ChanelMuslim.com – Kontroversi doa hendak makan, disebutkan oleh beberapa kalangan bahwa doa sebelum makan “Allahumma baarik lanaa… dan seterusnya disebut bid’ah?
Lalu, apa doa hendak makan yang sesuai sunnah?
Oleh: Ustaz Farid Nu’man Hasan
Pertanyaan: Ustaz, saya mau bertanya, tentang doa sebelum makan, apakah ada hadistnya? Karena ketika anak saya makan dan saya suruh baca doa, dibantah oleh adik saya yang ikut pengajian salafi,
katanya doa sebelum makan itu tidak ada, cukup baca bismillah saja. Tolong dijelaskan dalil-dalil mengenai kontroversi doa makan ini.
Baca Juga: Berdoa Sebelum dan Sesudah Makan
Kontroversi Doa Hendak Makan, Ada Dua Versi
Jawaban: Doa hendak makan yang seperti “Allahumma baarik lanaa fiimaa razaqtanaa ..” dst, ada beberapa versi, dan umumnya tidak ada yang sah dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam, akan kami sampaikan dua versi saja.
Versi Pertama: Allahumma Baarik Lana Fiimaa razaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar
Dari Hisyam bin Urwah, dari ayahnya, bahwa: Selamanya tidaklah dia diberikan makanan, minuman, bahkan obat, melainkan dia kan membaca: (lalu disebut dzikir yang cukup panjang …, dan kalimat akhirnya adalah:
اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
“Allahumma Barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘azaaban naar.” (HR. Malik, no.1672, riwayat Yahya Al Laitsi. Mushannaf Ibnu Abi Syaibah, No. 25000, 30184)
Disebutkan dari Abdullah bin Amr Radhiallahu ‘Anhuma, bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam jika mendekati makanan dia berdoa: (maka disebut doa di atas). (Al Kaamil fidh Dhu’afa, 6/206, Lisanul Mizan, 5/165)
Tapi, hadits ini munkar sebagaimana kata Imam Al Bukhari. Imam Ibnu Hajar Rahimahullah berkata:
والصواب قال البخاري منكر الحديث جداً
“Yang benar, menurut Imam Bukhari hadits ini sangat munkar.” (Imam Ibnu Hajar al Asqalani, Lisanul Mizan, 5/165)
Baca Juga: Keberkahan dalam Makan Sahur
Apakah hadits mungkar itu?
Secara ringkas, hadits mungkar adalah hadits yang diriwayatkan oleh orang yang buruk hafalannya, banyak salah dan lalainya,
dan nampak kefasikannya, serta bertentangan dengan hadits lain yang diriwayatkan oleh orang terpercaya, dan termasuk kelompok hadits dha’if jiddan (sangat lemah).
(Syaikh Dr. Mahmud Ath Thahhan, Taisir al Mushthalah al Hadits, Hal. 80-81)
Sedangkan Prof. Dr. Ali Mushthafa Ya’qub, M.A., mengatakan bahwa hadits mungkar adalah hadits paling buruk peringkat ketiga, setelah hadits maudhu’ (palsu) dan hadits matruk (semi palsu). Demikianlah.
Berkata Syaikh Ayman Shalih Sya’ban:
أخرجه مالك في الموطأ عن هشام بن عروة عن أبيه ، فذكره. ولم أقف على هذه الرواية مرفوعة ، وإسناد الأثر صحيح.
Diriwayatkan oleh Imam Malik dalam Al Muwatha, dari Hisyam bin ‘Urwah, dari ayahnya, lalu disebutkan kalimat itu. Dan aku belum temukan riwayat ini secara marfu’ (dari nabi), dan isnad atsar ini SHAHIH.”
(Jaami’ Al Ushul, 4/309)
Jadi, mengenai kontroversi doa makan, yang sahih, doa dengan redaksi seperti ini ada tapi bukan dari Nabi, melainkan dari seorang tabi’in bernama ‘Urwah, yaitu ‘Urwah bin Az Zubeir bin Awwam Radhiallahu ‘Anhuma.
Sedangkan Imam Ibnu Abi Dunya meriwayatkan bahwa doa ini juga diucapkan oleh ‘Amru bin Al Ash, ketika Beliau hendak makan. (Asy Syukr, No. 169)
Baca Juga: Doa Berbuka Puasa yang Benar sesuai Sunnah Rasulullah
Versi Kedua: Bismillah, Allahumma baarik lanaa fiima razaqtanaa
Ini juga bukan dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam tapi dari Ali bin Abi Thalib Radhiallahu ‘Anhu.
Ibnu A’bud berkata: Berkata kepadaku Ali bin Abi Thalib: “Wahai Ibnu A’bud, tahukah kamu apa itu hak makanan?” Aku bertanya: “Apa itu wahai Ibnu Abi Thalib?” Beliau berkata:
بِسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا
Bismillah, Allahumma baarik lanaa fiima razaqtanaa. (HR. Ahmad, No. 1313, Teks riwayat Ibnus Sunni agak berbeda:” Allahumma Barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘azaaban naar, bismillah.”)
Hadits ini di-dhaif-kan para ulama. Sebab, Ibnu A’bud adalah seorang yang majhul (tidak dikenal), hanya dikenal namanya saja. Ali bin Al Madini berkata: “Tidak dikenal.”
Adz Dzahabi berkata: “Dia adalah Ali Al Laitsi.” (Imam Adz Dzahabi, Mizanul I’tidal, No. 10755)
Ali bin Al Madini berkata: “Ibnu A’bud tidak dikenal, aku tidak mengetahuinya kecuali pada hadits ini saja.” (Imam Ibnu Abi Hatim Ar Razi, Al Jarh wat Ta’dil, No. 1369)
Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan: “Hadits ini dhaif, karena ke-majhul-an Ibnu A’bud.” (Ta’liq Musnad Ahmad, No. 1313)
Baca Juga: Agar Makan Tak Disertai Setan
Mana Doa yang Sahih?
Jika doa hendak makan seperti itu dhaif, maka dengan apa kita membaca doa hendak makan?
Diriwayatkan dari Umar bin Abi Salamah Radhiallahu ‘Anhu:
فَقَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا غُلَامُ سَمِّ اللَّهَ وَكُلْ بِيَمِينِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيكَ
“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berkata kepadaku, “Wahai anak! sebutlah nama Allah, dan makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah yang terdekat denganmu.”
(HR. Bukhari, No. 5062, 5063. Muslim, No. 2022. Ibnu Majah, No. 3267. Ahmad, No. 15740)
Dari ‘Aisyah Radhiallahu ‘Anha:
قَالَ إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرْ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فَإِنْ نَسِيَ أَنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فِي أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ
“Beliau bersabda: “Jika salah seorang kalian hendak makan, maka sebutlah nama Allah Ta’ala, jika lupa menyebut nama Allah di awalnya, maka katakanlah:
“Bismillahi awwalahu wa akhirahu (Dengan nama Allah di awal dan di akhirnya.” (HR. Abu Daud, No. 3767. At Timidzi, No. 1858.
Baca Juga: Kisah Pak Sugeng, Penjual Roti yang Selalu Mendoakan Pelanggannya
Katakan Bismillah
Mengenai kontroversi doa makan, dalam teks Imam At Tirmidzi agak berbeda, yakni: “Jika salah seorang kalian hendak makan, maka katakanlah, “BISMILLAH,” jika lupa membaca di awalnya,
maka bacalah, “Bismillahi fi awalihi wa akhirihi.” Beliau berkata: hadits ini hasan shahih.
