ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 06 Desember 2020 | 21 Rabiul Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
TIPS

Tips Mengatur Pola Makan Sehat dalam Enam Langkah Mudah

18 November 2020 07:00:01
Tips hidup sehat,
MD Anderson

ChanelMuslim.com - Pandemi telah mendorong sebagian orang untuk mulai mengkonsumsi makanan sehat. Meski menerapkan makan sehat tidak mudah, tapi dengan merencanakan akan membantu kita mewujudkan menerapkan pola makan sehat ini.

“Perencanaan dan persiapan makan dapat menjadikan pilihan sehat sebagai pilihan mudah,” kata Lindsey Wohlford, ahli diet kesehatan di MD Anderson Cancer Center.

Mengambil langkah-langkah untuk merencanakan makanan sehat dapat membantu kita memastikan bahwa kita memiliki bahan yang dibutuhkan dan memastikan kita mendapatkan nutrisi yang tepat untuk menjaga berat badan yang sehat. Keduanya merupakan bagian penting untuk menurunkan risiko penyakit. 

Untuk mempermudah, berikut kiat-kiat untuk mempersiapkan diri meraih kesuksesan saat berbelanja bahan makanan selama pandemi virus Corona (COVID-19) dilansir laman MD Anderson

1: Buatlah daftar ide dan resep makanan

Mulailah dengan menyusun daftar makanan dan resep sehat favorit. Simpan di tempat yang mudah ditemukan, seperti kotak resep atau folder di komputer/gadget jika menggunakan file elektronik. Tambahkan favorit ke daftar dari waktu ke waktu. 

Dengan cara ini, kita tidak akan kesulitan untuk mendapatkan ide makanan sehat saat tiba waktunya untuk membuat jadwal.

“Makanannya tidak harus rumit,” kata Wohlford. “Tidak ada yang salah dengan membuatnya tetap sederhana.”

2: Buatlah kalender

Setiap minggu, luangkan waktu untuk merencanakan makanan untuk minggu depan. Lihat jadwal. Adakah hari-hari yang membuat makan malam menjadi tantangan? Pertimbangkan hal itu saat menulis kalender. 

Cobalah sesuatu yang cepat, seperti tumis atau salad, atau sisa makanan malam itu. Mungkin membantu untuk mengisi hari-hari tersibuk terlebih dahulu dan bekerja dari sana.

3: Rencanakan makan siang dan sarapan

Setelah menentukan makan malam untuk minggu ini, lebih mudah untuk mengisi makan siang dan sarapan. Bisakah makan sisa makanan untuk makan siang beberapa hari? Belilah bahan-bahan untuk sandwich sehat, salad, atau makanan lain pada hari-hari tidak memiliki sisa makanan.

Tentukan apa yang akan dimakan untuk sarapan, dan tambahkan item tersebut ke daftar belanjaan. Sangat mudah untuk melupakan langkah-langkah ini, dan di situlah penurunan pola makan dapat terjadi.

4: Buat daftar belanjaan

Tambahkan bahan untuk setiap makanan ke daftar belanjaan. Jangan lupa untuk memeriksa dan melihat apa yang sudah miliki di rumah. Selain membantu makan sehat, perencanaan makan juga dapat membantu kita menghemat uang. Pastikan untuk menambahkan beberapa camilan sehat untuk disimpan di tempat kerja dan di rumah agar kita tidak mengambil permen di ruang istirahat atau tergoda mengambil nakaan di mesin penjual otomatis. Memesan secara online dapat membantu memastikan toko memiliki apa yang dibutuhkan. Jika beberapa barang tidak tersedia, kita dapat mencari alternatif.

5: Bersiap untuk sukses

Jangan lupa menyiapkan diri untuk sukses. Saat kita menyimpan bahan makanan, potong buah dan sayuran atau masukkan ke dalam wadah tersendiri agar siap digunakan untuk minggu depan. 

Tidak perlu terlalu banyak waktu ekstra dan ini bisa menghemat banyak waktu di pagi hari yang sibuk di hari kerja.

“Bersiaplah untuk makan besok hari ini,” kata Wohlford.

6: Miliki rencana cadangan

Bahkan rencana terbaik pun gagal. Jadwal kerja bisa tidak menentu selama ini. Atau mungkin kita hanya tidak ingin memasak makanan yang kita rencanakan. Cobalah untuk mempersiapkan saat-saat itu juga:

Masak batch makanan darurat yang sehat untuk dimasukkan ke dalam freezer .

Siapkan barang-barang yang cepat dan mudah sebagai bagian dari makanan pokok dapur seperti lentil, kacang-kacangan, pasta gandum, telur, dan sayuran kalengan atau beku.

Pilih bahan yang tahan lama dan memberi fleksibilitas.

Setelah kalender rencana makan selesai, tempelkan di lemari es atau di mana pun di dapur. Ini membuat semua orang tahu makanan apa saja untuk minggu ini dan membuat kita lebih bertanggung jawab untuk menindaklanjutinya.

Semoga tips tersebut bermanfaat untuk menerapkan pola makan sehat secara mudah dan tidak berat. [jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tips hidup sehat
 
BERITA LAINNYA
 
 
TIPS
18 February 2018 07:59:05

Tips Mendaki Ala Pendaki Cilik

 
TIPS
14 September 2019 05:51:07

Ini 7 Panduan Tepat Bersihkan Kulkas di Akhir Pekan

 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284