ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 28 Oktober 2020 | 12 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Pentingnya Keterampilan Komunikasi untuk Anak-Anak

12 October 2020 07:39:41
keterampilan,komunikasi,anak,parenting
Miguel Apadrinan/pexels.com

ChanelMuslim.com - Memiliki keterampilan berkomunikasi yang tepat dapat digambarkan sebagai keterampilan hidup yang penting di zaman sekarang. Orang tua harus mulai mengajari anak-anak mereka keterampilan komunikasi dasar selama tahun-tahun awal dan terus mengasah keterampilan ini saat mereka tumbuh.

Mengasumsikan bahwa anak-anak dapat mempelajari keterampilan komunikasi tanpa bimbingan orang tua bisa menjadi kesalahan besar. Orang tua mungkin ingin mendidik anak tidak hanya untuk berkomunikasi secara efektif tetapi juga dengan sopan.

Mengapa Keterampilan Komunikasi Penting dalam Perkembangan Anak?

Keterampilan komunikasi menjadi penting dalam perkembangan anak karena alasan berikut:

Mengajar keterampilan komunikasi yang efektif kepada anak-anak dapat membantu mereka mengekspresikan diri dengan jelas dan menyampaikan perasaan dengan lebih baik.

Keterampilan komunikasi dapat memfasilitasi pembelajaran dan pertukaran informasi yang bermakna dengan orang lain.

Berkomunikasi dengan baik dapat meningkatkan IQ sosial anak Anda dengan membantunya membangun hubungan yang baik selama interaksinya dengan orang lain.

Seorang anak yang dapat berkomunikasi dengan baik secara verbal mungkin akan merasa nyaman juga membuat komunikasi tertulis yang membantunya tampil lebih baik secara akademis.

Anak-anak dengan masalah komunikasi dapat mengembangkan gangguan perilaku seperti depresi, menarik diri dari pergaulan, dan mempunyai harga diri rendah.

Keterampilan Komunikasi Dasar Yang Harus Diketahui Anak

Beberapa keterampilan komunikasi dasar yang harus diketahui seorang anak adalah:

Anak-anak harus dapat melakukan kontak mata saat berbicara dengan lawan bicara mereka. Itu adalah tanda ketertarikan dan rasa hormat. Memalingkan muka selama percakapan merupakan indikasi ketidaktertarikan dan merupakan perilaku buruk.

Anak-anak Anda perlu belajar berbicara dengan benar dan jelas. Anak-anak dapat dilatih untuk berbicara menggunakan pengucapan yang benar dan tata bahasa yang benar. Mereka harus belajar untuk tidak berbicara terburu-buru.

Orang tua mungkin menginstruksikan anak-anak mereka untuk tidak mengganggu percakapan yang sedang berlangsung dan mulai mengingatkan saat mereka mulai melakukan hal ini. Penting untuk memantau perilaku ini dan mendorong anak-anak untuk mengendalikan diri.

Orang tua perlu mencontohkan perilaku mendengarkan yang sesuai sehingga anak-anak dapat belajar mendengarkan dengan penuh perhatian dan merespons dengan tepat.

Orang tua mungkin juga ingin menunjukkan kepada anak-anak mereka seni memasuki percakapan dengan sopan dan cara yang benar untuk berperilaku ketika seseorang bergabung dalam percakapan yang hidup, termasuk menyapa orang tersebut dengan senyum dan anggukan yang hangat. [My]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
keterampilan
komunikasi
anak
parenting
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
18 June 2019 06:46:10

Anak yang Tidak Takut Kalah

 
PARENTING
02 January 2019 09:03:23

Menyiapkan Kematian Ala Santri Tahfidz Quran di Anyer

 
 
PARENTING
11 January 2020 15:23:22

Depresi pada Anak Muda akan Meningkat di Tahun 2020

 
Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284