ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 14 Oktober 2019 | 15 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
SEKOLAH

Culture Day, Cara Madina Islamic School Galaxy Tanamkan Nilai Toleransi pada Anak

22 May 2019 00:53:33
Sekolah, Madina Islamic School Galaxy, culture Day,
Kegiatan Culture Day Madina Islamic School Galaxy [Foto:Madina Islamic School Galaxy]

ChanelMuslim.com - Usia dini merupakan periode kehidupan manusia. Proses penanaman nilai dan pemberian informasi akan berbagai ilmu pengetahuan sudah seharusnya mulai ditanamkan sejak usia dini. Di mulai dari penanaman pendidikan karakter dasar hingga pengetahuan tentang budaya sendiri maupun budaya luar. Pemahaman mengenai keragaman budaya atau multikultural perlu ditanamkan sejak usia dini.

Pendidikan multikultural dapat didefinisikan sebagai pendidikan tentang keragaman budaya dalam merespon perubahan demografis dan kultural lingkungan masyarakat tertentu atau bahkan dunia secara keseluruhan. Dalam konteks ini, maka seharusnya kurikulum pendidikan harus mencakup pengetahuan mengenai ciri khas atau budaya dalam suatu negara, pembelajaran tentang toleransi, tema-tema tentang perbedaan etnokultural, demokrasi, dan pluralitas. Tidak dapat dipungkiri, hal tersebut dapat dijadikan sebagai pondasi awal bagi perkembangan jiwa anak-anak agar terbangun sikap toleransi, demokrasi terhadap perbedaan etnokultural dan agama.

Culture Day, Cara Madina Islamic School Galaxy  Tanamkan Nilai Toleransi pada Anak

Oleh karena itu, Madina Islamic School Galaxy telah menyelenggarakan kegiatan Culture Day yang bertema “What a Wonderful World?” yang berisi tentang beberapa kegiatan pengenalan budaya dari baju adat hingga makanan dari berbagai negara di dunia dibalut dengan acara yang menyenangkan dan menarik bagi peserta didik. Sebagai salah satu institusi pendidikan, Madina Islamic School Galaxy mengharapkan kegiatan ini dapat menstimulus seluruh peserta didik yang mereka miliki untuk memahami adanya nilai demokrasi dan toleransi sejak usia dini.

Acara Culture Day ini diselenggarakan pada hari Senin, 30 April 2019 di aula lantai 3 Madina Islamic School Galaxy yang dimulai dari pukul 08.00 wib hingga pukul 11.30 wib.

Culture Day, Cara Madina Islamic School Galaxy  Tanamkan Nilai Toleransi pada Anak

Fashion Show

Seluruh tim, peserta didik dan keluarga yang hadir menggunakan dresscode baju internasional dari berbagai negara di belahan dunia. Event kali ini dibuka dengan flash mob: Pinguin Dance yang dilakukan bersama seluruh audience yang hadir. Dilanjutkan dengan pembacaan kalam illahi dan sambutan dari PIC acara dan Kepala Sekolah.

Seluruh peserta didik Madina Islamic School Galaxy tampil di atas panggung sesuai level kelasnya masing-masing. Mereka semua menampilkan dance dari berbagai negara, seperti Madagaskar, Mexico dan Timur Tengah.

Culture Day, Cara Madina Islamic School Galaxy  Tanamkan Nilai Toleransi pada Anak

Lomba anak-anak Nursery

Acara selanjutnya adalah fashion show, seluruh peserta didik berjalan di atas panggung memperlihatkan baju yang mereka gunakan dan berjalan seperti model di catwalk. Tingkah lucu dan menggemaskan itulah yang membuat seluruh orang tua yang hadir tertawa dengan rasa bahagia sekaligus bangga karena anak-anak telah berani dan percaya diri tampil di atas panggung.

Beranjak ke acara inti yaitu seluruh peserta didik mendengarkan dongeng dari Kampung Dongeng Bekasi yang membawakan cerita menarik dan berisi nilai-nilai toleransi dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan secara bersamaan seluruh mama yang hadir melakukan lomba food plating di lantai 2.

Mereka menyiapkan dan menghias berbagai menu makanan sesuai negara yang telah ditentukan dengan durasi 30 menit. Dalam perlombaan kali ini, juri sempat mengalami kesulitan untuk menentukan juaranya. Hal tersebut dikarenakan seluruh kelompok menyajikan berbagai makanan dengan banyak garnish, hiasan dan ornamen-ornamen yang menarik.

Culture Day, Cara Madina Islamic School Galaxy  Tanamkan Nilai Toleransi pada Anak

Lomba Food Plating

Rangkaian demi rangkaian acara terselenggara dengan baik hingga sampai di penghujung acara yaitu pengumuman pemenang lomba dan foto bersama. Acara culture day tahun ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana karena didukung oleh berbagai sponsor, kerja sama tim Madina Islamic School Galaxy yang baik dan kompak, juga dukungan dari seluruh orang tua murid.

Miss Indira selaku PIC Acara berharap nilai dan esensi dari penanaman toleransi kepada seluruh peserta didik melalui kegiatan yang menarik seperti culture day dapat terekam oleh memori jangka panjang anak.

"Sehingga, anak-anak dapat memahami banyaknya perbedaan di lingkungan mereka tumbuh. Konsep hidup dan pemikiran yang toleran sangat berguna untuk proses pertumbuhan dan perkembangan mereka, hal ini juga dapat dijadikan sebagai bekal untuk kehidupan di masa depan. Mengingat negara Indonesia sudah mengalami globalisasi yang cukup pesat, adanya persaingan dan kerja sama antar bangsa juga kelak akan mereka alami.” tutup Miss Indira.

Keren dan menginspirasi. [red/rilis]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
sekolah
madina islamic school galaxy
culture day
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
SEKOLAH
02 February 2018 06:34:25

Serunya Kegiatan Red Day Siswa Primary JISc

 
SEKOLAH
27 February 2018 06:00:01

JISc Gelar Tahsin Certification

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284