ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 18 November 2018 | 9 Rabiul Awwal 1440 H
Login | Register

 
Kode Transfer 427 BNI Syariah

Kode Transfer 427 BNI Syariah

 
 
 
 
PARENTING

Ibu adalah Teladan

25 September 2018 19:56:15 #ibu #teladan
pexels.com

ChanelMuslim.com – Pastilah suatu hal yang membanggakan jika anak mengidolakan ibunya. Artinya bagi mereka ibu adalah pribadi yang mengagumkan dan menarik. Setipa perkataan dan perbuatan ibu menjadi role model untuk mereka.

Ada saat ketika anak-anak mengalami masa meniru. Mereka meniru orang-orang terdekatnya. Terutama ibunya. Mereka meniru cara ibunya berbicara, berjalan, bertingkah laku dan bersikap kepada orang lain. Ibu adalah sekolah pertama dan utama. Dengan begitu seorang juga teladan bagi anak-anaknya. Lalu teladan seperti apa yang ingin kita berikan kepada anak-anak.

Sebagai seorang teladan, hendaklah yang pertama kali kita lakukan untuk memperbaiki anak kita adalah memperbaiki diri kita sendiri karena penglihatan mata mereka bertumpu pada penglihatan kita; apa yang baik menurut mereka adalah apa yang menurut kita baik. Dan yang menurut mereka jelek adalah apa yang menurut kita jelek.

Ajarkanlah anak-anak kita biografi orang-orang bijak dan akhlak orang-orang berbudi. Kita adalah seorang dokter yang tidak memberikan resep obat sampai kita mengetahui penyakit pasien. Rasulullah saw bersabda, “Otang mukmin yang paling sempurna imannya adalah orang yang paling baik akhlaknya di antara mereka. (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi dan yang lainnya meriwayatkan dari abu Hurairah)

Lalu seperti apa akhlak yang mulia itu?

Baca juga : Hijrah Fest 2018, Gaya Dakwah Generasi Milenial

Muhammad bin Nashr al Marwazi meriwayatkan, seorang lelaki menghadap Rasulullah saw lalu berkata, “Wahai Rasulullah, apakah agama itu?” Rasulullah saw bersabda, “Akhlak yang baik.” Kemudian lelaki itu mendatangi Rasulullah saw dari arah kanannya dan berkata, “Wahai Rasulullah, apakah agama itu?” Rasulullah saw bersabda, “Akhlak yang baik.” Kemudian lelaki itu mendatangi Rasulullah saw dari arah belakangnya dan berkata, “Wahai Rasulullah, apakah agama itu?” Rasulullah saw menoleh ke arahnya dan bersabda, “Apakah engkau tidak mengerti? Agama itu adalah engkau tidak marah.”

Tidak ada pilihan bagi seorang ibu selain meneladani Rasulullah saw dan menerapkan segala petunjuknya dalam segala aspek kehidupan. Dengan harapan, kita dapat memberikan teladan yang baik bagi keluarga dan anak-anak kita.

Mengajarkan sopan santun dan tingkah laku sosial seperti yang dikatakan oleh Rasulullah saw kepada anak-anak akan menjadikan mereka pemaaf bagi orang-orang yang berbuat dzalim terhadap mereka, mau menyambungkan hubungan kekerabatan dengan orang yang memutuskannya, berbuat baik terhadap orang yang tidak mau memberi maaf kepada mereka, dan berbuat baik kepada orang yang berbuat jahat kepada mereka.

Selanjutnya, mereka akan menjadi harapan masyarakat serta para malaikan yang berjalan di muka bumi. Semua ini tidak lain hanyalah demi melaksanakan firman Allah swt berikut ini,

Baca juga : Lemahnya Pengawasan Orangtua di Pusat-Pusat Perbelanjaan

“Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang ma’ruf serta berpalinglah dari orang-orang yang bodoh.” (QS. Al Araaf:199)

Ibu kita telah mengetahui bahwa akhlak adalah salah satu di antara buah Imani yang mendalam di dalam meluruskan penyimpangan dan kenakalan anak-anak. Oleh karena itu, taka da cara lain kecuali dengan membulatkan tekad dan membersihkan hati untuk bersiap meraih akhlak yang baik sehingga anak-anak dapat meneladaninya. (MAY) 

Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
ibu
teladan
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
18 November 2018 06:00:00

Mau Transfer ke BNI Syariah ? Gunakan Kode transfer 427

 
PARENTING
12 November 2018 09:44:49

Hijrah Fest 2018, Gaya Dakwah Generasi Milenial

 
PARENTING
15 August 2018 07:00:03

Dampak Buruk Gadget pada Anak

 
PARENTING
13 April 2018 09:34:39

Jika Anak Dimanja Berlebihan

 
PARENTING
23 April 2018 16:42:09

Masa Pubertas untuk Anak Perempuan


 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
Almatour Haji dan Umroh
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga