ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 11 Juli 2020 | 21 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
SUAMI ISTRI

6 Tipe Istri yang Membuat Suami tidak Bahagia

25 October 2018 08:37:05
#6tipe #istri #suami #tidakbahagia
pexels.com

 

ChanelMuslim.com – Kata orang, pernikahan mampu mengubah seseorang. Pendapat ini ada benarnya. Seorang yang menikah biasanya akan menjadi lebih bertanggung jawab dan berhati-hati dalam mengambil langkah dalam hidupnya. Selain itu, kebiasaan pasangan bisa menular kepada pasangannya. Dan tentu saja perangai pasangan bisa mempengaruhi pasangannya.

Khusus untuk para Muslimah, Imam al Ghozali selalu mengingatkan tentang sifat-sifat perempuan yang sebaiknya tidak dinikahi, yaitu:

1. Al Annanah

Al Annanah adalah perempuan yang suka mengeluh dan mengadu. Perempuan tipe ini membuat suami sulit mencapai sakinah dalam keluarga. Sebab suka mengeluh tidak mendatangkan solusi apapun. Ia justru bisa menguras emosi suami. Sedangkan mengadu sering merusak hubungan baik dengan sesama; baik kerabat maupun sahabat. Apalagi jika yang suka diadukan istri adalah orangtua suami.

2. Al Mananah

Al Mananah adalah perempuan yang suka mengungkit-ungkit kebaikan dan jasanya. Perempuan tipe ini membuat seorang laki-laki terhambat menjalankan perannya sebagai pemimpin keluarga. Jika ia berbeda pendapat dengan istrinya, sang istri mengungkit kebaikan dan jasanya. Apalagi jika secara ekonomi sang suami “lebih rendah” dari istrinya. Selain itu, mengungkit kebaikan berbahaya bagi kehidupan akhirat keluarga. Perilaku mengungkit kebaikan mengancam terhapusnya pahala kebaikan tersebut. 

3. Al Hananah

Al Hananah adalah perempuan yang suka menceritakan dan membanggakan orang di masa lalu. Jika ia janda, ia membangga-banggakan mantan suaminya. Jika ia belum pernah menikah sebelumnya, ia membangga-banggakan ayahnya dan membandingkan dengan suaminya. Mungkin membangga-banggakan saudaranya atau temannya di hadapan suami. Yang lebih menyakitkan jika istri membanggakan mantan pacarnya di hadapan suami.

4. Al Haddaqah

Al Haddaqah adalah perempuan yang hobi belanja. Mudah tertarik pada promo-promo suatu produk dan langsung meminta suami untuk membelikan. Sifat boros dan konsumtif ini tidak sekedar menguras isi kantong suami tapi juga menguras emosi suami. Dalam keadaan berlebihan saja kita dianjurkan untuk hidup qanaah dan sederhana. Apalagi dalam keadaan serba pas-pasan atau kekurangan. Kebiasaan senang berbelanja bisa menjerat diri pada kebiasaan berutang, riba atau bahkan pada tindak kriminal seperti mencuri atau korupsi. Naudzubillahi min dzalik.

5. Al Barraqah

Imam Al Ghazali menjelaskan bahwa ada dua makna al Barraqah. Pertama, ia adalah tipe perempuan yang suka berhias sepanjang hari. Meskipun demi tampil cantik di hadapan suami, berhias sepanjang hari termasuk sikap berlebihan. Berlebihan dalam belanja kosmetik dan berlebihan dalam menghabiskan waktu dan mengabaikan kewajiban-kewajiban lainnya. Apalagi jika niatnya bukan untuk suami.

Kedua, perempuan yang suka ngambek, tidak mau makan dan suka mengurung diri di kamar sendirian. Setiap saat selalu merasa gloomy, merana. Istilahnya, ia tipe penyedih. coba bayangkan apa yang dirasakan suami jika ters-terusan melihat istrinya yang selalu merana, bersedih dan tidak ceria. Tentunya suami juga akan merasa tidak bahagia. Dia akan merasa diabaikan. "Kan yang punya hati bukan cuma kamu!" serunya dalam hati. Bagaimana keluarga bisa sakinah mawaddah wa rahmah kalau suasana rumah tangga begini adanya?

6. Asy Syaddaqah

Asy Syaddaqah adalah tipe perempuan yang suka nyinyir dan banyak bicara. Hampir setiap hal dikomentari dan komentarnya bukanlah komentar yang bermanfaat. Ada hal yang wajar saja dikomentari negatif apalagi jika ada kesalahan. Kenyinyiran istri ini sering membuat suami merasa jengah bahkan malu. Apalagi jika sedang berkumpul dengan teman, sahabat dan kerabat. Perempuan seperti ini akan membuat suami sulit menemukan kedamaian karena semua sikapnya akan menjadi sasaran komentar nyinyir sang istri.

Enam tipe perempuan inilah yang bisa membuat rumah tangga tidak menemukan sakinah mawaddah wa rahmah. Yang muncul kemudian adalah perasaan gelisah, was-was dan ketidaknyamanan. Padahal tujuan pernikahan salah satunya adalah untuk menemukan kedamaian hidup. (MAY)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
6tipe
istri
suami
tidakbahagia
 
BERITA LAINNYA
 
 
SUAMI ISTRI
09 April 2018 10:19:05

Pernikahan Adalah Perbudakan

 
ADVERTORIAL
11 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
SUAMI ISTRI
13 September 2018 10:45:20

Ibadah dan Suami

 
SUAMI ISTRI
29 April 2020 09:47:26

Ibadah Suami dalam Mencuci Piring

 
SUAMI ISTRI
23 April 2019 07:55:06

5 Cara Menghilangkan Keinginan Berpisah dari Pasangan

 
SUAMI ISTRI
07 October 2018 06:36:47

Haruskah Bertanya Masa Lalu Pasangan?

global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga