ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 15 November 2019 | 18 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Apa Kabar Ayah?

08 March 2018 14:30:19
#parenting #ayahbunda #keluarga #daddy #muslim #islam #nabawiyah
pexels.com

ChanelMuslim.com - Apa kabar Ayah? Sudahkah sampai pada dirimu berita tentang anak-anak yang kecanduan game dan harus direhabilitasi  di rumah sakit jiwa? Pasalnya setiap kali dilarang bermain game mereka langsung marah-marah. Setiap kali gadgetnya diambil mereka memukul apapun yang ada di hadapannya.

Apa kabar Ayah? Sudahkah sampai pada dirimu kabar tentang anak-anak yang terperangkap LGBT? Para predator mengintai anak-anak hingga ke pelosok kampung.

Apa kabar Ayah? Sudahkah sampai pada dirimu kabar tentang peredaran narkoba masa kini? Mereka menjerat anak-anak bahkan sejak mereka berusia dini.

Apa kabar Ayah? Sudahkah berbincang dengan ananda hari ini? Sudahkah Ayah bertanya pada mereka tentang apa yang sedang merisaukan hatinya?

Ayah, sudahkah sampai pada dirimu perkataan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam ini, “Seorang ayah yang mendidik anak-anaknya adalah lebih baik daripada bersedekah sebesar 1 sa’ di jalan Allah.”

Ayah, sudahkah sampai pada dirimu kisah para ayah agung yang mendidik anak-anaknya dengan segenap hati. Dialah Lukmanul Hakim yang pesan-pesannya menjadi sejarah yang terangkum dalam Al Qur’an. Dengan kejujuran jiwa, beliau tanamkan tauhid ke dalam dada anaknya.

Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar,” (QS. Luqman:13).

Begitu juga dengan Ibrahim Alaihissalam, ayah para nabi ini berwasiatkan kepada anak-anaknya untuk mati hanya dalam keadaan sebagai muslim. Begitu juga dengan Ya’qub Allaihissalam.

Dan Ibrahim mewasiatkan (ucapan) itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya’qub. “Wahai anak-anakku, sesungguhnya Allah telah memilih agama ini untukmu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim.” (QS. Al Baqarah : 132)

Ya’qub Alaihissalam, ayah Yusuf Alaihissalam pun menjadi sosok teladan para ayah hebat yang mampu membimbing anaknya menjadi orang-orang yang bertaqwa. Setelah beliau meminta kakak-kakak Yusuf Alaihissalam bersumpah untuk membawa Yusuf kembali kepadanya, beliau menyerahkan takdir Yusuf pada Allah.

“Dan dia (Ya’qub) berkata, “wahai anak-anakku! Janganlah kamu masuk dari satu pintu gerbang dan masuklah dari pintu-pintu gerbang yang berbeda. Namun demikian aku tidak dapat mempertahankan kamu sedikit pun dari (takdir) Allah. keputusan itu hanyalah bagi Allah. kepada-Nya aku bertawakal dan kepada-Nya pula bertawakal orang-orang yang bertawakal.’ (QS. Yusuf : 67)

Hingga kelak, beberapa ulama berpendapat bahwa yang membuat Yusuf Alaihissalam melepaskan diri dari godaan perempuan majikannya adalah bayangan ayahnya, Ya’qub Alaihissalam sedang memanggil namanya seraya memperingatkannya.

Ayah, begitu pentingnya peran ayah bagi anak-anak. Tidak sedikit ulama yang mendidik anak-anaknya sendiri. Bahkan Rasulullah pun mendidik cucu-cucunya. Setiap waktu adalah kesempatan untuk mendidik kedua cucunya, Hasan dan Husain. Ketika beliau sedang disibukkan dengan urusan menghadap Allah SWT (shalat), beliau tidak menyuruh orang lain (atau kaum perempuan) untuk menjaga kedua cucunya yang masih kanak-kanak, Hasan dan Husain.

Lalu apa yang menghalangi para ayah dari mendidik anak-anaknya sendiri. Apakah kesibukan ayah melebih Rasulullah?

Kehadiran pengasuhan ayah dengan mengajak anak bermain, belajar dan beribadah bersama dapat memberikan rasa aman dan nyaman, meningkatkan kepercayaan diri, dan merangsang anak untuk mengeksplorasi sekitarnya. Kehadiran pengasuhan ayah juga bisa menghasilkan anak-anak yang cerdas secara emosi dan intelektual.

Anak-anak adalah investasi yang paling mahal. Anak adalah mustaqbala ummah-masa depan ummat. Ayah, mari kita kembalikan kebiasaan pengasuhan ayah ini. Agar bermunculan pemimpin-pemimpin masa depan seperti Muhammad Al Fatih dan Shollahuddin Al Ayubi. (Maya Agustiana)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
TOPIK :
parenting
ayahbunda
keluarga
daddy
muslim
islam
nabawiyah
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
08 February 2018 13:38:49

Ayah Bunda, Jadilah Teladan dalam Mengelola Emosi

 
PARENTING
24 March 2018 08:00:01

Sabtu Bersama Ayah

 
PARENTING
08 February 2018 09:03:12

Nak, Main Hujan Yuk

 
PARENTING
19 February 2019 08:46:49

Inilah 12 Cara Untuk Memahami Anak Anda Lebih Baik

indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284