ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 23 Februari 2020 | 29 Jumadil Akhir 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
WISATA

Taman Pintar Yogyakarta, Destinasi Ramah Keluarga

15 August 2018 10:00:03
Taman pintar Yogyakarta, Wisata Keluarga di Yogyakarta, Yogyakarta, Wahana taman pintar, jam masuk taman pintar , harga tiket masuk taman pintar Yogyakarta
Taman Pintar Yogyakarta (Foto: Jelajah Indonesia)

ChanelMuslim.com - Taman Pintar Yogyakarta, destinasi ramah keluarga yang sangat terkenal karena sangat edukatif dan menyenangkan.

Taman Pintar yang berlokasi di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta ini awalnya didirikan karena terjadinya ledakan perkembangan sains sekitar tahun 90-an, terutama Teknologi Informasi, pada gilirannya telah menghantarkan peradaban manusia menuju era tanpa batas.

Perkembangan sains ini adalah sesuatu yang patut disyukuri dan tentunya menjanjikan kemudahan-kemudahan bagi perbaikan kualitas hidup manusia.

Taman Pintar Yogyakarta, Destinasi Ramah Keluarga

Menghadapi realitas perkembangan dunia semacam itu, dan wujud kepedulian terhadap pendidikan, maka Pemerintah Kota Yogyakarta menggagas sebuah ide untuk Pembangunan “Taman Pintar”.

Disebut “Taman Pintar”, karena di kawasan ini nantinya para siswa, mulai pra sekolah sampai sekolah menengah bisa dengan leluasa memperdalam pemahaman soal materi-materi pelajaran yang telah diterima di sekolah dan sekaligus berekreasi.

Taman Pintar Yogyakarta, Destinasi Ramah Keluarga

Dengan Target Pembangunan Taman Pintar adalah memperkenalkan science kepada siswa mulai dari dini, harapan lebih luas kreatifitas anak didik terus diasah, sehingga bangsa Indonesia tidak hanya menjadi sasaran eksploitasi pasar teknologi belaka, tetapi juga berusaha untuk dapat menciptakan teknologi sendiri.

Taman Pintar ini dibangun di eks kawasan Shopping Center, dengan pertimbangan tetap adanya keterkaitan yang erat antara Taman Pintar dengan fungsi dan kegiatan bangunan yang ada di sekitarnya, seperti Taman Budaya, Benteng Vredeburg, Societiet Militer dan Gedung Agung.

Taman Pintar Yogyakarta, Destinasi Ramah Keluarga

Relokasi area mulai dilakukan pada tahun 2004, dilanjutkan dengan tahapan pembangunan Tahap I adalah Playground dan Gedung PAUD Barat serta PAUD Timur, yang diresmikan dalam Soft Opening I tanggal 20 Mei 2006 oleh Mendiknas, Bambang Soedibyo.

Pembangunan Tahap II adalah Gedung Oval lantai I dan II serta Gedung Kotak lantai I, yang diresmikan dalam Soft Opening II tanggal 9 Juni 2007 oleh Mendiknas, Bambang Soedibyo, bersama Menristek, Kusmayanto Kadiman, serta dihadiri oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Pembangunan Tahap III adalah Gedung Kotak lantai II dan III, Tapak Presiden dan Gedung Memorabilia.

Dengan selesainya tahapan pembangunan, Grand Opening Taman Pintar dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2008 yang diresmikan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

Berbagai Wahana yang bisa kita nikmati di Taman Pintar Yogyakarta adalah

1. Wahana Bahari

Wahana Bahari kita akan dibawa menikmati petualangan singkat mengelilingi miniatrur perairan dengan kapal mini.

2. Science Theater

Science Theater adalah gedung audiovisual yang berkapasitas 50 - 60 orang. Gedung ini biasa digunakan untuk pemutaran film sains dan pertunjukan demo sains. Science Theater terletak di sebelah Perpustakaan Taman Pintar atau di area barat Taman Pintar.

