemarin, banjir bandang datang menggulung seketika wilayah Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Padahal rata-rata musim di Indonesia sedang masuk dalam permulaan kemarau. Namun hujan lebat yang berlangsung berjam-jam sejak Kamis (21/6), sekitar pukul 21.00 WIB hingga Jumat pagi, meluruhkan material bandang di lereng Gunung Raung.

Longsor dan tumbangnya pohon terjadi sepanjang malam di Lereng Gunung Raung. Imbasnya material lumpur dalam jumlah yang masif, disertai batang-batang pohon bergerak liar menjadi banjir bandang. Tercatat, aliran banjir bandang mengalir deras sepanjang Sungai Badeng, Sungai Binau, dan Sungai Kumbo.

Sejak Jumat (22/6) malam, Tim Emergency Response Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama dengan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) langsung menuju ke wilayah terdampak banjir bandang.

Iqrok, salah satu tim Emergency Response ACT mengatakan, sedikitnya tiga dusun mengalami kerusakan paling parah karena banjir bandang.

“Jumat malam kami melakukan pendataan sementara. Warga lokal mengatakan banjir pertama kali datang pagi hari sekitar pukul 08.40 WIB. Tidak hanya tiga dusun tersebut. Banjir juga membuat porak poranda Kecamatan Songgon,” tutur Iqrok melaporkan langsung dari Banyuwangi seperti dikutip dalam keterangan pers di laman ACT.

Sampai dengan laporan ini diturunkan, jumlah warga yang mengungsi masih berada di kisaran 1.500 jiwa.

“Bahkan satu orang korban jiwa belum ditemukan karena terseret lumpur banjir,” lapor Iqrok.

Melansir Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, sedikitnya terdapak 328 unit rumah rusak. Dengan rincian 23 rumah rusak berat, 80 unit rumah rusak sedang, dan 225 rumah mengalami rusak ringan.

“Jumlah kerusakan rumah diperkirakan masih terus bertambah. Mengingat banjir bandang menyisakan lumpur tebal setinggi lebih dari 1 meter di pemukiman warga,” tulis Sutopo dalam rilisnya kepada media.

Relawan ACT siaga sampai fase pemulihan

Merespons bencana banjir bandang di Banyuwangi, serentak relawan MRI-ACT dari berbagai daerah diterjunkan untuk ke lokasi bencana.

“Gabungan tim dari MRI Surabaya, Jember, dan Malang sudah bergabung ke posko ACT di lokasi. Fokus aksi berupa membersihkan lumpur tebal sisa banjir, bergabung dengan unsur SAR terkait, dan bersiaga hingga fase pemulihan,” ujar Warangagung dari ACT Malang dalam sumber yang sama.

Pendataan sementara di Kecamatan Songgon, kebutuhan mendesak yang sangat diperlukan berupa pakaian layak pakai untuk pengungsi yang rumahnya mengalami kerusakan berat.

“Kebutuhan lainnya berupa bahan makanan untuk menyiapkan dapur umum, alas tidur, sekop, dan pompa air untuk membersihkan endapan lumpur yang menggunung,” tutup Warangagung. (red/ACT)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
banjir bandang banyuwangi
aksi cepat tanggap
 
BERITA LAINNYA
 
 
BERITA
18 August 2018 22:19:52

SOLOPEDULI Bantu 1.358 Korban Gempa Lombok

 
 
BERITA
05 January 2018 13:54:32

MUI: Semoga Munas Forjim Bisa Memberikan Perubahan

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284