ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 04 April 2020 | 11 Sya’ban 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

10 Tips Menjadi Orangtua Yang Baik

07 February 2020 10:56:48
menjadi,orangtua,baik,parenting
Image by Ebrahim Amiri from Pixabay

ChanelMuslim.com – Salah satu tugas tersulit orangtua adalah memiliki gaya pengasuhan yang baik dan konsisten. Ada beberapa contoh pengasuhan yang buruk yang dapat memiliki konsekuensi jangka panjang pada anak-anak. Kebanyakan orangtua mengadopsi cara pengasuhan orangtua mereka sendiri sebagai pakem untuk mengasuh anak, yang terkadang sudah tidak sesuai dengan perubahan masyarakat dan lingkungan sosial.

Salah satu langkah terbesar yang dapat Anda ambil adalah mengakui bahwa Anda memiliki beberapa teknik pengasuhan yang buruk. Anda selalu dapat mempelajari cara-cara baru untuk mengatasi kekurangan ini. Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi orangtua yang baik:

 

1. Pengasuhan Praktis

Terlibatlah dengan kehidupan anak Anda dan lakukan hal itu untuk mengajar anak Anda beberapa pelajaran paling penting dalam hidup. Fokuskan energi Anda untuk membangun hubungan emosional dengan anak Anda.

 

2. Jangan Berteriak pada Anak Anda

Alih-alih meneriaki atau memarahi anak-anak, cobalah untuk tenang berunding dengan mereka. Beri mereka waktu jeda jika mereka kesulitan dan kemudian duduk dan dengarkan mengapa mereka kesal. Jika ada hubungannya dengan sekolah, maka dengan tenang minta anak Anda menjelaskan kesulitan yang ia hadapi. Jelaskan kepada anak Anda mengapa tindakannya salah dan konsekuensi yang lebih besar dari tindakan tersebut.

 

3. Berikan Alasan

Jika Anda ingin anak Anda melakukan sesuatu, jelaskan kepadanya alasan di balik permintaan Anda. Jika Anda ingin dia menyelesaikan tugas sekolah sebelum bermain, maka jelaskan alasannya. Cara yang bagus untuk menjelaskannya adalah dengan mengatakan bahwa begitu dia selesai, waktu bermain dimulai. Ini juga berfungsi sebagai motivasi.

 

4. Tetapkan Aturan

Struktur itu penting untuk perkembangan anak Anda. Namun, apa pun aturan baru yang Anda lakukan, pastikan untuk mendiskusikan hal yang sama dengan anak Anda. Jika Anda ingin anak Anda mengerjakan tugas di sekitar rumah, maka berdiskusi dengannya tentang tugas yang ingin ia lakukan dan sejauh mana Anda ingin pekerjaan itu dilakukan. Minta anak Anda untuk mengatur jadwal untuk tugas baru ini. Berpegang teguh pada jadwal baru ini akan meningkatkan harga dirinya.

 

5. Berikan Pilihan pada Anak Anda

Bicaralah dengan anak Anda tentang berbagai pilihan yang mungkin ia miliki. Ini bisa menjadi sesuatu yang kecil seperti memutuskan apakah dia ingin pergi ke taman bersama Anda pada hari berikutnya. Mengizinkan anak Anda untuk membuat pilihan akan meningkatkan kepercayaan diri dalam mengambil keputusan.

 

6. Dengarkan

Salah satu aspek terpenting dari mengasuh anak adalah mendengarkan anak Anda. Bahkan jika apa yang dikatakan anak Anda tampak biasa bagi Anda, Anda harus mendengarkan, karena itu mungkin sesuatu yang penting baginya.

7. Jadilah Contoh yang Baik

Anak-anak diketahui mengambil kebiasaan dan tindakan dari orang-orang di sekitar mereka. Sebagai orang tua, anak Anda akan mencari saran untuk Anda di hampir semua hal, terutama di tahun-tahun yang lebih muda. Lakukan kebiasaan sehat dan anak Anda pasti akan mengambilnya sendiri.

 

8. Jangan Angkat Tangan Anda

Anda akan bertemu berkali-kali selama perjalanan mengasuh anak, ketika anak Anda mungkin bertingkah buruk atau tidak patuh, membuat Anda kehilangan kesabaran. Namun, ambil napas dalam-dalam dan hitung sebelum Anda mengangkat tangan padanya. Kekerasan fisik dapat memiliki efek psikologis serius pada anak, yang memengaruhi perkembangan. Pada gilirannya, ini menyebabkan anak-anak meniru perilaku yang sama ketika mereka menjadi orang tua /

9. Menanamkan Hadiah dan Hukuman

Penghargaan dan Hukuman sejauh ini, cara terbaik untuk mendisiplinkan anak. Hadiahi tingkah laku yang baik dan menghukum tingkah laku yang buruk memberi batu ujian bagi anak di mana perilaku harus diikuti dan yang harus dihindari. Pastikan untuk menetapkan hukuman yang non-fisik.

 

10. Jangan Mencekik Anak Anda

Daripada terlalu mengendalikan dan terus-menerus melayang di setiap langkah anak Anda, beri mereka beberapa elemen kebebasan. Jika mereka mengetahui konsekuensi dari perilaku buruk, mereka cenderung menyalahgunakan kebebasan yang telah mereka berikan.

 

Pola asuh yang buruk tidak hanya berbahaya bagi anak Anda saat ini, tetapi pasti akan memiliki dampak negatif yang lama pada anak Anda selama bertahun-tahun yang akan datang, yang bisa terus berlanjut, bahkan sebagai orang dewasa. Ingatlah bahwa mengasuh anak bukan hanya tentang memberikan kebijaksanaan kepada anak Anda, tetapi juga tentang membiarkan mereka tumbuh dan menemukan gaya hidup mereka sendiri. Ini termasuk membesarkan mereka untuk bertanggung jawab atas tindakan mereka dan menerima tanggung jawab atas keputusan yang mereka buat dan tindakan yang mereka ambil.

Bagaimana Anda memutuskan untuk memberikan pengetahuan dan mengajar mereka tentang tanggung jawab dapat menjadi elemen kunci untuk membesarkan anak Anda. Ini tidak boleh dipaksakan kepada mereka dengan cara apa pun. Bicaralah dengan psikolog anak untuk mempelajari cara berkomunikasi dengan anak Anda. Disarankan sebagai orang tua, baik pasangan Anda maupun Anda menghadiri seminar pengasuhan anak, berbincang-bincanglah dengan konseling dan cari cara untuk mengembangkan dan mengatur serta menentukan filosofi pengasuhan Anda.

[My/Firstcryparenting.com]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
menjadi
orangtua
baik
parenting
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
12 June 2018 12:06:00

Itikaf Bersama Keluarga

 
PARENTING
10 March 2020 07:30:06

Perilaku Kekerasan pada Anak

 
PARENTING
22 September 2019 21:30:03

Konsep Laki-laki dan Pendidikan Keluarga

 
PARENTING
24 March 2018 08:00:01

Sabtu Bersama Ayah

 
PARENTING
20 September 2018 11:09:31

Ibu, Mata Air Kehidupan

Lawan Corona Bersama ChanelMuslim.com
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284