ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 25 September 2020 | 8 Safar 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
TIPS

Ini Beda Kepiting dan Rajungan

09 August 2020 10:36:40
Beda kepiting dan rajungan, ide masak, tips dapur
Washingtontan

Chanel muslim.com - Sahabat muslim, sekilas kepiting dan rajungan mirip tapi tahukah ternyata kepiting dan rajungan berbeda lho baik dari bentuk tubuh dan rasa daging.

Dilansir laman detikfood.com, berikut lima perbedaan antara kepiting dan rajungan:

1. Bentuk tubuh

Kepiting dan rajungan merupakan hewan yang sama-sama masuk dalam kelompok hewan krustasea, hewan yang memiliki kulit keras. Sekilas, keduanya tampak memiliki bentuk yang sama. Padahal bentuk tubuh keduanya berbeda.

Rajungan memiliki tubuh yang lebih ramping serta capit lebih panjang dan ramping. Sedangkan kepiting memiliki tubuh atau cangkang yang bulat dan lebih tebal. Meski tak terlalu panjang, capit kepiting berukuran lebih besar dibanding capit rajungan.

Ini Beda Kepiting dan Rajungan Collage Kiri (source: India Mart) Kanan source: truenorthseafood)

2. Corak tubuh

Tak hanya bentuknya, corak kedua hewan laut ini juga berbeda. Bagian ini patut kita ingat baik-baik. Sehingga memudahkan kita untuk membedakan keduanya.

Kepiting betina memiliki warna tubuh kehijauan dengan bercak putih. Sedangkan rajungan jantan memiliki warna tubuh kebiruan dengan bercak putih lebih terang. Berbeda dengan kepiting, kepiting baik jantan atau pun betina memiliki warna tubuh hijau kecokelatan.

Ini Beda Kepiting dan Rajungan Washingtontan

3. Habitat

Walau sama-sama tinggal di laut, rajungan hanya bisa hidup di satu alam. Karena itu rajungan akan mati bila tak disimpan dalam wadah berisi air.

Berbeda dengan kepiting yang bisa hidup di air atau pun darat. Meski begitu, kepiting hanya bisa bertahan di darat selama 4-5 hari saja.

Kepiting juga mudah ditemukan karena hidup di air laut tak terlalu dalam dan dekat dengan pantai. Sedangkan rajungan lebih sulit ditemukan karena hidup di perairan lebih dalam. Selain itu, kepiting juga bisa hidup di air laut atau pun air tawar.

Ini Beda Kepiting dan Rajungan source: foodiecrush

4. Rasa dan tekstur daging

Bicara soal daging, daging rajungan lebih sedikit dibanding daging kepiting. Ini karena bagian tubuh dan cangkang kepiting memiliki daging yang lebih tebal. Selain itu, rasa daging kepiting lebih manis dibanding daging rajungan. Tekstur daging kepiting juga lebih lembut daripada rajungan.

Sebenarnya kita bisa mendapat rajungan berdaging banyak dengan melihat berat rajungan serta kekuatan cakangnya. Pilih yang berat dan memiliki cakang yang keras.

5. Kandungan nutrisi

Keduanya mengandung banyak protein dan beragam nutrisi. Seperti vitamin B, vimtain E, mangan, fosfor, yodium hingga zinc.

Tapi rajungan memiliki protein yang lebih banyak dibanding kepiting. Rajungan juga memiliki kolesterol yang lebih rendah dibanding kepiting.

Semoga penjelasan diatas bisa membantu kita membedakan antara rajungan dan kepiting. Semoga bermanfaat ya sahabat muslim. [jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
beda kepiting dan rajungan
ide masak
tips dapur
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
TIPS
19 July 2018 07:14:08

Ini Beda Ikan Laut dan Ikan Air Tawar

 
TIPS
12 June 2019 10:43:58

Tips Anti Mager Kerja Pasca Liburan Lebaran

Senandung Akbar
 
 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
Pelatihan Menulis Oase Chanel Muslim
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284