ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 07 Agustus 2020 | 18 Zulhijjah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
SYARIAH

Zakat Rumah yang Dijadikan Tempat Usaha

15 July 2020 09:05:35
Zakat Rumah yang Dijadikan Tempat Usaha
Foto: pexels

oleh: Ustaz Dr. Oni Sahroni, M.A.

ChanelMuslim.com - Assalamualaikum Ustaz, jika ada rumah yang dijadikan tempat usaha (bimbel), apakah zakatnya dari nilai rumah atau dari penghasilan usahanya?

Syaiful, Karawang

Jawaban:

Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Kita bagi dua kondisinya:

Kondisi pertama, jika bapak mengelola usaha bimbel yang menempati rumah, berarti kategorinya kewajiban zakat bapak merujuk kepada zakat perdagangan, karena ada unsur jual belinya, bapak menjual jasa bimbel, sebagai kompensasinya bapak mendapat fee dari peserta bimbel.

Hal ini sebagaimana subtansi dari zakat perdagangan, sebagaimana sabda Rasulullah saw:

عَنْ سَمُرَةَ بن جُنْدُبٍ قَالَ أَمَّا بَعْدُ فَإِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَأْمُرُنَا أَنْ نُخْرِجَ الصَّدَقَةَ مِنِ الَّذِي نُعِدُّ لِلْبَيْعِ

"Dari Samurah bin Jundub, ia berkata, “Adapun sesudahnya, maka sesungguhnya Rasulullah saw. memerintah kita untuk mengeluarkan zakat dari barang-barang yang kita sediakan untuk jual-beli.” (HR. Abu Daud no. 1562)

Dan firman Allah swt:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَنْفِقُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّا أَخْرَجْنَا لَكُمْ مِنَ الْأَرْضِ

"Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu" (QS. Al-Baqarah: 267)

Jika yang terjadi demikian, maka zakatnya merujuk kepada zakat perdagangan, sedangkan seluruh aset seperti rumah dan komputer itu tidak wajib zakat, karena itu dijadikan tempat untuk bisnis. Rumus perhitungan zakatnya adalah modal ditambah keuntungan, ditambah piutang jika ada dikurangi biaya operasional, dikurangi utang jatuh tempo jika ada, kalau hasilnya mencapai minimum senilai 85 gram emas, berarti dikali 2,5% itulah wajib zakatnya. Kalau belum mencapai 85 gram emas berarti belum wajib zakat dan disunnakan berinfaq.

Kondisi kedua, jika bapak menyewakan rumah untuk orang lain yang mengelola bisnis bimbel. Berarti kondisi yang kedua ini, bapak menyewakan rumah untuk orang lain usaha bimbel, maka wajib zakat merujuk pada zakat pertanian atau zakat ziro'ah. Zakat ziro'ah ini berarti ditunaikan setiap kali menerima hasil sewanya, mungkin bulanan atau tahunan. Jika yang diterima ini setara dengan nishab zakat pertanian yaitu 653 kg gabah atau 524 beras, maka tunaikan zakatnya 5% sebagai zakat. Sebagaimana firman Allah swt:

وَآتُوا حَقَّهُ يَوْمَ حَصَادِهِ

"...Dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin);...". (QS. Al-An'am: 141).[ind/muamalahdaily]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
zakat rumah yang dijadikan tempat usaha
 
BERITA LAINNYA
 
 
SYARIAH
10 July 2020 15:00:40

Ini Bahayanya Jika Tidak Bayar Utang

 
SYARIAH
14 June 2019 07:34:09

Mempelesetkan Kalimat Takbir menjadi Take Beer

 
SYARIAH
13 July 2018 06:25:36

Status Wudhu setelah Menyentuh Kemaluan

 
SYARIAH
14 September 2019 22:38:04

Suami Batalkan Perceraian dan Minta Rujuk

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga