ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 26 September 2020 | 9 Safar 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

9 Hal Penting yang Ibu Perlu Katakan pada Putrinya tentang Menstruasi

15 September 2020 06:26:50
hal,penting,ibu,katakan,putri,menstruasi,pertama
Element5 Digital/pexels.com

ChanelMuslim.com - Tubuh perempuan di ruang publik cenderung paling banyak mendapat perhatian dan paling sering menimbulkan perdebatan. Apakah berhijab atau tidak, tubuh perempuan sering kali digunakan untuk mengiklankan sebuah produk dan lain sebagainya. Tapi yang selalu lupa untuk dibicarakan adalah hal mendasar tentang sifat biologi wanita.

Memiliki rahim yang kompleks dan awal dari kehidupan seorang manusia penting untuk dipahami oleh setiap perempuan bahkan sebelum masa puber datang. Fungsi reproduksi ini bukanlah beban atau kutukan, dan setiap gadis harus mengetahui hal ini.

Keperempuanan dan Feminitas

Ketika kita mempelajari tentang keperempuanan, feminitas, dan realitas biologis yang dimiliki seorang perempuan, sebagai seorang ibu kita ingin memberi pemahaman yang lebih lengkap dan komprehensif tentang pubertas dan seterusnya kepada putri kita.

Chantal Blake, seorang ibu dari AS bercerita tentang hal ini kepada putrinya. “Saya telah membayangkan pembicaraan tentang menstruasi pertama ini selama bertahun-tahun. Saya ingin memberikan di sini kata-kata yang jelas, ringkas, dan alami tanpa luka berdarah, drama, atau kecanggungan.

Karena putri saya mencintai alam, saya jelaskan kepadanya bahwa perempuan memiliki rahim seperti burung yang membuat sarang. Sarang itu menjadi tempat pendaratan yang hangat dan nyaman setiap bulan. Tetapi jika tidak ada bayi yang menghuni rahim, ia akan luruh.”

Peluruhan itu biasanya berjalan dengan mudah, namun beberapa wanita merasa sulit dan kesakitan karena sejumlah alasan. Untuk menampung “sisa” dari peluruhan sarang, perempuan bisa memakai pembalut atau menggunakan cangkir menstruasi untuk mencegah pakaian mereka dari terkena kotorannya.

Membicarakan menstruasi pertama perlu dilakukan secara bertahap. Saat putri kita menyaksikan perubahan dalam tubuhnya dan beberapa inci lebih dekat dengan keperempuanannya, ada begitu banyak hal yang perlu dia ketahui.

    - Kita ingin dia mengetahui bahwa tubuh perempuan adalah ciptaan Allah yang luar biasa. Itu adalah perwujudan Penciptaan dan Kreativitas, kasih sayang dan anugerah Allah. Tubuh perempuan adalah kejadian alam yang paling ajaib yang mungkin pernah dia saksikan secara dekat.
    - Kita ingin dia memahami bahwa tubuhnya adalah panduan dan saksi bagaimana dia merawat pikiran, jasad, dan hatinya.
    - Kita ingin dia mengetahui bahwa desain siklus menstruasinya tidak kebetulan dan dia juga diciptakan dengan keteraturan, harmoni, dan variasi musiman.
    - Kita ingin dia mengetahui bahwa dia bisa mengalami menstruasi tanpa rasa sakit atau gejala pramenstruasi (PMS), semudah bulan yang memudar kemudian menghilang.
    - Kita ingin dia memahami bahwa tubuhnya dirancang untuk banyak hal termasuk kesenangan dan tidak boleh ditawarkan kepada orang lain tanpa ikatan yang suci yaitu pernikahan.
    - Saya ingin dia tahu bahwa tidak ada tubuh yang sempurna dan satu-satunya hal yang menambah keindahannya adalah jalan pemurnian spiritual (ibadah) dan akhlak yang baik.
    - Kita ingin dia memahami bahwa feminitas tidak sama dengan kelemahan dan maskulinitas tidak sama dengan kekuatan. Kedua kualitas tersebut dapat hidup berdampingan tanpa mempermasalahkan jenis kelamin.
    - Kita ingin dia mengetahui bahwa menghargai kecantikan yang diberikan Allah adalah rasa syukur, bukan kesombongan.
    - Kita ingin dia memahami bahwa dia tidak perlu menunggu orang lain memujinya, membelikannya bunga, menulis surat cinta, atau tindakan kasih sayang lainnya. Sampai dia tahu nilainya sendiri, tidak ada sanjungan yang bisa meyakinkannya tentang seberapa berharganya dirinya selain dia sendirinya sendiri. [My]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
hal
penting
ibu
katakan
putri
menstruasi
pertama
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
02 March 2018 15:50:42

Dan Umar bin Abdul Aziz Pun Menangis

 
PARENTING
20 January 2020 07:04:17

8 Tips Membuat Anak Merasa Bahagia (bagian 2)

 
PARENTING
28 June 2018 19:43:30

Fenomena Tik Tok di Kalangan Remaja

 
PARENTING
22 December 2019 09:36:31

Anak Usia 7 Tahun, Tonggak Perubahan Seorang Anak

 
PARENTING
08 February 2018 09:03:12

Nak, Main Hujan Yuk

Senandung Akbar
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
Pelatihan Menulis Oase Chanel Muslim
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284