ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 06 Juni 2020 | 15 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
NASIHAT

Komentar Pesaing

30 August 2019 13:51:25
nasihat, muhasabah
Ilustrasi, foto: Forkom-Jerman.org

ChanelMuslim.com- Lukmanul Hakim pernah mengajarkan hal yang menarik untuk anaknya. Ia ajak anaknya mengendarai keledai. Lukmanul Hakim meminta anaknya naik terlebih dahulu.

Saat melewati orang banyak, ada yang berkomentar, “Anak macam apa seperti itu, naik keledai sementara ayahnya berjalan.”

Anaknya pun turun dan mempersilakan sang ayah yang naik. Mereka melewati orang banyak, dan muncul komentar lain, “Bapak macam apa seperti itu, naik keledai sementara anaknya dibiarkan berjalan kaki.”

Kini keduanya sama-sama menaiki keledai. Setelah melewati orang banyak, ada yang berkomentar, “Anak dan bapak sama-sama teganya. Masak keledai ditunggangi dua orang?”

Baca Juga :
» Palsu
» Ayam
» Belajar dari Es Batu

Kemudian, Lukmanul Hakim mengajak anaknya untuk tidak menunggangi keledai. Mereka berjalan kaki, sementara keledai mereka tuntun. Setelah melewati orang banyak, ada yang berkomentar, “Kenapa dua orang itu berjalan kaki, sementara keledai dibiarkan tanpa tunggangan.”

Lukmanul Hakim mengatakan sesuatu kepada anaknya. “Anakku, seperti itulah manusia dalam menilai kita, selalu berubah dan seolah tidak ada yang benar dari kita. Karena itu, berpeganglah dengan kebenaran dari Allah, biarkanlah orang lain berkomentar apa pun tentang kita,” seperti itu kira-kira pelajaran Lukmanul Hakim untuk anaknya.

Dalam hal pandangan pesaing terhadap kita, mantan Perdana Menteri Inggris, Margareth Thatcher pernah mengatakan, “Andaikan kita bisa berjalan di atas air, maka pesaing kita akan mengatakan, ‘Lihatlah orang itu berjalan di atas air karena tak bisa berenang.”

**

Baca Juga :
» Mundur
» Toleransi
» Alam

Mencermati dan mengikuti apa yang diucapkan orang lain, terlebih lagi, pesaing kita, adalah sesuatu yang sia-sia. Peganglah apa yang kita yakini, dan konsistenlah; kita jawab semua komentar dengan bukti. Bukan dengan komentar balasan, apalagi memunculkan keraguan. (Mh)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
nasihat
muhasabah
 
BERITA LAINNYA
 
 
NASIHAT
08 November 2017 08:57:18

Kecebong

 
NASIHAT
07 December 2017 09:48:38

Natal

 
NASIHAT
01 November 2018 21:01:59

Bisnis Titip Nyawa

 
NASIHAT
29 January 2018 16:17:31

Tikus

 
NASIHAT
10 July 2019 19:55:10

Pencitraan dari Kaca Jendela Mobil dan Kereta

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284