Teks serupa juga diriwayatkan oleh Ibnu Majah, No. 3264. Ahmad, No. 23954. Al Hakim dalam Mustadrak ‘Alas Shahihain, Juz. 16, No. 412, No. 7087,
katanya sanad hadits ini shahih, tapi tidak diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim)
Dalam hadits lain:
كان إذا قرب إليه الطعام يقول : بسم الله ، فإذا فرغ قال : اللهم أطعمت و أسقيت و أقنيت و هديت و أحييت ، فلله الحمد على ما أعطيت
“Adalah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, jika disuguhkan kepadanya makanan, dia membaca: “Bismillah,” setelah makan ia membaca,
”Allahumma Ath’amta, wa asqaita, wa aqnaita, wa hadaita, wa ahyaita, falillahil hamdi ‘ala maa a’thaita.” (HR. Ahmad, hadits ini shahih,
seluruh periwayatnya tsiqah (kredibel) sesuai syarat Imam Muslim, Lihat Silsilah Ash Shahihah, Juz. 1, hlm. 70, pembahasan hadits no.71)
Baca Juga: Dampak Buruk Makan Makanan Haram
Kontroversi Doa, Inilah Doa yang Sahih
Inilah doa yang sahih, yang diperintahkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam jika kita hendak menyantap makanan atau minuman. TAPI APAKAH HANYA INI? TIDAK!
Ibnu Abbas Radhiallahu ‘Anhuma berkata:
من أطعمه الله الطعام فليقل اللهم بارك لنا فيه وأطعمنا خيرا منه ومن سقاه الله لبنا فليقل اللهم بارك لنا فيه وزدنا منه
Siapa yang diberikan makan oleh Allah dengan sebuah makanan, maka hendaknya membaca: ALLAHUMMA BARIK LANAA FIIH WA ATH’IMNA KHAIRAN MINHU,
dan barang siapa yang diberikan oleh Allah susu maka hendaknya membaca: ALLAHUMMA BAARIK LANA FIIH WA ZIDNAA MINHU.
(HR. At Tirmdzi No. 3455, Imam At Tirmidzi berkata: hasan. Abu Daud No. 3732, Ahmad No. 1978, Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman No. 5641)
Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan: HASAN. (Ta’liq Musnad Ahmad No. 1978), juga Syaikh Al Albani mengatakan hasan di dalam berbagai kitabnya.
(Al Misykah, Shahih wa Dhaif Sunan Abi Daud No. 3732, Shahih wa Dhaif Sunan At Tirmidzi No. 3455, Shahih wa Dhaif Sunan Ibni Majah No. 3322, Mukhtashar Asy Syamail No. 176)
Maka, yang sah dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam bukan hanya BISMILLAH, tetapi juga bacaan seperti yang tertera di atas.
Baca Juga: Viral Satpam di Malaysia Makan Nasi dengan Lauk Bawang Merah
Bagaimana Sikap Para Ulama terhadap Kontroversi Doa
Para ulama berbeda dalam menyikapi penggunaan doa ini. Sebagian ulama ada yang menolak pemakaian tambahan pada doa tersebut.
Di antaranya Imam As Suyuthi dan Syaikh Al Albani. Berikut ini kutipannya:
و في هذا الحديث أن التسمية في أول الطعام بلفظ ” بسم الله ” لا زيادة فيها ،
و كل الأحاديث الصحيحة التي وردت في الباب كهذا الحديث ليس فيها الزيادة ، و لا
أعلمها وردت في حديث ، فهي بدعة عند الفقهاء بمعنى البدعة ، و أما المقلدون
فجوابهم معروف : ” شو فيها ؟ ! ” . فنقول : فيها كل شيء و هو الاستدراك على الشارع الحكيم الذي ما ترك شيئا يقربنا إلى الله إلا أمرنا به و شرعه لنا ، فلو كان ذلك مشروعا ليس فيه شيء لفعله و لو مرة واحدة ، و هل هذه الزيادة إلا كزيادة الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم من العاطس بعد الحمد . و قد أنكرها عبد الله بن عمر رضي الله عنه كما في ” مستدرك الحاكم ” ، و جزم السيوطي في ” الحاوي للفتاوي ” ( 1 / 338 ) بأنها بدعة مذمومة
“Dalam hadits ini menunjukkan bahwa doa tasmiyah pada awal makan dengan lafaz “bismillah” tanpa ada tambahan apa-apa,
semua hadits sahih yang membicarakan bab ini juga demikian tanpa ada tambahan, dan saya tidak mengetahui adanya tambahan itu dalam hadits,
dan tambahan itu menurut istilah para fuqaha (ahli fiqih) adalah bid’ah, namun bagi orang-orang yang sudah telanjur menggunakannya akan mengatakan perkataan yang sudah bisa diketahui:
“Bukankah doa ini telah banyak dipakai?!”
