ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 28 Mei 2020 | 6 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
TIPS

Tiga Cara Menyimpan Cabai agar Tahan Lama saat Harga Murah

07 April 2020 09:00:01
Tips simpan cabai, harga cabai murah, harga cabai murah sekali,
Creative Market

ChanelMuslim.com - Awal pekan ini dikagetkan oleh harga cabai yang turun drastis dari harga 50 ribu ke harga 20 ribu per kg lho sahabat muslim. Saat tim ChanelMuslim.com juga membeli keperluan dapur, tampak para pembeli yang didominasi oleh para emak-emak ini memborong cabai karena harganya yang sangat murah tersebut.

Apalagi jelang Ramadan, tentu saja sebagai bahan pokok yang wajib ada saat memasak menyetok cabai sesuai keperluan selama Ramadan bisa dimulai dari sekarang. Apalagi harga cabai yang relatif murah. Jika disimpan dengan cara yang tepat dijamin cabai akan awet hingga berbulan-bulan.

Berikut tiga cara menyimpan cabai merah agar tahan lama, tidak busuk dan tetap segar:

1. Simpan dalam wadah tertutup

Tiga Cara Menyimpan Cabai agar Tahan Lama saat Harga Murah 123rf

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menyimpan di dalam wadah tertutup. Sebelum menyimpan pilihlah cabai yang segar dan cabai yang sudah lembek dan mulai busuk. Pastikan hanya cabai yang segar yang dimasukkan ke dalam wadah yang telah dialasi dengan tisu dapur. Selain itu pastikan cabai yang disimpan dalam wadah tidak terlalu penuh agar terjaga kesegarannya. Sebelum ditutup tambahkan beberapa siung bawang putih yang telah dikupas untuk menjaga kesegaran dan rasa pedas cabai.

2. Jadikan Cabai Kering

Tiga Cara Menyimpan Cabai agar Tahan Lama saat Harga Murah Amazon

Cara kedua ini sangat efektif dalam menyimpan cabai agar tidak busuk dan tahan lama. Pilihlah cabai yang segar dan bagus. Kemudian bersihkan dan keringkan. Bisa dengan bantuan sinar matahari atau menggunakan oven dengan cara memanggangnya. Tetapi harus selalu diamati dan dibalik agar cabai tidak gosong. Dinginkan dan simpan dalam wadah atau plastik kedap udara dan siap disimpan di suhu ruang. Siap digunakan kapanpun.

Selain itu jika ingin menyimpan dalam bentuk bubuk. Sebelum mengeringkan di oven, belah cabai dan buang bijinya kemudian keringkan. Setelah kering haluskan menggunakan food processor dan simpan di dalam wadah kedap udara.

3. Jadikan Cabai Halus

Tiga Cara Menyimpan Cabai agar Tahan Lama saat Harga Murah dreamstime

Cara lainnya dengan mengolahnya menjadi cabai halus sesuai tingkat kehalusan yang diinginkan. Caranya bersihkan cabai kemudian haluskan. Kemudian panaskan sejenak di api kecil sampai cabai meletup-letup. Dinginkan. Kemudian simpan per porsi di dalam wadah atau plastik. Simpan di freezer jika digunakan dalam waktu lama.

Nah, itulah tiga cara menyelamatkan cabai agar tahan lama dan tetap segar. Semoga bermanfaat. [jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tips simpan cabai
harga cabai murah
harga cabai murah sekali
 
BERITA LAINNYA
 
 
TIPS
25 September 2018 12:29:10

Tips Mudah Memotong Paprika

 
TIPS
23 August 2019 06:54:25

4 Cara Mengetahui Telur Masih Segar atau Tidak

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284