ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 26 Oktober 2020 | 10 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
SYARIAH

Status Orang Mati Bunuh Diri

24 September 2020 12:26:57
Status Orang Mati Bunuh Diri
Status Orang Mati Bunuh Diri (foto: pixabay)

oleh: Ustaz Farid Nu'man Hasan

ChanelMuslim.com - Saya mau bertanya apa pandangan Islam tentang orang yang mati bunuh diri dan apakah benar bahwa orang yang mati bunuh diri suatu saat Allah swt akan mengeluarkannya dari neraka jahanam? Mohon penjelasan yang detail soalnya saya takut keliru soal tersebut!

Terima kasih. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Jawaban:

Wa'alaikumussalam wa Rahmatullah wa Barakatuh

Bismillahirrahmanirrahim..

Bunuh diri adalah salah satu dosa besar dengan ancaman neraka.

Namun, jika dia belum pernah menyatakan kekafiran, masih muslim, maka dia termasuk apa yang firmankan dalam ayat berikut:

إِنَّ ٱللَّهَ لَا يَغۡفِرُ أَن يُشۡرَكَ بِهِۦ وَيَغۡفِرُ مَا دُونَ ذَٰلِكَ لِمَن يَشَآءُۚ وَمَن يُشۡرِكۡ بِٱللَّهِ فَقَدِ ٱفۡتَرَىٰٓ إِثۡمًا عَظِيمًا

Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni (dosa) karena mempersekutukan-Nya (syirik), dan Dia mengampuni apa (dosa) yang selain (syirik) itu bagi siapa yang Dia kehendaki. Barangsiapa mempersekutukan Allah, maka sungguh, dia telah berbuat dosa yang besar.

(QS. An-Nisa', Ayat 48)

Muslim sebesar apa pun dosanya, selama bukan murtad, bukan syirik akbar, lalu dia wafat dan belum tobat, maka di akhirat dia tahta masyiatillah (di bawah kehendak Allah).

Bisa saja Allah ampuni langsung dan langsung dimasukkan ke surga, sesuai kasih sayang-Nya yang sempurna, atau bisa juga Allah siksa dulu sesuai kadar dosanya, lalu dia masuk ke surga.

Orang bunuh diri, jika dia menghalalkan bunuh diri, bukan karena keputusasaan dan kebodohan semata, tapi karena menurutnya bunuh diri itu halal, maka itu kekafiran karena dia menghalalkan yang Allah Ta'ala haramkan.

Inilah yang tepat tentang makna hadits:

من قتلَ نفسَهُ بحديدةٍ فحديدتُهُ في يدهِ يتوجَّأُ بها في بطنِهِ في نارِ جهنَّمَ خالدًا مُخلَّدًا فيها أبدًا ومن قتَلَ نفسَهُ بسَمٍّ فسَمُّهُ في يدهِ يتحسَّاهُ في نارِ جهنَّمَ خالدًا مُخلَّدًا فيها أبدًا من تردَّى من جبلٍ فقتلَ نفسَهُ فَهوَ يتردَّى في نارِ جَهنَّمَ خالدًا مخلَّدًا فيها أبدًا

“Barangsiapa yang membunuh dirinya dengan besi, maka besi itu kelak akan berada di tangannya dan akan dia gunakan untuk menikam perutnya sendiri di dalam neraka Jahannam, kekal di sana selama-lamanya. Barangsiapa bunuh diri dengan minum racun, maka kelak ia akan meminumnya sedikit-demi sedikit di dalam neraka Jahannam, kekal di sana selama-lamanya. Barangsiapa yang bunuh diri dengan menjatuhkan dirinya dari atas gunung, maka dia akan dijatuhkan dari tempat yang tinggi di dalam neraka Jahannam, kekal di sana selama-selamanya.” (HR. Muttafaq 'Alaih)

Ada pun yang bunuh diri karena kebodohannya, hawa nafsunya, putus asa, tapi dia masih mengakui bahwa bunuh diri haram, maka dia termasuk cakupan An-Nisa: 48 di atas.

Demikian. Wallahu a'lam.[ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
TOPIK :
status orang mati bunuh diri
 
BERITA LAINNYA
 
 
SYARIAH
07 June 2020 22:41:08

Masalah Klasik, Membaca Alquran di Kuburan

 
SYARIAH
02 September 2017 11:21:23

Bolehkah Niat Puasa Qadha dan Sunnah Sekaligus?

 
 
SYARIAH
30 November 2019 23:10:10

Status Wudhu setelah Menginjak Kotoran Hewan

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284