Baca Juga: Doa Berbuka Puasa yang Benar sesuai Sunnah Rasulullah
Amalan yang Mendekatkan Diri kepada Allah Dibolehkan
Kami katakan: “Segala tambahan yang diberikan kepada pembuat syariat, berupa amalan yang jika memang benar itu bisa mendekatkan kita kepada Allah Ta’ala,
pastilah akan diperintahkan oleh syariat, seandainya itu disyariatkan pasti hal itu dilakukan oleh Rasulullah walau cuma sekali.
Hal ini seperti menambahkan shalawat kepada Nabi, bagi orang yang membaca Alhamdulillah setelah bersin.
Abdullah bin Umar Radhiallahu ‘Anhu telah mengingkari tambahan ini sebagaimana dijelaskan dalam Al Mustadrak-nya Imam al Hakim,
dan ditegaskan oleh Imam as Suyuthi dalam Al Hawi Lil Fatawa (1/338), bahwa tambahan itu adalah bid’ah tercela.” (Syaikh Muhammad Nashiruddin al Albany, Silsilah Ash Shahihah, No. 71)
Apa yang dikatakan Syaikh Al Albani bahwa tidak ada tambahan pada doa hendak makan kecuali hanya BISMILLAH,
bertentangan dengan riwayat Imam At Tirmidzi, Abu Daud, Al Baihaqi, dan Ahmad dari Ibnu Abbas, yang justru dihasankan olehnya.
Kemudian, di antara Ulama ada yang tidak mempermasalahkan tambahan setelah BISMILLAH, karena pada prinsipnya, berdoa itu boleh saja dengan kalimat kebaikan apa pun,
bahkan walau dengan untaian sendiri, selama tidak menyandarkannya kepada Nabi shallallahu alaihi wa sallam, namun lebih utama memang doa yang ma’tsur.
Referensi Para Imam Mazhab
Pembolehan ini bahkan memiliki dasar yang kuat dari riwayat Ibnu Abbas di atas. Kenyataannya, pembolehan doa makan seperti ini menjadi pendapat para imam mazhab, baik Malikiyah, Syafi’iyah, dan Hanabilah.
