ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 14 Oktober 2019 | 15 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
SAKINAH

Media Online Perlu Berita dengan Liputan Mendalam

16 March 2018 11:29:12
Media Online Perlu Berita dengan Liputan Mendalam

ChanelMuslim.com - Menurut Redaktur Pelaksana Republika, Subroto, meskipun karakteristik media online adalah hardnews (berita pendek), tapi berita dengan liputan mendalam tetap diperlukan. Media online kini juga sudah menjadi referensi bagi para peneliti.

“Liputan mendalam adalah laporan yang menggambarkan peristiwa yang terjadi dengan bentuk tulisan yang mendetail,” kata Subroto dalam pelatihan 'in depth news' bagi media Islam online, Kamis (15/3) di Jakarta. Liputan mendalam, beda dengan berita pendek yang menjadi kebiasaan media online.

Beberapa ciri liputan mendalam adalah ia merupakan laporan yang menjelaskan. Ia lebih menjelaskan bagaimana dan mengapa peristiwa itu terjadi (how dan why). Selain itu ia memberi pengetahuan dan pemahaman. “Beda dengan liputan investigasi. Liputan ini adalah laporan yang menunjukkan. Ia lebih menunjukkan apa dan siapa (what dan who). Ia membeberkan persoalan dengan bergerak maju ke pertanyaan bagaimana bisa, sampai sejauh apa dan siapa saja,” jelasnya dalam acara yang dilaksanakan oleh Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama itu.

Ciri lain dari liputan mendalam adalah : ia mengungkapkan suatu hal yang sudah diketahui pembaca, tidak mengungkap kasus, disajikan secara mendetail, tidak membutuhkan waktu lama (sebagaimana investigasi) dan ditulis dengan gaya feature.

“Dalam perencanaan liputan mendalam maka perlu merumuskan latar belakang masalah, permasalahan yang hendak diungkap, sumber kunci yang dihubungi, daftar pertanyaan kunci, waktu peliputan dan anggaran,” terang Subroto. Untuk mendapatkan fakta dan peristiwanya maka reporter bisa melakukan studi pustaka, observasi dan wawancara.

Dalam menulis liputan mendalam, reporter atau redaksi perlu memiliki : ketelitian yang tinggi, kecermatan dan memahami masalah. “Dalam penulisannya perlu lugas, terstruktur dan enak dibaca. Judul yang menarik, lead yang memikat dan paragraf yang padu. Selain itu perlu kalimat yang efektif, melengkapi data dengan infografik dan menerapkan kode etik jurnalistik,” terang Subroto.

Dalam kesempatan yang sama, Asrori S Karni, Wakil Pemimpin Redaksi Gatra menjelaskan bahwa berita berkedalaman dalam era media online sekarang, bisa kumpulan dari 'hard news' (berita pendek). “Di tengah karakteristik instan sekarang, berita berkedalaman tetap dibutuhkan,” jelasnya. Apalagi dengan media online saat ini naskah bisa ditampilkan dengan banyak foto, video dan infografis.

Liputan yang mendalam menurutnya perlu mencari angle (sudut pandang) yang berbeda. “Karena itu perlu diperkuat riset dan reportase,” jelasnya. Tulisan yang menarik adalah apabila isi dan kemasannya menarik.

Dalam acara itu juga beberapa wartawan media Islam Online -cetak, radio, televisi dan internet - memaparkan beberapa reportase mendalamnya. Wartawan senior Asrori memberikan bimbingan dan masukan kepada wartawan-wartawan itu, sehingga ke depannya tulisan atau laporannya lebih menarik lagi. (Ilham)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
SAKINAH
06 July 2018 19:35:15

Tiga Tausiyah Nikah

 
SAKINAH
16 March 2018 11:29:12

Media Online Perlu Berita dengan Liputan Mendalam

 
SAKINAH
11 July 2018 06:49:38

Tak Bercerai tapi Broken Home

 
SAKINAH
19 August 2018 18:10:14

Ustaz Salim A. Fillah Bagi Tips Membahagiakan Suami

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284