ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 04 Juni 2020 | 13 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
OASE

Keris dan Nilai Dakwah di Baliknya

27 January 2020 17:16:47
Keris, nilai dakwah keris
Jenderal Sudirman dengan kerisnya dalam posisi NYOTHE KIWA

ChanelMuslim.com - Keris pada mulanya adalah warisan budaya nusantara berupa senjata RUKETAN, yakni senjata pertarungan jarak pendek (dagger) atau senjata peraga untuk memeragakan suatu jurus.

Keris dalam khazanah bahasa Jawa disebut sebagai DUWUNG/CURIGO yang bermakna WASPADA/HATI-HATI. Pada zaman Sri Sultan Hamengku Buwono I (1755-1792 M), keris dijadikan sebagai salah satu bagian dari BUSANA TAKWA pada BUSANA KERAJAAN saat itu. KERIS sebagai bagian dari BUSANA TAKWA yang mengingatkan kita untuk selalu berhati-hati dalam perkara halal, haram dan syubhat.

Hal ini senada dengan percakapan indah dua sahabat, Umar bin Khattab ra dan Ubay bin Ka'ab.

Umar yang meriwayatkan atsar ini bertanya kepada Ubay, "Wahai Ubay, apa makna takwa?" Ubay yang ditanya justru balik bertanya. "Wahai Umar, pernahkah engkau berjalan melewati jalan yang penuh duri?" Umar menjawab, "Tentu saja pernah." "Apa yang engkau lakukan saat itu, wahai Umar?" lanjut Ubay bertanya. "Tentu saja aku akan berjalan hati-hati," jawab Umar. Ubay lantas berkata, "Itulah hakikat takwa."

Sementara itu, keris dalam BUSANA TAKWA khas MATARAMAN biasa ditaruh di belakang (DIWANGKING). Ini bermakna bahwa kewaspadaan sesorang mukmin tidak perlu diperlihatkan, cukup dikondisikan setiap saat.

Terkadang keris ditaruh di samping (NGANGGAR) atau di depan (NYOTHE KIWA). Hal ini sebagaimana kita lihat pada lukisan atau foto para pahlawan nasional seperti Pangeran Diponegoro & Jenderal Sudirman adalah bentuk dari KESIAPSIAGAAN seorang da`i mujahid dalam mengejawantahkan ayat Alquran,

“Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kalian sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kalian menggentarkan musuh Allah, musuh kalian, dan orang-orang selain mereka yang kalian tidak mengetahuinya; sedangkan Allah mengetahuinya. Apa saja yang kalian nafkahkan pada jalan Allah, niscaya akan dibalasi dengan cukup kepada kalian dan kalian tidak akan dianiaya,” (QS Al Anfal: 60).

Dengan makna yang ADILUHUNG, keris merupakan warisan para mujahid dakwah nusantara dan sunnah hasanah dari para pendahulu dakwah. Seyogyanya kita sebagai da'i yang paling berhak untuk menjaga dan melestarikannya.

Syiar keris ini sama dengan menjaga nilai-nilai dakwah yang diwujudkan dalam bentuk dhapur keris, pola pamor keris serta warangka keris. Sekaligus ittiba kepada Rasulullah yang mempunyai 9 senjata pedang warisan dari para rasul sebelumnya, seperti pedang Rasulullah AL BATTAR.

Selain itu, juga mencegah upaya orang-orang musyrik untuk menghilangkan nilai-nilai dakwah pada keris serta upaya mereka menjauhkan keris dari para pewaris sahnya, para mujahid dakwah nusantara. (Bersambung) [Zulkifli Alan]

-------------------------------



Penulis : ?ulkifli Alan Santoso
Bergabung di Oase ChanelMuslim.com sejak 27 January 2020

Tanggung jawab isi konten tulisan member oase diluar tanggung jawab redaksi

Anda bisa mengirimkan tulisan untuk rubrik oase di halaman ini atau silakan melakukan registrasi untuk anda yang belum terdaftar disini.
 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
keris
nilai dakwah keris
 
BERITA LAINNYA
 
 
OASE
02 May 2018 16:13:04

Wahai Ibu Berhentilah Sejenak

 
OASE
12 July 2018 00:03:55

Belajar dari Nikita Mirzani dan Harun Yahya

 
OASE
05 January 2018 08:39:27

Resolusi Pengasuhan 2018

 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284