ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 13 Juli 2020 | 23 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
TIPS

Meski Berbahan Gandum, Ini Beda Oat, Granola dan Muesli

27 December 2018 09:00:02
Beda Granola, Oat dan muesli, Granola, Oat
Source: depositphoto

ChanelMuslim.com - Sahabat muslim, tahukah ternyata semua cereal gandum itu tidak hanya bernama Oat, tetapi ada jenis-jenis sereal lainya yaitu muesli dan granola.

Dilansir laman hellosehat, berikut perbedaan oat, muesli dan Granola:

1. Oat (biji gandum)

Meski Berbahan Gandum, Ini Beda Oat, Granola dan Muesli

Dari kiri ke kanan: Steel cut-oat, rolled oat, dan oat instan. (source: thekitchn.com)

Oat berasal dari biji gandum. Pengolahan oat pun berbeda-beda di pabrik sehingga oat memiliki tiga jenis bentuk, yakni rolled oat, steel cut-oat, dan oat instan.

Pengolahan ini membuat 3 jenis oat memiliki tekstur dan waktu masak yang bervariasi.

Oat juga memiliki rasa yang hambar. Jika ingin ada rasa manis atau gurih , biasanya ditambah dengan madu atau susu dan lain-lain sesuai selera.

tidak bisa langsung dimakan tanpa diolah, baik direbus atau dilarutkan dalam air panas hingga menjadi bubur gandum (oatmeal).

Jenis-jenis Oat:

1. Steel cut-oat

Steel cut-oat atau yang sering disebut dengan gandum Irlandia bentuknya terlihat seperti beras. Jenis biji gandum ini diproses dengan dipotong-potong seluruh bagian gandum sehingga wujudnya seperti beras. Biji gandum jenis ini membutuhkan waktu yang lama untuk dimasak dan memiliki tekstur kenyal setelah dimasak.

2. Rolled oat

Rolled oat diproses dengan cara dikukus hingga sedikit kenyal lalu digerus (rolled) agar bentuknya jadi sedikit pipih dibandingkan steel cut-oat, lalu dipanggang. Rolled oat membutuhkan waktu lebih singkat untuk dimasak dibandingkan steel cut-oat. Oat jenis ini juga menyerap cairan lebih banyak saat diolah tapi bentuknya tidak mudah hancur.

Selain dipanaskan untuk sarapan, rolled oat biasanya digunakan sebagai campuran dalam pembuatan camilan granola, kue-kue kering, muffin, dan makanan panggang lainnya.

3. Oat instan (oat cepat masak)

Oat instan alias oat cepat masak ini mungkin yang paling banyak ditemukan di Indonesia.

Oat instan adalah biji gandum yang paling banyak mengalami proses pengolahan di pabrik. Biji gandum dimasak, dikeringkan, lalu digulung dan di tekan hingga bentuknya lebih tipis dari rolled-oat.

Karena teksturnya ini, oat cepat masak memiliki tekstur yang paling halus daripada jenis oat lainnya.

Seperti namanya, oat instan adalah jenis oat yang paling mudah diolah di rumah dan paling singkat waktu penyajiannya.

2. Muesli

Meski Berbahan Gandum, Ini Beda Oat, Granola dan Muesli

Muesli (source: allrecipes)

Muesli adalah makanan yang berasal dari Swiss sejak akhir 1800. Hingga saat ini muesli merupakan makanan yang terkenal di Eropa dan di Amerika Utara. Perbedaan oat biasa dengan muesli terletak pada campurannya.

Muesli terbuat dari rolled oat dicampur dengan biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah kering. Namun, ada beberapa modifikasi muesli yang bisa juga dibuat bukan hanya dengan rolled oat melainkan dengan quinoa atau millet. Buah kering yang digunakan biasanya cranberry, kurma, aprikot, anggur, dan ceri.

Muesli dapat dinikmati dengan beberapa cara. Direndam semalaman dengan susu dingin atau cairan lain, seperti jus apel atau jeruk, agar jadi lunak teksturnya seperti bubur. Muesli bisa juga dimasak di atas kompor, yakni direbus dalam air yang mendidih.

Di pabrik, muesli tidak diolah dengan cara dipanggang seperti granola. Muesli juga dalam pengolahannya tidak diberikan pemanis sehingga rasanya cenderung hambar.

3. Granola

Meski Berbahan Gandum, Ini Beda Oat, Granola dan Muesli

Source: blog.fablunch

Granola berasal dari bahan yang sama dengan muesli, yakni rolled oat, biji-bijian, kacang-kacangan, dan juga buah kering.

Bedanya, bahan-bahan itu semua dipanggang hingga menjadi renyah. Selain renyah, granola memiliki rasa manis. Sebab, dalam proses pembuatannya biji gandum yang diolah tersebut ditambahkan pemanis.

Granola juga diolah dengan minyak sebagai perekat bahan-bahannya. Sehingga tekstur granola sedikit menempel dibandingkan dengan muesli yang cenderung seperti serbuk berbulir besar.

Karena sudah dipanggang dan memiliki rasa, granola bisa langsung dimakan tanpa perlu diproses dahulu di rumah. Jenis sereal granola ini tidak seperti muesli atau sereal lainnya yang makannya harus dilarutkan menggunakan susu, tapi bisa langsung dimakan. Kalaupun dicampur susu ini bukan untuk mengolahnya tetapi hanya sebagai cara makan yang disukai penikmatnya saja.

Nah, sekarang sudah tahu kan beda-beda ketiga cereal yang memiliki bahan yang sama yaitu gandum.

Semoga bermanfaat. (jwt)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
beda granola
oat dan muesli
granola
oat
 
BERITA LAINNYA
 
 
TIPS
24 March 2018 05:36:24

Tips Packing ala Ghaida Tsurayya

 
ADVERTORIAL
13 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
TIPS
12 February 2019 09:00:01

Usir Semut di Dapur dengan 5 Bahan Alami Ini

 
TIPS
20 June 2019 10:00:03

4 Kiat Membersihkan Dapur dengan Lemon

global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga