ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 15 Oktober 2019 | 16 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Mempersiapkan Anak untuk Terbang Lebih Tinggi

01 February 2018 17:19:34
parenting
pxhere.com

ChanelMuslim.com-Dalam beberapa tahun pertama kehidupan, perilaku anak-anak banyak dikontrol dan diarahkan oleh orang lain seperti orangtua, kakak, kakek, nenek, guru dan lainnya. Ketika usia bertambah, kebanyakan dari mereka semakin mampu mengontrol dan mengarahkan kehidupannya sendiri. Mereka semakin mampu membuat keputusan dan menentukan tujuan-tujuan yang ingin mereka capai dalam kehidupan mereka sendiri. Tidak hanya itu, mereka juga mampu mengarahkan dan memonitor diri mereka sendiri dalam usahanya mencapai tujuan-tujuan yang mereka kejar.

Namun adakalanya Ayah Bunda mendapati ananda belum siap untuk mengepakkan sayapnya sendiri. Misalnya mereka belum bisa menentukan prioritas dalam kegiatan sehari-hari. Mereka masih sulit menentukan mana dahulu yang dikerjakan. Alih-alih mengerjakan tugas sekolah dan rumah, mereka malah menangis.

Sebelum mampu mengontrol dan mengarahkan diri mereka sendiri, Ayah Bunda mempunyai peran penting untuk mempersiapkan ananda ke arah itu.  Keterlibatan Ayah Bunda dalam hal ini sangatlah penting agar ananda mempunyai pijakan yang kokoh ketika mereka harus berhadapan dengan dunia sesungguhnya. Sekurangnya ada tiga hal yang dipersiapkan Ayah Bunda,

1. Mengenalkan Allah kepada ananda.

Ini adalah pilar yang paling utama dalam mempersiapkan anak menjadi dewasa. Sayangnya kita sering mengenalkan Allah dengan cara-cara yang menakutkan. Misalnya dengan menyematkan kata dosa pada Allah. “Jangan berbohong, Allah nggak suka. Itu dosa!” kalimat seperti ini malah membuat anak semakin tidak mau mengenal Allah. Padahal di dalam 99 Asma Allah kesemuanya tentang kebaikan. Mari kita renungkan ajaran Rasulullah kepada  Abu Abbas Abdullah bin Abbas RA

“Wahai anakku, sesungguhnya aku akan mengajarkanmu beberapa kata ini sebagai nasihat buatmu. Jagalah hak-hak Allah, niscaya Allah pasti akan menjagamu. Jagalah dirimu dari berbuat dosa terhadap Allah, niscaya Allah akan berada di hadapanmu. Apabila engkau menginginkan sesuatu, mintalah kepada Allah. Dan apabila engkau menginginkan pertolongan, mintalah pertolongan pada Allah. Ketahuilah bahwa apabila seluruh ummat manusia berkumpul untuk memberi manfaat padamu, mereka tidak akan mampu melakukannya kecuali apa yang telah dituliskan oleh Allah di dalam takdirmu itu.Juga sebaliknya, apabila mereka berkumpul untuk mencelakai dirimu, niscaya mereka tidak akan mampu mencelakaimu sedikit pun kecuali atas kehendak Allah. Pena telah diangkat dan lembaran takdir telah kering.” (HR. At-Tirmidzi).

Dalam riwayat lain disebutkan, “Jagalah hak-hak Allah, niscaya engkau akan mendapatkan Dia ada di hadapanmu. Kenalilah Allah ketika engkau berada dalam kelapangan, niscaya Allah pun akan mengingatmu ketika engkau berada dalam kesempitan. Ketahuilah bahwa segala sesuatu yang salah dalam dirimu tidak mesti engkau langsung mendapatkan hukuman-Nya. Dan juga apa-apa yang menimpa dirimu dalam bentuk musibah atau hukuman tidak berarti disebabkan oleh kesalahanmu. Ketahuilah bahwa pertolongan itu akan datang ketika engkau berada dalam kesabaran, dan bersama kesempitan akan ada kelapangan. Juga bersama kesulitan akan ada kemudahan.”

Dengan perkataan ini, Rasulullah mengajarkan kepada kita bagaimana caranya berbicara dengan anak saat mengenalkan Allah. Dalam hadits di atas Rasulullah mengajarkan bahwa tidak ada penolong kecuali Allah Yang Maha Kuasa; Allah yang senantiasa membalas setiap kebaikan. Tidak ada tempat meminta kecuali Allah. Tidak ada tempat bergantung kecuali Allah. Dan itu semua menunjukkan kepada anak bahwa tidak ada tuhan kecuali Allah.

2. Mengajari ananda untuk meneladani rasulullah dan para sahabat.

Dalam perjalanan hidup Rasulullah dan para sahabat terhampar banyak hikmah yang bisa menjadi teladan untuk anak. Yang perlu diajarkan kepada Ananda adalah bagaimana keseharian Rasulullah dan para sahabat . Karena ananda perlu mempunyai model yang dapat mereka contoh. Ada sekitar 2000 sahabat yang bisa kita jadikan model untuk ananda. Ada Abu bakar Ash-shidiq yang mengajarkan kelembutan. Ada Umar bin Khaththab yang mengajarkan keberanian dan ketegasan. Ada Utsman bin Affan dan Abdurrahman bin Auf yang mengajarkan tentang bisnis dan perdagangan. Dan masih banyak sahabat yang lain yang tak kalah menarik kisah hidupnya.   

3. Menjadi panutan nyata bagi ananda.

Ayah Bunda sebagai sosok yang paling dekat dengan Ananda, merupakan role model yang paling nyata. Ayah Bunda akan menjadi salah satu bagian paling penting yang mampu memotivasi kehidupan Ananda. Setiap ucapan dan tindakan Ayah Bunda akan terekam dalam memori Ananda dan akan mempengaruhi perilaku dan segala keputusan serta tindakannya kelak.

 Dalam mempersiapkan Ananda menuju tangga yang lebih tinggi ada hal yang Ayah Bunda harus ingat. Baik tidaknya perkembangan ananda berbanding lurus dengan hubungan Ayah Bunda kepada Allah. Karena hanya kepada Allah kita menyerahkan takdir anak-anak kita. Semoga ananda menjadi anak-anak yang sholeh dan qurrata’ayun. (MA)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
parenting
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
28 July 2018 07:18:13

Mengapa Anak Kita Membully Orang lain

 
PARENTING
23 March 2018 23:00:01

Kakak dan Adik Yang Saling Sayang

 
PARENTING
12 March 2018 16:07:17

Kesalahan Finansial untuk Kebutuhan Anak

 
PARENTING
20 February 2018 07:02:03

Melatih Anak Menjadi Generasi Qurrata'ayun

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284