USTAZ, saya mau bertanya tentang ayat al-qur’an atau hadis ajakan masuk surga. Banyak ayat yang memerintahkan kita menjauhi api neraka.
Tapi apakah ada ayat atau hadits yang memerintahkan kita masuk surga? Jika ada, saya boleh minta contoh-contohnya? Dan jika tidak ada, apa maknanya tidak ada perintah untuk masuk surga?
Ustaz Farid Nu’man Hasan, S.S., M.Ikom., menjelaskan bahwa perintah atau ajakan masuk ke surga sangat banyak, di antaranya: Ali Imran: 133, 185; An Nahl: 32; Az Zukhruf: 72; Yasin: 26; dan Al Fajr: 27-30, dan lain-lain.
Untuk hadis, sangat banyak pula stimulus dari Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.
– Orang yang mengucap laa ilaaha illallah jujur dari hatinya maka surga
– Orang yang di akhir perkataan hidupnya laa ilaaha illaallah, maka dia surga
– Membaca ayat Kursi setiap habis shalat wajib, maka tidak ada yang mencegahnya untuk masuk surga
– Melakukan shalat wajib, shaum, walau tidak ditambah dengan yang sunnah maka dia surga, hadis ini cukup panjang. Dialog Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam dengan seseorang, dan lain-lain.
Selain itu, sebagian kalangan menilai, bahwa manusia masuk surga karena amal shalih yang diusahakannya. Ustaz Farid Nu’man Hasan menjelaskan mengenai masalah ini.
Hal ini diperkuat oleh firman-Nya:
الَّذِينَ تَتَوَفَّاهُمُ الْمَلائِكَةُ طَيِّبِينَ يَقُولُونَ سَلامٌ عَلَيْكُمُ ادْخُلُوا الْجَنَّةَ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ
(yaitu) orang-orang yang diwafatkan dalam Keadaan baik oleh para Malaikat dengan mengatakan (kepada mereka): “Salaamun’alaikum, masuklah kamu ke dalam syurga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan”.
(QS. An Nahl (16): 32)
Ayat Al-Qur’an atau Hadis Ajakan Masuk Surga
Juga ayat lainnya:
وَنُودُوا أَنْ تِلْكُمُ الْجَنَّةُ أُورِثْتُمُوهَا بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ
Dan diserukan kepada mereka: “ltulah surga yang diwariskan kepadamu, disebabkan apa yang dahulu kamu kerjakan.” (QS. Al A’raf (7): 43)
Dua ayat ini, dan juga hadis-hadis yang membicarakan amal-amal menuju surga, menunjukkan bahwa amal shalih-lah sebagai penentunya.
Namun, ada pihak yang mengatakan bahwa manusia dimasukkan ke dalam surga adalah karena rahmat Allah Ta’ala semata, bukan karena amalnya.
Baca Juga: Surga dalam Surat Al Insan Ayat 20
Mereka berdalil dengan beberapa hadis berikut:
Dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:
لَنْ يُنَجِّيَ أَحَدًا مِنْكُمْ عَمَلُهُ قَالُوا وَلَا أَنْتَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ وَلَا أَنَا إِلَّا أَنْ يَتَغَمَّدَنِي اللَّهُ بِرَحْمَةٍ
“Tidak seorang pun di antara kalian yang akan diselamatkan oleh amal perbuatannya.” Mereka bertanya: “Engkau pun tidak, wahai Rasulullah?”
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjawab: “Aku juga tidak, hanya saja Allah melimpahkan rahmat-Nya kepadaku.” (HR. Bukhari No. 6463 dan Muslim No. 2816)
Dari Jabir Radhiallahu ‘Anhu, aku mendengar bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:
لَا يُدْخِلُ أَحَدًا مِنْكُمْ عَمَلُهُ الْجَنَّةَ وَلَا يُجِيرُهُ مِنْ النَّارِ وَلَا أَنَا إِلَّا بِرَحْمَةٍ مِنْ اللَّهِ
Amal shalih kamu tidaklah memasukkan kamu ke dalam surga dan tidak pula menjauhkan dari api neraka, tidak pula aku, kecuali dengan rahmat dari Allah. (HR. Muslim No. 2817)
Demikian alasan masing-masing pihak. Selintas dalil-dalil mereka nampak bertentangan secara lahiriyah satu sama lain.
Baca Juga: Surga untuk Hati yang Lembut Penuh Kasih Sayang
Alquran menyebut bahwa manusia masuk surga karena amal shalihnya, tetapi Al Hadis menyebut manusia masuk surga karena rahmat Allah Ta’ala semata. Bukan karena amal shalihnya di dunia.
Bagaimana mengkompromikan dalil-dalil yang nampaknya bertentangan ini?
Imam An Nawawi Rahimahullah menjelaskan:
وَفِي ظَاهِر هَذِهِ الْأَحَادِيث : دَلَالَة لِأَهْلِ الْحَقّ أَنَّهُ لَا يَسْتَحِقّ أَحَد الثَّوَاب وَالْجَنَّة بِطَاعَتِهِ ، وَأَمَّا قَوْله تَعَالَى : { اُدْخُلُوا الْجَنَّة بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ } { وَتِلْك الْجَنَّة الَّتِي أُورِثْتُمُوهَا بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ } وَنَحْوهمَا مِنْ الْآيَات الدَّالَّة عَلَى أَنَّ الْأَعْمَال يُدْخَل بِهَا الْجَنَّة ، فَلَا يُعَارِض هَذِهِ الْأَحَادِيث ، بَلْ مَعْنَى الْآيَات : أَنَّ دُخُول الْجَنَّة بِسَبَبِ الْأَعْمَال ، ثُمَّ التَّوْفِيق لِلْأَعْمَالِ وَالْهِدَايَة لِلْإِخْلَاصِ فِيهَا ، وَقَبُولهَا بِرَحْمَةِ
اللَّه تَعَالَى وَفَضْله ، فَيَصِحّ أَنَّهُ لَمْ يَدْخُل بِمُجَرَّدِ الْعَمَل . وَهُوَ مُرَاد الْأَحَادِيث ، وَيَصِحّ أَنَّهُ دَخَلَ بِالْأَعْمَالِ أَيْ بِسَبَبِهَا ، وَهِيَ مِنْ الرَّحْمَة . وَاَللَّه أَعْلَم .
Menurut zahir hadis-hadis ini ada petunjuk bagi ahlul haq, bahwasanya seseorang tidak berhak mendapat pahala dan surga karena amal ibadahnya.
Adapun firman Allah Ta’ala: (Masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan) dan (Itulah surga yang diwariskan kepadamu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan)
dan yang semisal keduanya dari beberapa ayat Alquran yang menunjukkan bahwa amal ibadah itu dapat memasukkan ke dalam surga, maka semua itu tidak bertentangan dengan beberapa hadis ini.
Akan tetapi, ayat-ayat itu bermakna bahwa masuknya seseorang ke dalam surga karena amal ibadahnya,
kemudian mendapat taufik untuk melakukan amal ibadah itu dan mendapat hidayah untuk ikhlas dalam ibadah sehingga diterima di sisi Allah, adalah berkat rahmat Allah dan karunia-Nya.
Maka, yang benar adalah tidaklah seseorang dimasukkan ke dalam surga semata-mata amal ibadahnya.
Yang benar adalah adalah bahwa seseorang masuk ke surga dengan amal-amalnya yaitu dengan sebab-sebabnya, dan itu adalah bagian dari rahmat itu sendiri. Wallahu a’lam.
(Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 9/197. Mawqi’ Ruh Al Islam)
Baca Juga: Taman Surga di Dunia yang Dihadiri Malaikat
Syaikh Ismail Haqqi Al Istambuli Al Hanafi Rahimahullah menjelaskan:
أي : ولا أنا أدخل الجنة بعمل إلا برحمة الله. وليس المراد به توهين أمر العمل ، بل نفي الاغترار به وبيان أنه إنما يتم بفضل الله
Yaitu: tidak pula saya dimasukkan ke surga karena amal, kecuali dengan rahmat Allah.
Maksudnya bukan berarti meremehkan urusan amal, tetapi ini dalam rangka meniadakan keterpedayaan dengan amal tersebut, dan penjelasan bahwa amal itu disempurnakan dengan karunia Allah. (Tafsir Ruh Al Bayan, 8/334)
Jadi, tidak ada pertentangan antara ayat-ayat dan hadis-hadis tersebut.
Benar bahwa manusia dimasukkan ke dalam surga karena rahmat-Nya yang diperoleh melalui sebab-sebab yakni amal shalih yang dilakukannya, BAHKAN amal shalih itu sendiri adalah bagian dari rahmat dan karunia Allah Ta’ala.
Kita bisa ibadah, menuntut ilmu, bukankah itu bagian dari wujud rahmat Allah kepada kita? Demikian. Wallahu a’lam.[ind]