3. Playground

Wahana ini paling digemari anak-anak usia dini. Diantara wahana yang bisa dinikmati di Area Playground Taman Pintar adalah, Pipa Bercerita, Permainan Putaran, Dinding Berdendang, Jungkat-Jungkit, Katrol, Terowongan Pohon, Air Menari, Koridor Air, Pembangkit Listrik Tenaga Matahari, Gong Perdamaian, Forum Batu, Sepeda Spektrum Warna dan Tapak Prestasi.

4. Zona Perpustakaan Taman Pintar

Perpustakaan Taman Pintar di desain unik,luas, dan nyaman. Di sini pengunjung dapat menemukan banyak ragam buku untuk dibaca di dalam. Selain itu, perpustakaan Taman Pintar menyediakan beberapa komputer untuk mengakses Ensiklotepi pengetahuan sains berbentuk film animasi. Pengunjung juga dapat menyaksikan pertunjukan panggung boneka di Perpustakaan seminggu sekali.

Taman Pintar Yogyakarta, Destinasi Ramah Keluarga

5. Kampung Kerajinan

Kampung Kerajinan kita diajak untuk kreasi batik, kreasi gerabah, lukis gerabah dan lukis kaos.

6. Gedung Paud

Terdapat 2 gedung PAUD Taman Pintar, PAUD Barat dan PAUD Timur yang menawarkan alat peraga Pendidikan interaktif yang dikhususkan untuk anak-anak usia 2 hingga 7 tahun. Pada zona ini anak-anak akan dikenalkan pada pengetahuan sains dan teknologi tanpa meninggalkan konsep bermain. Dipandu oleh pemandu yang memahami konsep perkembangan anak usia dini dan komunikatif serta peduli pada anak.

Zona PAUD Taman Pintar bisa menjadikan alternatif pembelajaran Sains dan Teknologi yang menarik bagi anak.

PAUD BARAT :

Sains dan Teknologi

Religi dan Budaya

Ruang Profesi

Perpustakaan

PAUD TIMUR

Ruang Flora & Fauna

Komputer Kids & Puzzle

Ruang Pertunjukan

Ruang Petualangan

7. Planetarium

Planetarium Taman Pintar, memiliki keistimewaan yaitu penggunaan proyektor digital untuk memperagakan benda-benda langit, dalm setiap pertunjukan menampilkan simulasi suasana langit kota Yogyakarta pada malam hari beserta berbagai macam bEnda angkasa dan susunan bintang yang tampak pada saat itu.

Pertunjukan dilanjutkan dengan pemutaran film tentang perjalanan manusia di Bulan. Semua diproyeksikan pada media kubah berbentuk setengah lingkaran, dilengkapi dengan kursi penonton bersandaran yang bisa direbahkan, sehingga seluruh pertunjukan bisa dinikmati dengan nyaman.

8. Gedung Kotak

Di Gedung Kotak banyak sekali wahana yang bisa dinikmati diantaranya Zona Indonesiaku, Zona Memoriable, Zona 4D, Zona Olahraga, Zona Nuklir dan banyak lagi.

9. Gedung Oval

Di Gedung Oval kita juga bisa menikmati berbagai wahana aquarium air tawar, dome area, zona kehidupan purba, zona tata Surya dan banyak lagi.

Harga Tiket Masuk di Taman Pintar

Taman Pintar Yogyakarta, Destinasi Ramah Keluarga

Taman Pintar Yogyakarta mulai buka pada hari Selasa – Minggu, kecuali hari Senin dan libur nasional. Jam buka-nya dimulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

Selamat berlibur bersama keluarga tercinta.

Sumber: tamanpintar.com

(jwt)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
taman pintar yogyakarta
wisata keluarga di yogyakarta
yogyakarta
wahana taman pintar
jam masuk taman pintar
harga tiket masuk taman pintar yogyakarta
 
BERITA LAINNYA
 
 
WISATA
28 March 2019 15:55:26

Wisata Edutainment di KidZania Jakarta

 
WISATA
06 October 2017 06:18:09

Megahnya Masjid Raya Bogor di Kota Hujan Indonesia

 
 
WISATA
28 December 2019 10:16:14

Ocean Ball, Referensi Liburan Indoor di Margo City

Bantu Korban Banjir Jakarta bersama CHANELMUSLIM
 
 
Muslim Fashion Festival 2020
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284