ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 13 Juli 2020 | 23 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
SUAMI ISTRI

Jangan Rusak Rumah Tangga Saudaramu

18 July 2018 18:39:29
#jangan #rusak 3pernikahn #saudaramu
pexels.com

ChanelMuslim.com – Jika kita menggunakan mesin pencarian dengan kata selingkuh, maka bermunculanlah beberapa website berisi kumpulan kisah perselingkuhan. Beberapa waktu belakangan kata pelakor untuk menyebut seseorang yang melakukan perselingkuhan atau perebut suami orang, ramai digunakan orang.

Banyak cerita tentang suami-suami yang kepincut perempuan lain yang lebih muda dan lebih menarik. Beberapa cerita berlanjut menjadi cerita pernikahan kedua. Cerita semakin rumit karena kecemburuan. Salah satu istri meminta suami untuk menceraikan istri yang lain. Ada juga cerita tentang seorang selingkuhan yang meminta kekasihnya untuk menceraikan istrinya.

Dalam cerita romantika perselingkuhan selalu ada kisah sedih yang harus dialami perempuan. Jika kita kembali kepada Islam, seorang perempuan tidak boleh meminta seorang lelaki yang bukan suaminya atau bahkan suaminya agar menceraikan istrinya yang lain, agar dia bisa memiliki lelaki atau suaminya itu sepenuhnya.

Dari Abu Hurairah bahwa Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda, “Tidak dihalalkan bagi seorang wanita meminta (kepada suaminya) agar menceraikan saudara perempuannya (istrinya yang lain); untuk mengosongkan piringnya (memiliki suaminya sepenuhnya), akan tetapi dia memiliki apa yang sudah ditakdirkan kepadanya”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Ibnu Hajar –rahimahullah- menjelaskan, “Maksud dari saudara  perempuannya adalah saudara perempuan seiman, dikuatkan oleh penjelasan Ibnu Hibban dari jalur Abu Katsir, dari Abu Hurairah,

“Tidaklah seorang wanita meminta (agar suaminya) menceraikan saudara perempuannya; untuk mengosongkan piringnya (memiliki suaminya sepenuhnya); karena seorang muslimah itu saudara muslimah lainnya”. (Fathul Baari dan Hadits Ibnu Hibban)

Abu Umar Abdul Bar –rahimahullah- juga menjelaskan maksud dari hadits ini, “Dari hadits ini dapat difahami bahwa tidak selayaknya bagi seorang istri meminta kepada suaminya untuk menceraikan istrinya yang lain agar suaminya menjadi miliknya sepenuhnya, akan tetapi dia memiliki apa yang telah ditakdirkan kepadanya, tidak akan berkurang takdirnya dengan diceraikannya istri suaminya yang lain juga tidak akan bertambah”.

Jika terjadi pernikahan kedua dan seterusnya, pada dasarnya kita sedang bermuamalah dengan sesame saudara seiman. Disebutkan kata saudara perempuan dalam hadits di atas, agar seorang istri mempunyai rasa kasih sayang kepada istri suaminya yang lain. Ukhuwah menuntut adanya rasa cinta, dan upaya untuk memberikan sesuatu yang bermanfaat kepada saudara perempuannya yang lain, jauh dari sifat-sifat yang akan membahayakannya.

Berlapang dada saat suami melakukan poligami merupakan hal yang paling berat. Namun jika Allah sudah menakdirkan kita mengalami hal ini, ikhlas dan istiqomah akan menjadi jalan kita menuju surga. (MAY)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
jangan
rusak 3pernikahn
saudaramu
 
BERITA LAINNYA
 
 
SUAMI ISTRI
06 February 2019 08:30:06

Feminis Setengah Hati

 
ADVERTORIAL
13 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
SUAMI ISTRI
21 November 2018 12:16:40

Inspirator Literasi Depok

global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga