ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 23 Oktober 2020 | 7 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PRANIKAH

Bagaimana Membuat Keputusan untuk Menikah?

09 September 2020 07:24:04
bagaimana,membuat,keputusan,untuk,menikah
Asad Photo Maldive/pexels.com

ChanelMuslim.com - Pernikahan adalah komitmen seumur hidup yang membutuhkan kecocokan, ketertarikan dan  kesesuaian kepribadian. Semua itu harus tumbuh dalam diri masing-masing calon pasangan karena jika ada ketiga rasa itu akan menumbuhkan perasaan kasih sayang yang akan melanggengkan pernikahannya kelak.

Seorang praktisi psikolog Muslim Amerika Serikat, Karim Serageldin menceritakan sesi konsultasi seorang pria dari Turki yang didesak keluarganya untuk segera menikahi seorang gadis. Begini kisahnya:

Sebagai seorang psikolog praktik, saya pernah dihubungi oleh seorang brother dari Turki yang membutuhkan nasihat segera.

Singkatnya, "keadaan darurat" saudara laki-laki itu adalah bahwa dia telah bertemu dengan seorang gadis yang religius dari keluarga yang baik tetapi dia tidak tertarik sama sekali pada gadis itu.

Dia berada di bawah tekanan dari keluarganya untuk membuat keputusan setelah tiga kali pertemuan singkat dengan gadis itu. Saya bertanya kepadanya apa yang dia sukai tentang dia; dia bilang dia religius dan berasal dari keluarga baik-baik. Oke, apa lagi?

Saya bisa merasakan kecemasannya melalui layar komputer. Menikah atau tidak?

“Haruskah aku melakukannya?”

Saya terkejut. Pernikahan adalah komitmen seumur hidup yang membutuhkan kecocokan dan ketertarikan secara pribadi, tapi tidak ada satu pun yang dia rasakan. Tetapi dia gagal untuk mengenali perasaannya sendiri, karena dia terjebak pada hadits Nabi Muhammad (SAW) yang diriwayatkan oleh Abu Huraira dalam shahih Bukhari:

“Seorang wanita dinikahi karena empat hal: kekayaannya, status keluarganya, kecantikannya dan agamanya, maka pilihlah yang religious niscaya kamu akan beruntung."

Menurut saya, hadits ini seringkali disalahartikan, karena kita lupa alasan lain dalam prosesnya. Dalam kasus pria muda yang saya ajak bicara, dia berpikir mereka harus menikah hanya karena agama dan mengabaikan tiga lainnya.

Apakah Anda cenderung mempertahankan dan berhasil dalam pernikahan di mana tidak ada kecocokan selain berbagi praktik teologi dan ritual yang serupa? Lebih jauh, apa yang orang lain sebut "religius" mungkin tidak berarti sama bagi Anda.

Dalam pengalaman saya menangani banyak pasangan selama bertahun-tahun, saya tahu pasti bahwa ini tidak rasional. Ketika kita gagal menerapkan akal dalam masalah agama, kita mendapatkan rasa sakit, kehancuran dan kegagalan, terutama dalam pernikahan.

Kita tidak dapat menjalani jalan spiritualitas yang benar jika upaya kita untuk mengikuti Islam tidak memiliki ketulusan, kebijaksanaan, dan refleksi yang mendalam pada konteks kita dan diri kita sendiri. Beberapa Muslim menjalani Islam, seolah-olah itu adalah orang yang menganggukkan kepalanya setuju setiap kali kita menerapkan hadits atau ayat Al quran. Islam adalah jalan menuju Allah.

Allah adalah satu-satunya yang menuntun di jalan ini. Apakah brother ini berpikir tentang Allah dalam prosesnya? Bahwa suatu hari nanti dia akan bertemu dengan-Nya dan ditanya tentang "hanya melakukannya" tanpa memperhatikan persyaratan yang lebih dalam untuk sukses dalam hubungan antarmanusia? Dia mempertimbangkan untuk menikah agar tidak menyakiti perasaan saudari itu — bagaimana jika nantinya dia menceraikannya karena dia menyadari itu adalah kesalahan besar?

Beberapa hal yang perlu direnungkan:

• Jangan pernah menikah dengan seseorang yang Anda rasa tidak benar karena takut atau tertekan. Ini cenderung mengarah pada kegagalan.

• Menikahi seseorang yang memiliki keempat alasan yang disebutkan dalam hadits bukan hanya agama. Ini lebih mungkin untuk berhasil dan mempertahankan kebersamaan seumur hidup. Pada akhirnya, Anda dan pasangan yang akan menderita, bukan keluarga Anda, budaya Anda, atau bahkan agama Anda.

• Jika agama penting bagi Anda, hindari menikah dengan seseorang yang tidak beragama, meskipun tiga alasan lainnya memikat. Ini sama tidak mungkinnya untuk berhasil.

• Gunakan hadits ini sebagai pedoman, bukan aksioma dengan batas tertutup. Kita juga menikah karena cinta dan chemistry, selain empat alasan ini.

• Islam mengajarkan kita untuk mengagumi keberagaman. Jika kita selalu menikah dengan orang-orang dari status sosial ekonomi, ras, atau suku yang sama, misalnya, ini akan menghalangi ummah (komunitas) yang lebih berwarna dan multikultural.

• Kadang-kadang orang bertindak religius karena lebih "dapat dijual" untuk pernikahan. Berhati-hatilah dan lakukan lebih dari sekadar mengetahui tingkat religiusitas seseorang hanya dari luarnya saja. Kenali orang tersebut dan keluarganya lebih dalam.

• Gunakan waktumu. Jika Anda merasa tidak diberi cukup waktu untuk mengenal seseorang jangan menikah hanya untuk menghindari stigma budaya. Keluarga yang memburu anak-anak mereka untuk menikah adalah keluarga yang memiliki skeptisisme yang sesungguhnya. [My]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
bagaimana
membuat
keputusan
untuk
menikah
 
BERITA LAINNYA
 
 
PRANIKAH
07 September 2020 06:36:39

Mengapa Saya Masih Melajang? Seorang Pria Berbicara

 
PRANIKAH
14 August 2020 11:42:30

Zona Terlarang: Hubungan Muslim & Non-Muslim

 
PRANIKAH
21 July 2020 06:51:31

Jatuh Cinta pada Dua Gadis

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284