Malikiyah
Imam Ibnu Abdil Bar Al Maliki Rahimahullah berkata, ketika menjelaskan doa makan dan minum:
والدعاء كثير لا يكاد يحصى وخيره ما كان الداعي بنية ويقين بالإجابة ويكفي من ذلك قوله في أول الطعام بسم الله الرحمن الرحيم وفي آخره الحمد لله رب العالمين اللهم بارك لنا في ما رزقتنا وقنا عذاب النار
Doa itu banyak dan tidak terhitung. Dan yang terbaik adalah orang yang berdoa mesti memiliki niat dan keyakinan bahwa doanya dikabulkan, dan cukup baginya ketika di awal makan membaca:
“BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM” dan di akhirnya ALHAMDULILLAHI RABBIL ‘ALAMIN ALLAHUMMAH BAARIK LANA FI MAA RAZAQTANA WA QINAA ‘ADZAABAN NAAR. (Al Istidzkaar, No. 39885)
Sementara, Imam Abul Barakat Ad Dardiri Al Maliki Rahimahullah (Maliki) mengatakan hal itu adalah dianjurkan (mandub/sunnah):
وندب زيادة: اللهم بارك لنا فيما رزقتنا وزدنا خيرا منه
Disunahkan membaca tambahan: Allahumma baarik lanaa fiimaa razaqtanaa wa zidnaa khairan minhu. (Asy Syarh Al Kabir, 1/ 103)
Hal serupa dikatakan oleh Imam Ad Dasuqi Al Maliki dalam Hasyiyahnya. (Hasyiyah Ad Dasuqi, 1/103)
Syafi’iyah
Syaikh Al ‘Allamah Sulaiman Al Jamal Asy Syafi’i mengatakan tambahan itu adalah sunnah, yakni bismillah Allahumma barik lana fiima razaqtana wa qinaa ‘adzaaban naar. (Hasyiyah Al Jamal, 1/357).
Imam Ibnu Al Wardi Asy Syafi’i Rahimahullah berkata:
وَأَنْ يَقُولَ إذَا قَرَّبَ إلَيْهِ الطَّعَامَ : اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ بِسْمِ اللَّهِ
Dan jika didekatkan kepadanya makanan hendaknya membaca: ALLAHUMMA BAARIK LANA FIIMAA RAZAQTANAA WA QINAA ‘ADZAABAN NAAR BISMILLAH. (Syarh Al Bahjah Al Wardiyah, 15/226)
Hanabilah (Hambaliyah)
Imam Ar Rahibani Al Hambali Rahimahullah berkata:
وَمَنْ أَكَلَ طَعَامًا فَلْيَقُلْ اسْتِحْبَابًا : اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيهِ وَأَطْعِمْنَا خَيْرًا مِنْهُ , وَإِذَا شَرِبَ لَبَنًا قَالَ : اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيهِ , وَزِدْنَا مِنْهُ
Barang siapa yang makan hendaknya membaca dan ini disukai (sunnah): ALLAHUMMA BARIK LANAA FIIH WA ATH’IMNA KHAIRAN MINHU,
dan barang siapa yang diberikan oleh Allah susu maka hendaknya membaca: ALLAHUMMA BAARIK LANA FIIH WA ZIDNAA MINHU. (Mathalib Ulin Nuha, 5/251)
Imam Al Bahuti Al Hambali Rahimahullah juga berkata demikian. (Kasysyaf Al Qina’, 17/379)
Dan, masih sangat-sangat banyak para ulama menganjurkan tambahan doa bukan hanya BISMILLAH, dalam kitab-kitab fuqaha mazhab. Oleh karena itu, jangan tergesa-gesa melarangnya atau mengingkarinya.
Baca Juga: Bacalah Doa ini agar Terhindar dari Fitnah
Kesimpulan
1. Membaca Tambahan selain BISMILLAH adalah sah dan boleh, seperti yang Nabi shallallahu alaihi wa sallam contohkan dalam hadits riwayat Imam At Tirmidzi,
Abu Daud, Ahmad, dan Al Baihaqi, dari Ibnu Abbas. Dengan sanad yang hasan, sebagaimana dikatakan Imam At Tirmidzi, Syaikh Syuaib Al Arnauth, dan Syaikh Al Albani.
2. Bagi yang hanya membaca BISMILLAH saja, tanpa tambahan apa pun juga benar, sebagaimana hadits-hadits shahih Muttafaq ‘Alaih, dan lainnya.
3. Tersebar di kitab fuqaha madzhab, khususnya Malikiyah, Syafi’iyah, dan Hambaliyah, bahwa bacaan hendak makan bukan hanya Bismillah.
4. Yang salah adalah yang tidak membaca doa, justru bernyanyi, atau tertawa, atau bersiul, sebelum makan.
Wallahu a’lam.[ind]