ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 05 Juli 2020 | 15 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
SYARIAH

Investasi Dana Zakat

05 June 2020 20:08:27
Investasi Dana Zakat
Foto: pexels

oleh: Ustaz Dr. Oni Sahroni, M.A.

ChanelMuslim.com -

Ustaz, Saya mau bertanya, apakah boleh zakat maal untuk investasi yang keuntungannya untuk biaya operasional masjid seperti untuk honor Imam, khatib, muadzin marbot dan lainnya yang berperan dalam syiar di masjid. Apakah dibolehkan?

Jawaban:

Pada prinsipnya setiap donasi zakat yang diterima oleh lembaga atau badan amil zakat didistribusikan sesegera mungkin kepada mustahik agar hajat mereka segera terpenuhi. Sedangkan investasi dana zakat dilakukan dalam kondisi khusus yang memperkenankannya, misalnya investasi yang halal dan risiko terkendali, untuk kepentingan jangka panjang mustahik, dengan porsi terbatas, dan tidak ada mustahiq yang membutihkan bantuan darurat.

Penjelasan

Kesimpulan tersebut bisa dijelaskan dalam poin-poin berikut.

1. Dalam fikih zakat, donasi zakat disalurkan segera (ash-sharf al-fauri). Oleh karena itu, setiap program zakat yang menunda penyalurannya kepada mustahiq seperti investasi dana zakat hanya diperkenankan dalam kondisi mustahiq yang membutuhkan darurat bantuan sudah terpenuhi.

Pandangan ini dijelaskan dalam keputusan Lembaga Fiqih Islam OKI no. 3 tahun 1986 tentang pendayagunaan zakat dalam program produktif.

يَجُوْزُ اِسْتِثْمَارُ أَمْوَالِ الزَّكَاةِ بِالضَّوَابِطِ التَّالِيَةِ: أَنْ لَا تَتَوَافَرَ وُجُوهُ صَرْفِ عَاجِلَةٍ تَقْتَضِي التَّوْزِيْع الْفَوْرِي لِأَمْوَالِ الزَّكَاةِ

“Dana zakat itu boleh diinvestasikan dengan beberapa syarat, di antaranya tidak ada kebutuhan mustahiq yang harus membutuhkan dana zakat segera."

Sebagaimana Fatwa MUI No.4 tahun 2003 tentang Penggunaan Dana Zakat untuk Istitsmar (Investasi) yang menegaskan bahwa zakat mal harus dikeluarkan sesegera mungkin (fauriyah), baik dari muzakki kepada amil maupun dari amil kepada mustahiq.

Penyaluran (tauzi’/distribusi) zakat mal dari amil kepada mustahiq, walaupun pada dasarnya harus fauriyah, dapat di-ta’khir-kan apabila mustahiq-nya belum ada atau ada kemaslahatan yang lebih besar. Distribusi dana zakat boleh di-ta’khir-kan atau ditunda dengan ketentuan : (a) Investasi di usaha sesuai syariah, dilakukan oleh institusi/lembaga yang professional dan dapat dipercaya. (b) Tidak ada fakir miskin yang memerlukan biaya yang tidak bisa ditunda. (c) Pembagian zakat yang di-ta’khir-kan karena diinvestasikan harus dibatasi waktunya.

Sebagimana Standar Syariah Internasional AAOIFI no. 35 tentang zakat:

عَلَى أَنْ يَكُونَ ذَلِكَ بَعْدَ تَلْبِيَةِ الْحَاجَةِ الْمَاسَّة الْفَوْرِيَّة لِلْمُسْتَحِقِّينَ (المعيار الشرعي رقم 35 بشأن الزكاة)

“Ini (penundaan distribusi zakat dibolehkan) dengan syarat setelah memenuhi kebutuhan mendasar para mustahik”.

2. Salah satu karakter zakat maal adalah bagi habis atau disalurkan kepada para mustahik sesegera mungkin setelah donasi diterima oleh amil zakat. Begitu pula donasi zakat untuk kebutuhan darurat mustahik. Donasi zakat itu diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan darurat mustahik, seperti kebutuhan kesehatan dan pendidikan fakir miskin, penyediaan SDM untuk spesialisasi yang dibutuhkan masyarakat.

Sebagaimana ditegaskan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu’ :

قَالَ أَصْحَابُنَا: الْمُعْتَبَرُ.. الْمَطْعَم وَالْمُلَبَّسُ وَلْمَسْكَن, وَسَائِرُ مَا لَا بُدَّ لَهُ مِنهُ, عَلَى مَا يَلِيْقُ بِحَالِهِ, بِغَيْرِ إِسْرَافٍ وَلَا اِقْتَارٍ, لِنَفْسِ الشَّخْصِ وَلِمَنْ هُوَ فِي نَفَقَتهُ. (المجمع 6/191)

“Ashab menjelaskan bahwa yang menjadi standar adalah makan, pakaian, rumah, dan kebutuhan-kebutuhan lain yang wajib dimiliki sesuai dengan kondisi fakir dan miskin tanpa berlebihan, baik bagi si penerima maupun bagi orang-orang yang menjadi tangggung jawabnya.”

Sedangkan penundaan distribusi dalam bentuk investasi berarti menunda pemenuhan hajat darurat tersebut. Oleh karena itu, dana zakat hanya boleh diinvestasikan dalam kondisi yang memperkenankannya, misalnya untuk menyediakan cadangan yang cukup dan tidak ada mustahik dalam kondisi darurat di daerah tempat mobilisasi donasi zakat tersebut.

3. Salah satu butir Audit syariah kementerian agama bagi lembaga amil zakat menegaskan bahwa Amil menyalurkan seluruh dana zakat yang diterima di tahun berjalan. Substansi dari butir audit syariah ini adalah tidak adanya penundaan distribusi zakat.

Semoga Allah swt memudahkan dan meridhai setiap ikhtiar kita. Amiin.

Wallahu a'lam.[ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
investasi dana zakat
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
05 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
SYARIAH
08 March 2019 22:37:37

Bulan Rajab dan Keutamaannya

 
SYARIAH
10 May 2020 23:35:29

Peruntukan Zakat Fitrah dan Mal

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284