ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 30 November 2020 | 15 Rabiul Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
TIPS

Lima Tips Membersamai Anak Selama PJJ bagi Orang Tua Bekerja

20 July 2020 07:00:01
Sekolah online, PJJ, pembelajaran jarak jauh, tips sekolah PJJ,
Ilustrasi (The Conversation)

ChanelMuslim.com - Qodarullah, ajaran baru pada tahun ini tidak seperti tahun sebelumnya dimana anak-anak memulai kegiatan belajar mengajar dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dari rumah saja. Tentu saja hal ini tantangan bagi orang tua untuk membersamai anak-anak lebih ekstra lagi. Termasuk bagi anak dengan ibu dan ayah yang dua-duanya bekerja.

Meski bekerja, yakinlah ayah bunda masih bisa membersamai dan mengawasi mereka belajar selama PJJ. Berikut tips yang bisa dipraktekkan bagi orang tua yang harus bekerja di saat anak-anak PJJ dari rumah saja;

1. Edukasi anak

Hal penting yang perlu dilakukan adalah mengedukasi anak sesuai dengan usia umur. Berikan penjelasan kepada mereka kenapa sekolah menerapkan PJJ dan apa yang harus mereka lakukan apalagi dengan kondisi ayah bunda yang harus bekerja dan tidak bisa mendampingi mereka secara maksimal selama proses PJJ.

Bahkan edukasi juga anak mengenai keutamaan menuntut ilmu bagi seorang muslim bukan sekedar mencari nilai atau hal akademik semata tapi lebih dari itu yaitu surga Allah. Seperti hadist Rasulullah yang berbunyi

“Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim, no. 2699)

2. Carikan pendamping anak PJJ

Bagi orang tua dengan finansial berlebih, bisa mencari orang yang sudah dipercaya untuk mendampingi anak selama PJJ. Pastikan pendamping orang yang paham tujuan pendidikan tersebut.

Jika tidak bisa, ayah bunda bisa mempercayakan anak-anak satu sama lain untuk saling mengawasi.

Jika tetap kesulitan, bekerjasamalah dengan sekolah untuk mencari solusi akan hal ini.

Lima Tips Membersamai Anak Selama PJJ bagi Orang Tua Bekerja romper

3. Awali pagi dengan briefing dan sarapan bersama

Pastikan anak-anak punya disiplin yang tinggi meski PJJ, mereka tetap seperti biasa. Sholat subuh, sarapan dan bersiap belajar dimana pun berada.

Sebelum ayah bunda berangkat bekerja, pastikan mereka semua sudah siap PJJ. Membiasakan makan bersama sebelum berangkat bekerja dan mengontrol agenda mereka bisa memudahkan ayah bunda membersamai mereka.

4. Evaluasi PJJ setiap hari

Sesibuk apapun pekerjaan ayah bunda di tempat kerja. Pastikan sesampai di rumah mengecek kegiatan mereka selama satu hari. Termasuk tugas, catatan dan hal penting lainnya. Saling percaya antara anak dan orang tua dalam hal ini sangat penting. Berikan kepercayaan penuh kepada anak-anak dan pahamkan terus dengan kondisi ayah bunda. Evaluasi dan siapkan agenda di hari berikutnya bersama-sama di malam hari sebelum tidur.

5. Berdoalah

Mendidik bukan hal mudah, termasuk dalam memberikan pendidikan yang tepat. Jadi jangan lupa berdoalah untuk kemudahan di setiap keadaan. Berdoalah untuk kebaikan anak-anak ayah bunda. Jangan putus doa diberbagai kesempatan yang ayah bunda punya. Karena apapun kondisi ayah bunda, pendidikan anak jangan sampai terlewat dari pantauan ayah bunda. Karena anak-anak adalah aset akhirat yang kita punya dan Allah akan meminta pertanggungjawaban kepada kita sebagai orang tua.

Semoga tips diatas bisa bermanfaat untuk orang tua yang harus tetap bekerja di masa PJJ dan tidak bisa mengawasi anak-anak secara maksimal. [jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
sekolah online
pjj
pembelajaran jarak jauh
tips sekolah pjj
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
TIPS
15 November 2020 04:15:01

Lima Jenis Keju yang Familiar di Indonesia

 
 
TIPS
26 September 2019 07:20:46

Ini 5 Pewarna Alami untuk Olahan Makanan

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284