ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 20 Oktober 2019 | 21 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Harta yang Paling Berharga

03 August 2019 10:00:03
harta,berharga
pexels.com

ChanelMuslim.com – Apa yang sebenarnya yang kamu cari dalam kehidupan ini? Semua pasti akan menjawab kebahagiaanlah yang mereka cari. Orang banyak mencari kebahagiaan dari semua bentuk harta benda. Rumah yang mewah, kendaraan, hingga perhiasaan. Namun jika kita mau merenung sejenak saja kita akan menemukan bahwa semua itu bukanlah harta yang sesungguhnya karena mereka tidak kita bawa ketika kita mati.

Ilmu agama yang bermanfaat, anak sholeh yang selalu mendoakan ortunya dan sedekah jariyah adalah harta yang sesungguhnya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim)

Sejatinya kita hidup di dunia ini untuk mencari perbekalan untuk menuju kehidupan selanjutnya. Dunia itu hanya persinggahan. Kita tidak akan hidup selamanya di dunia. Kampung akherat lah kehidupan kekal itu.

Fakta jika manusia itu mati tidak bisa kita hindari. Setelah mati, amalan manusia semuanya terputus. Kematian menunjukkan bahwa seorang muslim hendaknya memperbanyak amalan sholeh sebelum ia meninggal dunia.

Meski mengalami kematian, Allah Yang Maha Baik menjadikan tiga amalan yang pahalanya terus mengalir mengisi perbekalan kita. Ketika amalan itu adalah:

1. Sedekah jariyah, seperti membangun masjid, menggali sumur, mencetak buku yang bermanfaat serta berbagai macam wakaf yang dimanfaatkan dalam ibadah.

Alangkah baiknya hasil usaha kita, kita investasikan ke hal-hal yang membawa manfaat bagi banyak orang dalam waktu yang lama.

2. Ilmu yang bermanfaat, yaitu ilmu syar’i (ilmu agama) yang ia ajarkan pada orang lain dan mereka terus amalkan, atau ia menulis buku agama yang bermanfaat dan terus dimanfaatkan setelah ia meninggal dunia.

Dalam kitab “Al Khusyuu’ fish shalaah”, Imam Ibnu Rajab Al Hambali berkata, “Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang masuk (dan menetap) ke dalam relung hati (manusia), yang kemudian melahirkan rasa tenang, takut, tunduk, merendahkan dan mengakui kelemahan diri di hadapan Allah Ta’ala”.

3. Anak yang sholeh karena anak sholeh itu hasil dari kerja keras orang tuanya. Islam amat mendorong seseorang untuk memperhatikan pendidikan anak-anak mereka dalam hal agama, sehingga nantinya anak tersebut tumbuh menjadi anak sholeh. Lalu anak tersebut menjadi sebab orangtuanya masih mendapatkan pahala meskipun ortunya sudah meninggal dunia.

Dalam bagian ini terdapat isyarat keutamaan menikah, juga terdapat dorongan untuk menikah dan memperbanyak keturunan supaya mendapatkan keturunan sholeh. Dalam memperoleh anak yang sholeh dimulai dari menjadi diri yang sholeh dan mencari pasangan yang juga sholeh.

[Maya]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
harta
berharga
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
05 November 2018 14:45:19

Manfaat Menulis dengan Tangan

 
PARENTING
23 May 2019 14:47:24

Ibadah Umrah di Bulan Ramadhan

 
 
The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284