ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 16 November 2019 | 19 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
SAKINAH

Menikahlah dengan Orang yang Bersedia Cekcok dengan Anda

28 July 2018 20:43:06
Menikahlah dengan Orang yang Bersedia Cekcok dengan Anda
Ilustrasi (foto: journey to joy conseling)

Oleh: dr. Emma Kaysi

ChanelMuslim.com-Mangkuk itu tiba di tangan baginda Nabi, makanan yang dibuat dengan cinta, kiriman dari salah seorang ummahatul mukminin.

Aisyah pun dibakar cemburu, ditepisnya tangan mulia yang memegang mangkuk itu hingga mangkuknya jatuh dan tumpah isinya.

Para sahabat terkejut, sementara Rasulullah memunguti apa yang tertumpah. Seraya tersenyum, berkatalah beliau kepada para sahabat, "Ibumu sedang cemburu...."

Itu adalah sepenggal kisah rumah tangga Nabi yang mulia.

Lain lagi cerita Dr. Khalid 'Umar al-Dasuqi dalam buku bernas jenaka, Blessing in Disguise.

"Seorang tetangga berkata kepada Syekh Juha, "Tadi malam aku mendengar kegaduhan, lalu suara sesuatu tengah menaiki tangga di rumahmu."

Syekh Juha menjawab datar, "Aku dan istriku sedang bertengkar. Ia memukul bajuku hingga jatuh ke tanah, kemudian ia menaiki tangga. Itulah yang engkau dengar."

"Subhânallâh," seru orang itu seperti tak percaya, "Sampai sebegitukah suara hempasan bajumu?"

Syekh Juha berkata, "Ah, jangan tegang begitu, yang ada di dalam baju itu aku."

Nah sahabatku, jika Anda mengira keluarga yang bahagia, yang sakinah mawaddah wa rahmah itu adalah keluarga yang adem ayem, hening, sepi dari keributan, aih anda keliru. Itu sih settingnya di kuburan.

Tiada pasangan yang tak pernah cekcok, tiada rumah tangga yang sepi dari pertengkaran. Itu hal lumrah, manusiawi. Persoalannya adalah, pasal apa Anda bertengkar, bagaimana Anda menyikapinya dan apa yang tersisa setelah pertengkaran.

Ada pasangan yang cekcok kemudian bubar. Ada yang tidak mau cekcok lantas memilih untuk berpisah. Yang tidak mau cekcok, biasanya hanya soal waktu saja sampai dia pergi meninggalkan Anda. Namun tidak begitu dengan belahan jiwa. Anda bisa saja cekcok dengannya, akan tetapi dia akan bertahan dengan sukarela. Cintanya karena Allah lebih besar dari api cemburu atau apapun penyebab pertengkarannya dengan Anda, selama bukan menyangkut soal prinsip. Sebetulnya soal prinsip mestinya sudah selesai ketika Anda memutuskan untuk berijab qabul.

Terkadang setelah pertengkaran mereda, senyap sejeda, menjauh sedepa, maka bara rindu malah menyala-nyala, kadar cinta pun bertambah pula. Pertengkaran-pertengkaran kecil, ada kalanya menjadi bumbu dalam pelayaran bahtera rumah tangga. Tentu saja, tabiatnya bumbu cukup sedikit saja, tak boleh sebanyak menu utama. Agar cita rasanya tetap sedap dinikmati, resep rahasianya adalah, saling menghormati dan selalu siap sedia dengan bahan baku maaf yang tak pernah habis di bejana cinta Anda.

Karena keluarga yang bahagia bukanlah keluarga yang sempurna, menikahlah dengan seorang yang bersedia cekcok dengan Anda, namun tetap teguh dalam cinta. Tetap memilih untuk membersamai Anda, membersamai hingga ke surga.

170217

Salam Cinta keluarga

[ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
TOPIK :
menikahlah dengan orang yang bersedia cekcok dengan anda
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
SAKINAH
20 July 2018 17:57:42

Mertua Oh Mertua

 
indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284