ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 12 Desember 2019 | 15 Rabiul Akhir 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
 
Jasa Aqiqah Murah, Budget Aqiqah, Kambing Aqiqah Murah, Aqiqah Tangerang
 
AYAH BUNDA

Sulitnya Bilang Maaf

11 February 2019 14:12:16
Sulitnya Bilang Maaf

ChanelMuslim.com – Meminta maaf sepertinya mudah diucapkan tapi sulit untuk dilakukan. Apalagi meminta maaf kepada pasangan.Ada perasaan gengsi terselip di hati kita. Ego merajai hati kita. Sering kali pertengkaran kecil menjadi besar hanya karena persoalan enggan meminta maaf. Bahkan bisa menimbulkan masalah lain yang seharusnya tidak terjadi. 

Ada juga yang menganggap sepele persoalan meminta maaf ini. Sehingga sering terucap, “Ah gitu aja marah.” Menganggap sepele persoalan meminta maaf ini malah menurunkan tingkat kewibawaan kita di hadapan orang lain. Sejatinya manusia itu tempatnya salah karenanya sudah sangat wajar jika meminta maaf saat berbuat salah.

Meminta maaf kepada pasangan juga sebagai jalan untuk membangun rumah tangga yang sakinah. Dari Abdullah bin Abbas ra, Rasulullah saw. bersabda, “maukah kuberitahukan kepada kalian tentang istri-istri kalian yang termasuk penghuni surga? Yaitu perempuan yang mencintai suaminya, mempunyai banyak anak, dan selalu meminta maaf kepada suaminya. Jika menyakiti dan disakiti, ia segera mendatangi suaminya dan memegangi tangannya lalu berkata, “Demi Allah, aku tidak akan tidur sebelum engkau ridha kepadaku.” (HR. Nasai)

Pertengkaran hebat akan terjadi saat salah satu tidak ada yang mau mengalah. Padahal permasalahan akan segera selesai jika ada yang mau mengalah dan meminta maaf. Jika Anda merasa serba salah dan canggung untuk meminta maaf begini cara minta maaf pada pasangan agar cepat baikan lagi

1. Mengakui kesalahan Anda

Daripada terus-terusan bertengkar dan hal ini pasti akan sangat melelahkan, ada baiknya anda mulai melakukan gencatan senjata dan mengakui kesalahan. Ada masanya Anda melakukan kesalahan yang membuat pasangan marah. Begitu pula sebaliknya.

2. Posisikan diri sebagai pasangan

Jika Anda merasa tidak melakukan kesalahan dan menganggap semua baik-baik saja. Namun pasangan Anda mengatakan jika Anda melakukan kesalahan yang membuatnya kecewa dan marah. Jangan lantas ikutan marah. Ada baiknya kita memosisikan diri berada di sepatunya. Bisa jadi ada satu perkataan atau tindakan kita yang membuatnya marah. Pikirkanlah baik-baik soal sumber masalahnya. Kemudian meminta maaflah. Anda juga bisa meminta maaf kepada dirinya dan memintanya memberitahukan Anda tentang kesalahan Anda. 

3. Minta maaf setulus hati

Baca Juga :
»
»
»

Apalah artinya hubungan kasih asmara dalam rumah tangga jika kedua pihak tidak bisa saling memahami dan tidak bisa saling memaafkan. Toh, kita juga ingin dipahami ketika sedang merasa kesal karena berbagai masalah di kantor atau sedang sedih. Kesampingkan rasa ego dan gengsi, meminta maaflah dengan tulus. Lebih baik pergi mendatangi pasangan kita lalu memeluknya erat sambil berbisik, “Maafkan aku.”

Setelah meminta maaf, sebaiknya tidak membela diri karena ditakutkan justru akan menambah runyam permasalahan Anda berdua. Sebaliknya, tunjukkan keseriusan Anda dalam meminta maaf dan pastikan kejadian tersebut tidak akan terulang kembali di kemudian hari.

4. Jangan sampai terbawa emosi

Jika pasangan tidak menerima penjelasan dan permintaan maaf Anda, jangan terbawa emosi. Cobalah untuk menenangkan diri. Beri dia waktu untuk meredakan amarahnya 

5. Jangan ragu minta maaf lagi

Kadang butuh lebih lebih banyak usaha untuk “menebus” kesalahan buah dari masalah yang Anda buat sendiri. Jangan berkecil hati bila di awal pasangan tampak tidak mengacuhkan permintaan maaf Anda. Jangan malu untuk meminta maaf berulang kali sampai hatinya luluh. Namun jangan memaksa dan jangan ulangi perbuatan yang sama lagi. (Maya)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
BERITA LAINNYA
 
 
AYAH BUNDA
20 December 2017 15:38:41

Ibu, Madrasah Pertama dan Utama

 
AYAH BUNDA
31 August 2017 19:28:27

Ayah Bunda Penuhilah Hak Anak

 
AYAH BUNDA
24 February 2019 21:16:14

Wah, Anak Hebat

 
AYAH BUNDA
03 December 2018 16:20:37

Ayah Bunda, Kenali Faktor Terjadinya Kekerasan pada Anak

iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Manajemen Masjid Berbasis Ekonomi Kreatif 4.0
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284