ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 26 Mei 2020 | 4 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
SUAMI ISTRI

Pasal Suami Perkosa Istri Sudah Ada di UU PKDRT

10 October 2019 16:55:39
suami,perkosa,istri
Marcelo Jaboo @pexels.com

ChanelMuslim.com - Pasca rangkaian aksi mahasiswa akhir September lalu, menyisakan pro kontra definisi suami perkosa istri. Satu pihak merasa aneh, apakah benar ada suami yang memerkosa istrinya. ini tentu argumen dari kalangan yang menjalani pernikahan dengan baik-baik saja. Satu pihak memberikan serangkaian kejadian pilu istri-istri yang diperlakukan kasar oleh suami mereka. Dan tentu ini merupakan kasus khusus.

Salah satu hal baru dalam RUU KUHP adalah meluaskan definisi perkosaan. Dalam RUU KUHP itu, perkosaan bisa terjadi asal ada kekerasan pria ke wanita, tanpa harus masuk alat kelamin.

"Setiap orang yang dengan kekerasan atau ancaman kekerasan memaksa seseorang bersetubuh dengannya dipidana karena melakukan perkosaan, dengan pidana penjara paling lama 12 (dua belas) tahun," demikian bunyi Pasal 480 ayat 1 sebagaimana dikutip detikcom, Rabu (25/9/2019).

Dengan definisi di atas, maka bisa saja seorang suami memperkosa istrinya. Dengan syarat yaitu si istri sedang tidak mau berhubungan badan dan si suami melakukan kekerasan.

Apakah rumusan di atas hal yang baru? Ternyata tidak. Definisi serupa telah tertuang dalam UU Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (UU PKDRT). Hal itu sesuai dengan asas KUHP yaitu melakukan kodifikasi hukum.

Namun dalam UU PKDRT, tidak menggunakan istilah pemerkosaan, tetapi kekerasan seksual. Pasal 8 huruf a UU PKDRT berbunyi:

Kekerasan seksual sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 huruf c meliputi pemaksaan hubungan seksual yang dilakukan terhadap orang yang menetap dalam lingkup rumah tangga tersebut.

Adapun Pasal 46 UU PKDRT berbunyi:

Setiap orang yang melakukan perbuatan kekerasan seksual sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 huruf a dipidana dengan pidana penjara paling lama 12 tahun atau denda paling banyak Rp 36 juta.

Perlakuan kasar dari suami yang bahkan hingga mengambil nyawa istrinya, adalah tindakan yang tidak bisa dimaafkan. Di belahan bumi manapun hal ini adalah sebuah kejahatan. Dalam Islam, seorang suami dikatakan baik jika dia bisa memperlakukan istrinya dengan baik. Dan suami yang baik akan memperoleh ketaatan istrinya. Segala hubungan suami istri sudah diatur dalam syariat Islam. Bahkan Islam mengaturnya dengan sangat detail, suami dilarang mendatangi istrinya dari anusnya, tidak boleh menyakiti istri dalam berhubungan badan dan tidak boleh menghentikan jima sampai istri juga mereguk kenikmatannya. Semua dilakukan atas dasar kasih sayang dan cinta, bukan nafsu biologis semata. Karena persetubuhan suami dan istri adalah surga di dunia yang akan melahirkan peradaban yang mulia. [Maya/sumber berita: detik.com]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
suami
perkosa
istri
 
BERITA LAINNYA
 
 
SUAMI ISTRI
27 August 2018 11:56:24

5 Artis yang Bertemu Jodohnya Lewat Proses Ta'aruf

 
SUAMI ISTRI
19 March 2018 06:10:01

Happy Mom, Happy Family

 
SUAMI ISTRI
30 August 2019 19:04:36

Anakku Dianiaya Suami Baruku

 
SUAMI ISTRI
30 April 2019 10:31:07

Jangan Sia-siakan Ramadhan Kita

 
SUAMI ISTRI
31 October 2018 09:06:41

Menangislah, Sayang

Tunaikan Zakat Fitrah bersama Chanel Muslim
 
 
 
TERBARU
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
TERPOPULER
 
 
Muhasabah Akbar Akhir Ramadhan, Sambut Idul Fitri, Selamatkan Negeri
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284