ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 01 Desember 2020 | 16 Rabiul Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

5 Hadis Tentang Keutamaan Anak Perempuan

19 October 2020 09:21:55
hadits,keutamaan,mengasuh,anak,perempuan
pexels

ChanelMuslim.com - Apakah Anda dianugerahi anak perempuan? Jika ya, Anda sangat beruntung!

Hadits Nabi saw tentang membesarkan anak gadis itu indah dan menakjubkan. Anak perempuan datang dengan membawa pahala dan berkah yang besar. Jika Anda menawarkan perhatian, cinta, dukungan, dan pendidikan kepada anak perempuan Anda, Surga menanti Anda.

Pada saat bayi perempuan dianggap sebagai sumber aib, bahkan dikubur hidup-hidup, Nabi datang untuk meluruskan kesalahan besar ini.

Hadits di bawah ini melawan praktik yang lazim pada saat itu: pelecehan terhadap gadis, penghinaan dan pembunuhan bayi. Bahkan saat ini, kata-katanya masih relevan dan sangat dibutuhkan. Mari kita gali beberapa manfaat yang dapat Anda nikmati sebagai pengasuh anak perempuan:

Surga Menantimu

1. Diriwayatkan Abdullah ibn Abbas ra,

Nabi (saw) bersabda, “Jika seseorang memiliki anak perempuan, dan tidak menguburkannya hidup-hidup, atau merendahkannya, atau lebih memilih anak laki-laki daripada dia, Allah akan membawanya ke surga.” (HR. Ahmad, disahkan oleh Al-Hakim, dinilai Hasan oleh Ahmad Shakir)

Dan Allah Ta’ala berfirman, “Dan apabila seseorang dari mereka diberi kabar dengan (kelahiran) anak perempuan, hitamlah (merah padamlah) mukanya, dan dia sangat marah.” (QS. An-Nahl: 58)

2. Jabir ibn Abdullah ra. meriwayatkan bahwa Nabi saw bersabda,

“Siapa pun yang memiliki tiga anak perempuan dan dia mengasuh mereka, menunjukkan kasih sayang kepada mereka, dan mendukung mereka, Surga pasti dijamin untuknya.”

Maka, seseorang bertanya kepada Nabi, bagaimana jika mereka hanya dua orang putri

Dia menjawab, "[Dia mendapat pahala itu,] meskipun mereka [hanya] dua."

Beberapa dari mereka yang hadir percaya bahwa jika Nabi ditanya tentang hanya satu anak perempuan, dia akan menjawab bahwa pahala itu juga berlaku. (Diautentikasi oleh Al-Albani)

Perlindungan dari Api Neraka

3. Aisyah ra meriwayatkan,

“Ada seorang wanita yang masuk menemuiku dengan membawa dua orang anak perempuan untuk meminta-minta, tetapi aku tidak mempunyai apa-apa kecuali hanya satu butir kurma. Lalu aku memberikan kurma itu kepadanya. Selanjutnya, wanita itu membagi satu butir kurma itu untuk kedua anak perempuannya sedang dia sendiri tidak ikut memakannya. Lantas, wanita itu bangkit dan keluar. Kemudian Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam datang kepada kami, maka aku ceritakan peristiwa itu kepada beliau, maka beliau pun berkata, ‘Barangsiapa yang diuji dengan anak-anak perempuan, lalu dia mengasuhnya dengan baik, maka anak-anak perempuan itu akan menjadi tirai pemisah dari api Neraka.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim]

4. Uqbah ibn Aamir meriwayatkan, saya mendengar Rasulullah saw berkata,

“Barangsiapa memiliki tiga orang anak perempuan, lalu dia bersabar dalam menghadapinya serta memberikan pakaian kepadanya dari hasil usahanya, maka anak-anak itu akan menjadi dinding pemisah baginya dari siksa Neraka.” [HR. Al-Bukhari dalam kitab al-Adaabul Mufrad dan hadits ini shahih]

Nikmati Persahabatan dengan Nabi

5. Anas (Semoga Allah meridhoi dia) melaporkan:

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu, dia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa mengasuh dua orang anak perempuan sehingga berumur baligh, maka dia akan datang pada hari Kiamat kelak, sedang aku dan dirinya seperti ini.” Dan beliau menghimpun kedua jarinya.” [HR. Muslim]

Ini hanyalah contoh bagaimana Islam merawat anak perempuan. Perawatan yang disebutkan dalam hadits ini dan lainnya adalah komprehensif. Ini mencakup kebutuhan fisik, emosional dan mental anak perempuan.

Begitulah kepedulian dan kasih sayang yang pantas didapatkan putri kita. Nabi saw memerintahkan kita untuk menjadi orang tua yang penuh kasih, sabar dan suportif.

Dan sekali lagi, jika Anda memiliki anak perempuan, Anda sangat diberkati dan beruntung. [My]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
hadits
keutamaan
mengasuh
anak
perempuan
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
11 August 2018 06:50:22

Menjaga Fitrah Seksualitas Anak

 
PARENTING
28 March 2020 08:09:49

Mengatasi Ribet dan Stresnya Di Rumah Saja

 
PARENTING
07 October 2020 06:32:11

Mendampingi Anak Menghadapi Zamannya

 
PARENTING
11 May 2018 19:27:44

Metode Pembelajaran untuk Anak Ber-IQ Rendah

 
PARENTING
04 September 2020 09:00:01

Akankah Putraku Berhenti Mengompol?

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284