ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 03 Juni 2020 | 12 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
SEKOLAH

Selama Lockdown, Jakarta Islamic School Manfaatkan Media Daring agar Pembelajaran Lebih Interaktif

10 April 2020 09:28:57
Selama Lockdown, Jakarta Islamic School Manfaatkan Media Daring agar Pembelajaran Lebih Interaktif
Selama Lockdown, Jakarta Islamic School Manfaatkan Media Daring agar Pembelajaran Lebih Interaktif

ChanelMuslim.com - Masa lockdown karena pandemi COVID-19 di Jakarta dan sekitarnya kembali diperpanjang. Sudah hampir sebulan para siswa tidak dapat belajar seperti biasa di sekolah. Kondisi ini menuntut para guru untuk lebih interaktif, kreatif dalam menyampaikan materi pelajaran sehingga para siswa tetap mendapat haknya dalam belajar. Jakarta Islamic School (JISc), salah satu sekolah terfavorit di Jakarta Timur memanfaatkan media daring yang di lengkapi dengan konten yang menarik agar para siswa tidak merasa bosan.

Founder JISc Fifi. P. Jubilea mengungkapkan bahwa dengan memanfaatkan teknologi sebagai sarana belajar mengajar ini yang dilengkapi dengan konten yang menarik maka pembelajaran tetap dapat berjalan walaupun jarak jauh alias online. Anak - anak tetap bisa berinteraksi dengan guru- gurunya, tetap bisa melihat gurunya mengajar walau dalam video tidak bertatap muka langsung supaya tetap ada ikatan hati antara anak dan gurunya.

"Ide ini diprakarsai oleh Mam Fifi sebagai Principal JISc. Video-video yang dibuat oleh guru-guru JISc lebih menarik karena original gurunya langsung yang mengajar," ujar Mam Fifi, Kamis (9/4).

Selain menarik, pembelajaran lewat online di JISc lebih fun untuk murid-murid karena mereka tetap dapat menyaksikan gurunya mengajar, meskipun lewat online.

Lewat aplikasi Google Classroom, para guru tetap dapat berinteraksi dengan siswa lewat fitur yang disediakan, antara lain: Fitur Stream, Classwork, pemberian tugas di Assignment, dan juga pemberian Materi berupa Video yang dibuat sendiri oleh guru, guru hanya perlu melampirkan link YouTube yang berisi video- video guru tersebut yang telah di rekam sebelumnya.

"Yang dilakukan Jakarta Islamic School sangat berbeda dengan sekolah yang lainnya. Guru-guru di JISc melakukan shooting agar selalu tercipta ikatan hati antara guru dan murid. Jadi pola materi pembelajaranpun berkesinambungan dengan mata pelajaran yang sebelumnya diterima murid-murid ketika di sekolah," kata Mam Fifi.

Semua guru mata pelajaran di JISc memanfaatkan media sosial, teknologi dan aplikasi belajar online tersebut. Mereka melakukan shooting setiap hari sehingga suasana belajar mengajar tetap terasa seperti di sekolah.

"Tapi hebatnya, di sekolah ini, guru guru JISc membuat konten videonya sendiri. Guru-guru syuting seakan-akan memang sedang di depan murid-muridnya, bedanya ini murid-muridnya di rumah masing-masing. Ini bisa membuat anak semangat dan tidak jenuh di rumah, karena melihat gurunya langsung dalam pembelajaran walaupun dalam online," tutup Mam Fifi.

JISc merupakan sekolah Islam internasional yang menyelenggarakan pendidikan tingkat TK, SD, SMP, hingga SMA dan memadukan tiga kurikulum: Nasional, Islamic, dan international (Edexcell center). Selain berlokasi di Jakarta Timur, JISc juga dapat dijumpai di Depok, Jakarta Barat, serta Jakarta Islamic Boys Boarding School (JIBBs) dan Jakarta Islamic Girls Boarding School (JIGSc) di Mega Mendung, Jawa Barat.[ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
selama lockdown
jakarta islamic school manfaatkan media daring agar pembelajaran lebih interaktif
 
BERITA LAINNYA
 
 
SEKOLAH
02 December 2017 08:02:22

Learning Journey Primary JISc Joglo

 
SEKOLAH
14 February 2020 08:33:30

TDV 2020, Turki Tawarkan Beasiswa Penuh untuk SMA

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284