ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 05 Desember 2020 | 20 Rabiul Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
TIPS

Mengenal Enam Jenis Tahu yang Populer di Indonesia

13 September 2020 08:00:01
Tahu, jenis tahu di Indonesia, tahu Kuning, tahu Pong, tahu kulit, tahu sutera, tahu susu, manfaat tahu
Ilustrasi (source: timesofindia)

ChanelMuslim.com - Tahu merupakan salah satu makanan yang sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Bahkan banyak sekali jenis tahu berserta olahannya.

Tahu adalah makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi dan tahukah sahabat muslim bahwa Tahu berasal dari Tiongkok, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso.

Nama "tahu" merupakan serapan dari bahasa Hokkian (tauhu) (Hanzi: 豆腐, hanyu pinyin: doufu), yang secara harfiah berarti "kedelai terfermentasi".

Kuliner satu ini dibawa oleh orang Tionghoa dan berkembang di Indonesia menjadi aneka tahu yang beradaptasi dengan lidah masyarakatnya. Ada yang kita kenal dengan tahu Bandung, tahu Sumedang, tahu Kediri dan tahu-tahu lainnya.

Berikut enam jenis olahan tahu yang populer di Indonesia:

1. Tahu Kuning

Mengenal Enam Jenis Tahu yang Populer di Indonesia source: negerikuindonesia.com

Tahu Kuning adalah makanan jenis tahu yang pada bagian luarnya memiliki warna kuning. Warna tersebut disebabkan karena pada saat perendaman tahu diberi kunyit, sehingga menghasilkan warna kuning pada bagian luarnya. Selain warnanya yang unik, Tahu Kuning ini memiliki rasa dan tekstur yang berbeda dengan tahu putih atau jenis tahu lainnya. Tahu Kuning ini merupakan salah satu makanan khas dari kota Kediri, Jawa Timur.

Jenis tahu ini sering diolah dengan digoreng atau direbus teman makan sambal dan nasi hangat atau isian ketoprak.

2. Tahu Kulit

Tahu berbentuk segitiga ini biasanya sudah digoreng terlebih dahulu oleh produsen sebelum dijual di pasar. Tahu jenis ini biasa sering digunakan untuk membuat tahu bacem atau tahu isi.

3. Tahu Susu

Mengenal Enam Jenis Tahu yang Populer di Indonesia resepringkes

Tahu susu sesuai namanya dibuat dari bahan susu. Tidak jauh berbeda dari tahu biasanya yang terbuat dari kedelai saja, tahu susu berbahan sari kedelai dicampur susu sapi yang telah difermentasi atau istilah lainnya susu layu. Untuk proses pembuatannya sama seperti tahu pada umumnya.

Tahu susu diperoleh dari proses penggumpalan protein yang diperoleh dari susu seperti tahu kedelai yang diperoleh dari penggumpalan protein kedelai. Bahan penggumpal tahu kedelai dapat digunakan pada proses penggumpalan tahu susu. Bahan penggumpal tahu yang digunakan bersifat asam, bila ingin murah seperti yang kita tahu asam yang biasa digunakan didapur adalah cuka dapur. 

Tahu Susu banyak dijadikan oleh-oleh saat ke Lembang Bandung.

4. Tahu Sutra /Tofu

Mengenal Enam Jenis Tahu yang Populer di Indonesia pixabay

Sebenarnya, tofu adalah bahasa Inggris dari tahu. Banyak orang yang mengatakan jika tahu dan tofu adalah dua hal yang sama. Hanya saja, di Indonesia sebagian besar orang menyebutkan jika tofu adalah tahu yang berasal dari Jepang dan memiliki perbedaan cukup signifikan dari tahu.

Tofu memiliki tekstur yang empuk, lembut dan lunak. Karena teksturnya yang lembut, tofu sering juga disebut sebagai tahu sutera. Sedangkan tahu, teksturnya lebih padat.

5. Tahu Pong

Mengenal Enam Jenis Tahu yang Populer di Indonesia source: mommyasia

Tahu goreng ini merupakan salah satu kuliner khas dari Semarang. Ciri khas tahu pong adalah teksturnya. Tahu pong tidak dibuat padat seperti tahu pada umumnya. Tahu ini memiliki rongga pada bagian tengah. Dari situlah nama tahu pong alias tahu kopong (kosong) berasal.

Tahu ini sangat populer di Kota Semarang dan sangat mudah kita temukan di pasar-pasar tradisional. Banyak olahan tahu Pong yang bisa dibuat seperti Tahu Isi, Tahu Goreng, Petis dan lainnya.

6. Tahu Bulat

Mengenal Enam Jenis Tahu yang Populer di Indonesia source: dapurkobe

Salah satu camilan yang sangat familiar adalah Tahu Bulat. Dilansir Wikipedia menyebutkan Tahu bulat adalah sebuah jajanan kaki lima berupa olahan kacang kedelai yang dibuat menjadi sebuah tahu berbentuk bulat dengan isi kopong. Biasanya, tahu bulat dijual di sebuah mobil bak terbuka dan kebanyakan dihargai Rp500 per buah.

Bahkan olahan tahu satu ini tersedia dalam bentuk Frozen yang bisa langsung digoreng atau juga kita buat sendiri.

Nah, kamu suka jenis tahu apa sahabat muslim? Semoga informasinya bermanfaat. [jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tahu
jenis tahu di indonesia
tahu kuning
tahu pong
tahu kulit
tahu sutera
tahu susu
manfaat tahu
 
BERITA LAINNYA
 
 
TIPS
08 January 2019 08:00:02

Ini Beda Seledri, Peterseli dan Daun Ketumbar

 
 
TIPS
21 February 2019 11:30:02

Cara Terbaik Membersihkan Papan Talenan Kayu

 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284