ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 28 Oktober 2020 | 12 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
SYARIAH

Hukum Memindahkan Mayit ke Kota Lain untuk Dimakamkan

01 October 2020 12:41:32
Hukum Memindahkan Mayit ke Kota Lain untuk dimakamkan
Hukum Memindahkan Mayit ke Kota Lain untuk dimakamkan (foto: okezone)

oleh: Ustaz Farid Nu'man Hasan

ChanelMuslim.com - Ustaz, saya mau bertanya mengenai mayit/mayat. Menurut saudara saya yang ikut mazhab salafi bahwa mayat tidak boleh safar contohnya orang meninggal di Jakarta tapi dibawa ke kampungnya untuk dikubur di Purworejo dll. Itu katanya TIDAK boleh, jadi mesti dikubur di lingkungan dia meninggal itu, apakah itu betul Ustaz?

Jawaban:

Menguburkan mayit di daerah bukan tempatnya adalah hal yang diperselisihkan para ulama. Sebagian salaf ada yang mengalaminya, misal Sa'ad bin Abi Waqash Radhiallahu 'Anhu, Beliau wafatnya di Al 'Aqiq (wafatnya di Cina adalah berita tanpa dasar), tapi dikuburkan di Madinah.

Salah satu ulama Malikiyah, yaitu Syaikh Muhammad 'Ulaisy Al Maliki dalam Fathul 'Aliy mengatakan:

وفي شرحي المجموع ، وجاز نقل الميت من موضع لآخر قبل الدفن أو بعده إن لم يهتكه أي لم يخل النقل بحرمة الميت ، ويؤذه، فإن هتكه وأخل بحرمته وآذاه حرم النقل قبل الدفن ، ابن حبيب لا بأس أن يحمل الميت من البادية إلى الحاضرة ، ومن موضع لآخر مات سعيد بن زيد ، وسعد بن أبي وقاص بالعقيق فحملا للمدينة ، ورواه ابن وهب ، وروى لا بأس به للمصر إن قرب . انتهى

Di dalam Syarh Al Majmu', bahwa dibolehkan memindahkan mayit ke daerah lain sebelum dikubur atau sesudahnya, jika tidak terjadi hal yang dapat merusak kehormatannya. Jika terjadi, maka haram memindahkan sebelum menguburkannya. Ibnu Habib mengatakan boleh memindahkan mayit yang wafatnya di pedalaman ke daerah pemukiman, dan dari suatu daerah ke daerah lain.

Sa'ad bin Abi Waqash wafat di Al 'Aqiq lalu dia dibawa ke Madinah. Diriwayatkan oleh Ibnu Wahab. Diriwayatkan bahwa tidak masalah dipindahkan ke negeri yang dekat. (selesai)

Dalam Mukhtashar Al Khalil dikatakan:

( و ) جاز ( نقل ) الميت قبل الدفن وكذا بعده من مكان إلى آخر بشرط أن لا ينفجر حال نقله ، وأن لا تنتهك حرمته ، وأن يكون لمصلحة كأن يخاف عليه أن يأكله البحر أو ترجى بركة الموضع المنقول إليه أو ليدفن بين أهله أو لأجل قرب زيارة أهله

Dibolehkan memindahkan mayit sebelum penguburan dari tempatnya ke tempat lain, dengan syarat tidak merusak kondisinya saat pemindahannya, dan tidak merusak kehormatannya, dan juga dibolehkan jika ada maslahat seperti khawatir dimakan hewan laut (jika dia wafat di laut), atau berharap keberkahan di tempat yang dituju, atau ingin di kubur dekat dengan keluarganya atau supaya dekat diziarahi oleh keluarganya. (selesai)

Ada pun Hambaliyah, mereka memakruhkan jika tanpa keperluan yg dibenarkan, tapi jika ada hajat yg dibenarkan maka boleh (Imam Al Mardawi, Al Inshaf, 6/249). Hanafiyah mengatakan makruh, jika lebih dari dua mil. (Imam Syarunbalali, Maraqi Al Falah, Hlm. 227). Sementara Syafi’iyah ada dua pendapat, ada yang mengharamkan dan ada yang memakruhkan. Namun, mereka membolehkan jika ke daerah tetangga yang masih bersambung atau berdekatan. (Imam Ar Ramli, Nihayatul Muhtaj, 3/38).

Demikian. Wallahu a'lam.[ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
hukum memindahkan mayit ke kota lain untuk dimakamkan
 
BERITA LAINNYA
 
 
SYARIAH
07 November 2018 10:25:16

Penjelasan Lengkap Soal Rebo Wekasan

 
SYARIAH
05 February 2018 17:40:56

Fiqih Khitbah

 
SYARIAH
14 June 2020 20:27:28

Fiqih Islam Bukanlah Produk Perang Salib

 
SYARIAH
22 September 2019 09:53:33

Hukum Jastip dalam Islam

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284