ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 01 Oktober 2020 | 14 Safar 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
NASIONAL

Pentingnya Petugas Pertolongan Pertama Jamaah Haji, Kemenag Buka Rekrutmen Tim P3JH

26 February 2020 09:00:01
Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag merekrut petugas haji yang akan tergabung dalam Pertolongan Pertama Pada Jemaah Haji  atau P3JH.  rekrutmen Petugas Haji 2020, Haji 2020
Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag merekrut petugas haji yang akan tergabung dalam Pertolongan Pertama Pada Jemaah Haji atau P3JH. (Foto: Kemenag)

ChanelMuslim.com - Pentingnya keberadaan petugas Pertolongan Pertama pada jemaah haji, Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag merekrut petugas haji yang akan tergabung dalam Pertolongan Pertama Pada Jemaah Haji atau P3JH.

Rekrutmen tersebut dilaksanakan pada dua kampus, yaitu UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Keduanya adalah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang memiliki fakultas kedokteran. Rekrutmen di UIN Maliki berlangsung hari ini, Selasa (25/02).

Selain dua kampus PTKIN tersebut, seleksi P3JH juga akan dilaksanakan di Rumah Sakit Haji Pondok Gede, Rumah Sakit TNI Angkatan Darat, dan Rumah Sakit POLRI.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar mengatakan, belajar dari penyelenggaraan haji tahun lalu, keberadaan P3JH sangat penting. Mereka akan ditempatkan di titik-titik khusus agar dapat memberikan pertolongan secara cepat kepada jemaah.

“Tahun lalu, saya bertemu jemaah haji yang sakit dan kakinya bengkak di Masjidil Haram. Saat itu, belum ada tim medis terdekat sehingga saya menunggui jemaah sampai tim linjam datang. Keberadaan P3JH akan mengisi titik-titik itu sehingga pertolongan dan pelayanan bagi jemaah haji pada kondisi darurat bisa segera dilakukan,” tegas Nizar dilansir laman kemenag.

Sementara itu, Direktur Bina Haji Khoirizi menambahkan, seleksi P3JH dilakukan dalam bentuk tes kompetensi dan wawancara.

“Tim P3JH terdiri dari 35 orang yang memiliki keahlian dalam bidang medis, seperti dokter dan perawat,” ujarnya.

Adapun tujuan dari dibentuknya P3JH, kata Khoirizi, adalah untuk mengisi titik-titik kosong yang tidak bisa diisi tim kesehatan. Titik kosong itu antara lain pada sepanjang perjalanan jamarat (jalur dari tenda mina menuju lokasi lontar jumrah atau sebaliknya), pintu masuk dan pintu keluar Masjidil Haram, dan titik-titik lain sesuai dengan kebutuhan yang akan ditentukan.

“Keberadaan P3JH diharapkan memudahkan jemaah haji mendapatkan pertolongan. Tim P3JH harus berada di tengah-tengah jemaah di manapun berada,” tutupnya. [jwt/rilisKemenag]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
ditjen penyelenggaraan haji dan umrah (phu) kemenag merekrut petugas haji yang akan tergabung dalam pertolongan pertama pada jemaah haji atau p3jh. rekrutmen petugas haji 2020
haji 2020
 
BERITA LAINNYA
 
 
NASIONAL
15 October 2017 07:23:51

Tim Dai Parmusi Tembus Pedalaman Sulteng

 
NASIONAL
10 November 2018 23:48:42

Aa Gym Pesan Selalu Ingat Pada Alloh

Senandung Akbar
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
Pelatihan Menulis Oase Chanel Muslim
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284