ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 05 Desember 2020 | 20 Rabiul Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
TIPS

Sejarah, Jenis dan Tips Membuat Onigiri, Kuliner Khas Jepang

20 November 2020 07:00:01
Sejarah Onigiri, jenis onigiri, tips membuat Onigiri
Onigiri (Food Network)

ChanelMuslim.com - Meski terlihat sederhana, Onigiri Nasi Kepal khas Jepang ini tak semudah yang dibayangkan. Banyak sekali yang gagal membuat olahan nasi yang dipadatkan ini. Penyebab gagal membuat Onigiri biasa ada pada jenis nasi yang digunakan, dicetak secara manual dan beberapa penyebab lainnya.

Sebelum kita berbagi tips, perlu juga kita mengetahui sejarah Onigiri ini. Sejarahnya onigiri pertama kali dibuat pada tahun 1987 tepatnya pada jaman Yayoi (zaman dalam pembagian periode sejarah Jepang pada abad ke-8 sebelum Masehi sampai abad ke-3 Masehi). Dahulu kalangan wanita di istana kaisar  menyebut Onigiri dengan nama lain Omusubi. Kemudian kuliner Jepang ini makin dikenal tidak hanya di Jepang tapi juga di dunia dengan kreasi mereka sendiri.

Sejarah, Jenis dan Tips Membuat Onigiri, Kuliner Khas Jepang justbento.com

Nah, agar menghasilkan Onigiri yang sesuai dengan aslinya, berikut tips yang perlu diperhatikan:

1. Pilihlah Beras khusus membuat Onigiri

Agar hasil maksimal mengggunakan beras Jepang khusus membuat Onigiri adalah pilihan yang tepat. Tapi jika sulit menemukan kita bisa menggunakan beras pulen atau juga beras biasa dicampur ketan.

2. Siapkan Semua Bahan sebelum memulai mencetak

Hal yang menyebabkan sering gagal menghasilkan Onigiri yang lezat adalah bahan yang tidak disiapkan secara keseluruhan. Karena nasi yang dingin akan sulit dicetak menjadi onigiri. Sehingga proses mencetak harus dilakukan sesegera mungkin.

3. Gunakan cetakan

Banyak dari kita tidak bisa mencetak onigiri dengan bagus menggunakan tangan sehingga menggunakan cetakan adalah alternatif terbaik.

4. Tambahkan isian secukupnya

Penyebab onigiri sulit dicetak juga karena isiannya yang terlalu banyak. Isilah isiannya secukupnya agar hasil rapi dan bagus.

Jika kita terapkan beberapa tips diatas insya Allah hasilnya maksimal bahkan seperti makan Onigiri asli Jepang.

Sejarah, Jenis dan Tips Membuat Onigiri, Kuliner Khas Jepang Food Network

Selain tips diatas, kita juga perlu mengenal jenis onigiri agar tetap update. Dilansir laman soranews24, berikut 10 jenis onigiri yang populer:

1. Salmon

Salmon onigiri merupakan yang paling favorit diantara jenis onigiri lainnya. Makanan ini terdiri dari salmon panggang, nasi putih, dan nori atau rumput laut kering. Tiga komponen tersebut merupakan komponen penting dari sarapan tradisional Jepang.

2. Mentaiko

Mentaiko merupakan ikan tarako yang dibumbui dengan lada. Berbeda dengan tarako, mentaiko menghadirkan rasa pedas karena penggunaan lada. Meski tidak sepedas wasabi, namun mentaiko terasa nikmat disantap sebagai onigiri bersama nasi putih.

3. Umeboshi

Umeboshi merupakan asinan kering yang dibuat dari buah ume yang lazim dijumpai di Jepang. Rasa sebenarnya dari makanan ini adalah asam dan asin, tetapi kini juga diciptakan dalam berbagai pilihan rasa. Umeboshi cocok dijadikan isian onigiri, di mana plum acar diletakkan di tengah bola nasi, dengan proses pengawetan yang menghasilkan lebih banyak rasa getir buah.

Sejarah, Jenis dan Tips Membuat Onigiri, Kuliner Khas Jepang

4. Kombu

Hampir semua onigiri dibungkus nori tetapi jika Anda ingin hidangan yang sedikit berbeda, Anda juga bisa mendapatkan onigiri dengan isi kombu atau kombu tsukudani, rumput laut rebus dibumbui dengan kedelai.

Sejarah, Jenis dan Tips Membuat Onigiri, Kuliner Khas Jepang Japan Center

5. Tarako

Tarako juga nikmat dijadikan isian onigiri. Dalam penyajiannya, biasanya tarako dihidangkan secara mentah atau dibakar.

6. Tuna mayo

Sebagian besar isian onigiri merupakan bahan-bahan tradisional Jepang. Tetapi beberapa diantaranya juga memasukkan rasa Barat, seperti tuna fusion dan mayones nasi.

7. Sujiko

Sujiko mengacu pada telur salmon. Biasanya sujiko yang digunakan untuk isian onigiri berbentuk telur yang lebih kecil dan lebih murah daripada jenis yang digunakan untuk sushi atau yang juga disebut dengan ikura.

8. Okaka

Okaka merupakan serpihan bonito kering serut. Dalam penyajian onigiri, makanan ini umumnya dibuat tanpa tambahan lainnya seperti prem yang dihaluskan.

9. Garam

Onigiri tanpa isi sama sekali disebut juga dengan shio onigiri merupakan jenis onigiri yang paling murah. Biasanya onigiri ini disajikan dengan tambahan garam sehingga membuat hidangan tersebut terasa nikmat disantap disaat hari yang panas dan berkeringat.

10. Ume okaka

Ume merupakan jenis buah yang biasanya disebut prem Jepang atau beberapa diataranya menyebut buah aprikot. Dalam pembuatan onigiri, biasanya buah prem akan dihaluskan hingga menjadi pasta dan mencampurkan okaka (bonito flakes) untuk kombinasi unik rasa manis, asin, dan asam

Semoga bermanfaat menambah wawasan ilmu kita ya sahabat muslim. [jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
sejarah onigiri
jenis onigiri
tips membuat onigiri
 
BERITA LAINNYA
 
 
TIPS
31 May 2018 14:38:40

Tips Semangat Olahraga Selama Ramadan

 
TIPS
11 December 2019 13:00:01

Ini 6 Tips agar Crepes Tipis, Krispi dan Renyah

 
TIPS
03 September 2018 10:38:20

Tips Agar Peralatan Masak Tidak Berkarat

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284