ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 15 Oktober 2019 | 16 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
EDITORIAL

Hijrah Tak Berarti Mesti Pindah

30 August 2019 14:17:25
Tahun Baru Hijriyah
Ilustrasi, foto: Pantau.com

 

ChanelMuslim.com- Pekan ini merupakan terakhir di tahun 1440 Hijriyah. Sabtu magrib besok, insya Allah, akan datang tahun baru: 1441 Hijriyah. Sebuah momen besar bagi umat Islam untuk melakukan perenungan dan muhasabah, agar hari esok bisa jauh lebih baik dari hari ini dan kemarin.

Tahun baru Hijriyah mungkin agak terlupakan di tahun ini. Selain karena jatuh pada hari Ahad yang notabene tanggal merah, kehadiran tahun baru Hijriyah masih menjadi hal yang asing buat umat Islam di negeri ini.

Coba dicek ke rekan, keluarga, atau tetangga dekat kita. Tanyakan kepada mereka apa ada peristiwa besar di malam Ahad besok? Atau, tanyakan kepada mereka nama-nama bulan Hijriyah yang mereka hafal? Atau, saat ini tahun ke-berapa Hijriyah?

Jawabannya mungkin akan mengecewakan sekaligus memprihatinkan kita. Umat ini sudah masuk dalam perangkap orang-orang kafir yang secara sistematis berhasil mengasingkan umat Islam dengan jatidirinya sendiri.

Khalifah Umar bin Khaththab bersama para sahabat Rasul saat itu tentu tidak sembarang menentukan awal tahun baru Islam dengan mengambil momentum hijrah Nabi saw dari Mekah ke Madinah. Bukan usulan lain berupa momentum kelahiran Nabi saw. atau diangkatnya nabi Muhammad sebagai Rasul.

Hal tersebut, selain karena bimbingan Alquran yang mengangkat nilai hijrah bersanding dengan iman dan jihad, memberikan pelajaran kepada kita bahwa hijrah merupakan ciri utama umat Islam. Hijrah yang berarti perpindahan, bukan hanya tempat, melainkan juga jiwa, karakter, kebiasaan, budaya, dan lainnya.

Yaitu, perpindahan dari jiwa atau karakter yang buruk menjadi yang baik. Dari kebiasaan malas menjadi rajin. Dari karakter yang culas menjadi istiqamah. Dari yang pamrih menjadi ikhlas. Dari yang penakut menjadi pemberani. Dari budaya kebodohan menjadi merujuk kepada Alquran dan Sunnah saw.

Seorang ulama Mesir pernah mengatakan, “Tegakkanlah Islam dalam jiwa kalian. Niscaya, Islam akan tegak di tengah masyarakat kalian.”

Tahun baru Hijriyah sudah sepatutnya menjadi momentum untuk kita sebagai garis start: perubahan, perbaikan, dan peningkatan. (Mh)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tahun baru hijriyah
 
BERITA LAINNYA
 
 
EDITORIAL
23 July 2019 18:45:27

Maraknya Penolakan RUU PKS

 
EDITORIAL
27 March 2019 11:36:03

Kompanye, Oh Kompanye!

 
EDITORIAL
21 April 2017 06:45:42

"Alhamdulillah, Kite Menang, Mak!"

 
EDITORIAL
20 February 2018 11:33:16

Gubernur Kite Dicuekin, Mak!

 
EDITORIAL
14 February 2018 09:47:34

Teror Gak Pake Kolor Ijo

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284