ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 18 November 2018 | 9 Rabiul Awwal 1440 H
Login | Register

 
Kode Transfer 427 BNI Syariah

Kode Transfer 427 BNI Syariah

 
 
 
 
PARENTING

4 Kunci Komunikasi dengan Anak

26 October 2018 09:58:44 #kunci #komunikasi #anak
pexels.com

ChanelMuslim.com – Belakangan waktu komunikasi kita Bersama anak-anak sebagian besarnya telah dijajah benda kecil bernama handphone. Persoalan komunikasi dalam tumbuh kembang anak-anak akan menimbulkan prilaku negative pada mereka. Berikut empat kunci komunikasi dengan anak:

1. Memanfaatkan kegiatan sehari-hari.

Peluang belajar yang efektif bagi anak-anak dapat kita temukan dalam pekerjaan rumah tangga seperti mencuci baju dan piring atau menyapu rumah dan halaman. Anak juga bisa belajar ketika kita memintanya untuk belanja telur ke warung tetangga atau duduk menunggu nomeer antrian di panggil saat ke dokter.

Sempatkan untuk mendengarkan anak bercerita tentang pengalaman mereka sehari-hari. Orangtua bisa membantu mereka untuk menemukan pelajaran dari pengalaman harian mereka lewat bercerita tentang kisah-kisah mengenai pengalaman sendiri atau orang lain. Gunakan cara bercerita yang deskriptif dan gaya komunikasi yang menyenangkan. Komunikasi yang menyenangkan ketika anak antusias mendengarkan Anda dan kemudian memberikan pendapatnya tentang apa yang sedang Anda bicarakan.

2. Menandai waktu bebas teknologi.

Baca juga : Cinta Allah kepada Seorang Ibu

Saat makan malam dan waktu menjelang tidur adalah kesempatan ideal untuk komunikasi. Sayangnya, saat ini gadget bisa dengan mudah merampas waktu-waktu efektif keluarga untuk berkomunikasi. Segera batasi penggunaan gadget untuk setiap anggota keluarga, termasuk orangtua juga harus membatasi penggunaan gadget.

Begitu magrib, saat semua anggota keluarga berkumpul terapkan peraturan No Gadget. Biasakanlah berkumpul untuk melaksanakan shalat magrib berjama’ah dan dilanjutkan dengan aktifitas tilawah. Biasanya setelah aktifitas shalat Bersama akan ada waktu untuk anak-anak bercerita. Jangan meninggalkan tradisi yang sangat penting, yaitu membaca cerita pengantar tidur untuk anak-anak Anda, atau mengarang cerita bersama. Ini memberikan peluang bagus untuk mengasah ketrampilan komunikasi.

3. Jadikan penggunaaan teknologi sebagai aktivitas grup.

Banyak anak-anak bermain game dan menonton film atau youtube menggunakan perangkat gadget. Bergabung dengan mereka! Jaga komunikasi verbal sebagai bagian dari aktifitas ini dengan mengajukan pertanyaan dan berbicara tentang apa yang mereka lakukan.

Baca juga : 5 Pemicu Stres Pada Anak

4. Gunakan teknologi dengan aman.

Banyak anak-anak menggunakan perangkat dengan headphone atau earbud di telinga mereka. Jika mereka mengadopsi kebiasaan mendengarkan dalam jangka waktu lama dengan volume tinggi, mereka dapat memperoleh gangguan pendengaran yang disebabkan oleh gangguan suara. Bahkan, kehilangan pendengaran telah meningkat secara signifikan pada anak-anak sejak pertengahan 1990-an.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini mengeluarkan peringatan tentang ancaman kesehatan ini kepada kaum muda. Gangguan pendengaran ringan dapat berdampak serius pada perkembangan bicara dan bahasa, serta keberhasilan akademis dan sosial. Ajarkan anak untuk berlatih mendengarkan dengan aman dengan menjaga volume pada setengah tingkat. Jangan terlalu lama menggunakan earbud. Pastikan anak Anda untuk membiasakan perilaku ini sendiri. (MAY)

*Sumber: parentsguidenewes.com

Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
kunci
komunikasi
anak
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
20 July 2018 07:00:02

Anak Rohis Manis Bukan Terorisme

 
ADVERTORIAL
18 November 2018 06:00:00

Mau Transfer ke BNI Syariah ? Gunakan Kode transfer 427

 
PARENTING
10 November 2018 14:05:38

Teks Pidato Bung Tomo

 
PARENTING
12 June 2018 12:06:00

Itikaf Bersama Keluarga

 
PARENTING
28 September 2018 12:11:32

Bunda Bukan Malaikat


 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
Almatour Haji dan Umroh
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga