ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 16 Desember 2019 | 19 Rabiul Akhir 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
 
Jasa Aqiqah Murah, Budget Aqiqah, Kambing Aqiqah Murah, Aqiqah Tangerang
 
SUAMI ISTRI

Memberi Nama pada Emosi Bantu Komunikasi dengan Pasangan

06 September 2019 21:03:41
Memberi Nama pada Emosi Bantu Komunikasi dengan Pasangan, Rahmi Dahnan
Memberi Nama pada Emosi Bantu Komunikasi dengan Pasangan

ChanelMuslim.com - Dalam komunikasi, dibutuhkan yang namanya kemampuan untuk membaca bahasa tubuh. Hal tersebut disampaikan Rahmi Dahnan, Psikolog dari Yayasan Kita dan Buah Hati saat mengisi materi kajian yang diadakan oleh Komunitas Dukung Sahabat Menikah (KDSM) Ahad, (1/9/2019) di Masjid Abu Bakar Ash-Shidiq, Cawang - Jakarta Timur.

"Dengan menggunakan bahasa tubuh pasangan atau anggota keluarga akan menerka atau mencari satu kata terkait dengan bahasa emosi, jadi dia memberi nama pada emosi atau bahasa tubuh yang dirasakan oleh pasangan atau anggota keluarga, misalkan sedih ya, marah ya, atau kesel ya," katanya menjelaskan.

Dengan demikian, lanjut dia, ketika seseorang merasa diterima perasaannya dia merasa diterima seluruh tubuhnya jadi merasa lebih nyaman.

Pesan Bunda Rahmi, demikian sapaan akrabnya, selain menggunakan bahasa tubuh, menyatakan perasaan pada tingkah laku yang tidak disukai juga merupakan bagian dari tips komunikasi yang hangat.

"Selain itu, pesan saya adalah menyatakan perasaan kita pada tingkah laku yang tidak kita inginkan, misalkan Bunda sedih kalau ayah bicaranya keras keras karena bunda suka kaget. Kalau pada anak, bunda sedih kalau adek sudah 3 kali dikasih tahu jangan main-main saat belajar tapi adek masih main-main juga," jelas Rahmi.

Jadi sebutkan perasaan kita apa, kemudian apa tingkah laku yang tidak menyenangkan, kemudian apa konsekuensinya buat kita. Demikian tips yang diberikan Bunda Rahmi kepada para peserta.

Lebih lanjut, Rahmi mengatakan bahwa komponen yang paling penting dalam menghangatkan komunikasi adalah bahasa tubuh.

"Kan 55 persen bahasa tubuh, 7 persen itu kata-kata baru yang 38 persennya adalah nada. Jadi makanya kita perlu memahami bahasa tubuh pada pasangan kita, kalau kadang-kadang ada pasangan yang lagi enggak mood sukanya diam, enggak ngomong, itu dia sebetulnya memberikan isyarat bahwa dia ingin diberikan waktu untuk sendiri. Maka sikap kita juga harus memahami sampai nanti mood-nya kembali dan mau bercerita," jelasnya.

Konselor keluarga sekaligus pemerhati anak ini juga mengatakan bahwa selain untuk yang sudah berpasangan ataupun berkeluarga, tips komunikasi tersebut juga perlu diketahui oleh kalangan yang belum menikah.

"Intinya, komunikasi itu terkait dengan adab-adab, misalnya kepada calon mertua senantiasa harus menghormati, kemudian berbicara menggunakan kalimat-kalimat yang baik, menggunakan diksi pilihan kata yang baik, dan kemudian tidak menunjukkan merasa lebih tinggi atau sombong dan sebagainya, sehingga calon mertua atau calon pasangan melihat kalau kita orang yang baik dan tidak ada bahasa tubuh yang perlu dikhawatirkan," ungkap Rahmi.

Di akhir pembicaraan, Rahmi memberikan quotes yang menguatkan tips-nya tersebut "The action is louder than words" Tindakan itu nyaring bunyinya ketimbang kata-kata.

"Seseorang bisa menilai orang lain dari bahasa tubuhnya. Karena itu, kita sebagai seorang perempuan atau siapapun harus berusaha untuk membahagiakan diri sendiri supaya nanti ekspresi dan tindakannya juga lebih baik," pesan Rahmi kepada para peserta kajian.[ind/Syifa]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
memberi nama pada emosi bantu komunikasi dengan pasangan
rahmi dahnan
 
BERITA LAINNYA
 
 
SUAMI ISTRI
28 March 2018 13:48:08

Jangan Mudah Bilang “Pisah”

 
SUAMI ISTRI
08 November 2018 20:46:28

9 Hal yang Diinginkan Suami

iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Manajemen Masjid Berbasis Ekonomi Kreatif 4.0
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284