ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 16 November 2019 | 19 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
SUAMI ISTRI

Being Smart Women and Be Happy

29 July 2018 07:42:24
#smart #women #happy
pexels.com

ChanelMuslim.com – Dalam satu kesempatan saya bertemu dengan beberapa kawan perempuan. Rata-rata menyandang predikat sebagai seorang istri dan seorang ibu. Namun ada juga yang bukan karena pilihannya, harus menjadi single mother dengan beberapa anak. Perbedaan status ini tidak tampak. Perbedaan status ini tidak membuat yang lain terlihat lebih baik. Semua sama, semua terlihat bahagia.

Penelitian telah menunjukkan bahwa otak dapat dilatih untuk menjadi bahagia. Buatlah sebuah formula dengan mencampur ketenangan dan kebijakan dalam cawan hati kita. Voila! Kita sudah punya resep jitu untuk menghadapi hari.

Saya menyukai gagasan untuk “berpikir positif” meski jujur harus saya akui, untuk berpikir positif awalnya membutuhkan latihan yang keras dan terus menerus. Namun keinginan besar untuk berubah menjadi perempuan yang lebih maju ke depan sekaligus dengan hati dan kehidupan yang tenang dan damai, kita harus memperjuangkan kebahagiaan kita dengan berpikir positif.

Ada beberapa trik yang saya lakukan ketika harus berhadapan dengan beberapa kondisi yang tidak mengenakan hati.

1. Demi kebaikan, biarkan saja.

Merasa diabaikan adalah provokasi berbahaya bagi hati dan otak kita. Jika suatu ketika kita merasa, kok suami sibuk sekali dengan kerjaan kantornya atau kok teman kita jadi cuek banget sih, hati-hati ini adalah provokasi berbahaya. Segera ambil nafas dan hembuskan. Sadari jika itu hanya asumsi kita belaka. Ambil jeda untuk menenangkan pikiran, lakukan hal-hal positif agar kita tidak berlarut-larut dalam pikiran yang menggila dalam kepala kita. Setelah itu mulailah obrolan santai seperti biasa. Dan saksikan bahwa apa yang kita asumsikan tidak benar sama sekali.

Bahkan saat kita bertemu orang lain yang tidak bersikap hangat kepada kita, santai saja. Fokus kita hanya pada diri kita. Bagaimana kita memperkaya diri kita dengan hal-hal di luar diri kita. Jangan berlama-lama pada pikiran negative. Ok yah, senyumlah.

2. Ubahlah nada kita

Ibaratkan hidup kita ini sebagai alunan musik. Jika kita terbiasa menjalani hidup dengan beat yang slow, perlu juga ditingkatan temponya. Terkadang kita berjalan dengan santai atau berlari kencang. Atur temponya, pelajari dan ambil keputussan dengan segera kapan harus lambat untuk menarik nafas. Kapan harus segera melaju untuk mengejar ketertinggalan dan melesat lebih jauh.

3. Berprasangka baik pada orang lain.

Selalu berprasangka baik pada orang lain. Pada dasarnya setiap orang dilahirkan dengan fitrahnya, kebaikan. Bahwa dalam sikapnya yang menjengkelkan ada kebaikan. Dan selalu ingat, bahwa focus kita bukan pada orang lain tapi pada diri kita sendiri. Jangan sampai pikiran buruk merusak kecedasan dan kebahagiaan kita.

4. Simpan semua masa terbaik di masa lalu dalam diri kita dan siapkan ruang untuk petualangan baru.

Apa-apa yang telah kita raih di masa lalu meski sekecil apapun adalah sebuah rahmat dan berkah dari Allah. Hikmah panjang yang membentuk kepribadian kita. Tarbiyah dari Allah sebagai cerminan kecintaan Allah  kepada kita. Semua itu akan menjadi bekal kita untuk melakukan hal terbaik di masa depan. Jangan berputus asa, selalu ada jalan untuk lebih baik. Mungkin saat ini kita mundur beberapa langakah untuk menikmati tarbiyahnya Allah untuk kemudian melangkah maju 1000 langkah.

5. Jadilah pribadi yang proaktif

Jangan habiskan waktu anda hanya untuk hal-hal yang biasa saja. Banyaklah belajar, membaca dan berkarya. Saya menyarankan untuk ikut pada kegiatan di sebuah komunitas yang positif. Belajar dan berdayalah.

6. Berdamailah dengan diri sendiri

Terkadang keinginan kita begitu besar, namun apa daya karena ssesuatu hal dan kondisi kita tidak bisa meraihnya. Misalnya, kita ingin mempunyai waktu lebih banyak bagi diri sendiri. Sayangnya, anak-anak masih kecil-kecil. Senyum dan bersabarlah. Semua ibu mengalami hal yang sama. Fokuslah pada apa yang sedang kita hadapi sekarang untuk melaju lebih cepat di masa depan. Mempersiapkan anak untuk menjadi lebih mandiri artinya menyiapkan langkah kita lebih ringan di masa depan. Take your time. (MAY)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
TOPIK :
smart
women
happy
 
BERITA LAINNYA
 
 
SUAMI ISTRI
01 October 2018 11:14:18

Meski Kakinya Terluka, Mama Lili Pettalolo Buka Dapur Umum

 
SUAMI ISTRI
20 March 2018 06:00:01

Mommy’s Me Time

 
SUAMI ISTRI
06 June 2018 11:14:55

Menambah Kualitas Cinta di 10 hari Terakhir Ramadan

 
 
SUAMI ISTRI
12 December 2018 07:42:36

Digempur K-wave di Negeri Sendiri

indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284