ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 22 Maret 2019 | 15 Rajab 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Agar Anak Mendirikan Shalat

24 May 2018 12:08:36
#parenting #shalat
@vinnkava

ChanelMuslim.com – Shalat lima waktu adalah perintah yang Allah berikan kepada Rasulullah SAW. dan pengikutnya. Perintah ini diberikan dalam peristiwa Isra dan Mi’raj. shalat juga masuk dalam rukun Islam setelah pengucapan dua kalimat Syahadat. Dalam mendirikan shalat diharapkan agar seorang muslim selalu mengingat Allah dalam hidupnya.

Lalu bagaimana caranya membiasakan anak untuk melaksankan shalat lima waktu, yang terkadang terasa begitu berat bahkan bagi orang dewasa.

1. Melalui keteladanan (Al-Qudwah)

Ayah Bunda adalah teladan yang nyata bagi anak-anak. Ajaklah anak untuk shalat berjama’ah di masjid atau di rumah. Jangan sampai, Ayah Bunda menyuruh anak-anak untuk shalat, tapi lalai dalam mengerjakannya alias sering menunda-nunda.

2. Nasehat (Al-Mau’idzah)

 Berikan nasehat kepada anak berupa motivasi untuk mengerjakan shalat. Ayah Bunda bisa menjelaskan kepada mereka, mengapa seorang muslim harus melakukan shalat. Ajak anak untuk mencintai melakukan shalat karena pada saat itu, sejatinya mereka sedanng berdialog dengan Allah.

3. Pembiasaan/pengkondisian (Al-‘Aadah)

Untuk menjadi biasa terkadang sesuatu itu harus dipaksakan. Yang paling sulit adalah saat mengajak anak untuk shalat subuh. Dibutuhkan kesabaran Ayah Bunda untuk mendampingi ananda mengerjakan shalat. Meski begitu apapun kondisinya, anak-anak harus tetap melakukan shalat. Tugas ini sebaiknya dipegang oleh Ayah. Bangunkan anak dengan lembut namun tegas. Setelah bangun segera ajak anak untuk berwudhu dan shalat subuh berjama’ah. Lakukanlah setiap hari.

4. Kontrol yang terus menerus ( Al-Mulahadzah))

 Ingatkan anak ketika adzan berkumandang, “Nak, sudah adzan. Lekas berwudhu dan kita ke masjid.” Berikan target-target ibadah kepada anak. Setelah disiplin melakukan shalat wajib, kemudian ditambah dengan rutin shalat sunnah. Berikan apresiasi berupa pujian yang mendidik.

5. Hukuman yang mendidik ( Al-‘Uqubah)

Jika anak melakukan pelanggaran, misalnya shalatnya terlalu terburu-buru, masih bercanda atau bahkan tidak melakukan shalat, tegurlah dan berikan hukuman. Hukuman bisa berupa tidak boleh main atau tidak boleh jajan.

6. Selalu bedoa seperti doa Nabi Ibrahim AS.

Nabi Ibrahim selalu mendoakan anak keturunannya untuk senantiasa melaksanakan shalat. "Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah do'aku. Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab." (QS. Ibrahim : 40)

(MAY)

Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
parenting
shalat
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
24 July 2018 21:50:02

Panduan Penggunaan Gawai bagi Anak

 
PARENTING
26 June 2018 07:19:31

Melatih Sabar dan Empati dalam Perjalanan Mudik

 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284