ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 31 Mei 2020 | 9 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
NASIHAT

Hitam

01 July 2018 09:30:07
Nasihat, muhasabah
Ilustrasi, foto: Reddit.

ChanelMuslim.com- Di sebuah kampung terpencil, seorang nenek menjadi pusat perhatian semua warga. Pasalnya, ada keajaiban dari sang nenek yang bisa menguntungkan sekaligus merugikan warga.

Kalau ada warga yang menyebut nenek dengan ‘putih’, warga akan mendapatkan keuntungan berupa air sumur yang jernih dan berlimpah. Tapi, kalau ada yang menyebutnya dengan ‘hitam’, sebagian harta warga akan berpindah ke nenek ajaib itu, dan tidak akan bisa dikembalikan lagi.

Menariknya, menyebut sang nenek dengan kata ‘putih’ tidak memberikan rasa apa-apa. Hambar, tanpa ada sensasi sedikit pun. Berbeda dengan menyebut ‘hitam’, seribu satu sensasi akan dirasakan warga yang menyebutnya.

Sedemikian hebatnya rasa sensasi yang dirasakan, warga yang menyebut ‘hitam’ merasa kurang jika menyebut sekali. Biasanya, akan seperti ketagihan untuk menyebut berkali-kali. Suasana batin pun terasa menjadi sangat nyaman, dan menyenangkan.

Baca Juga :
» Kompetisi
» Mundur
» Ibu

Tidak heran jika begitu banyak warga yang terjebak untuk menyebut ‘hitam’ kepada sang nenek. Dan tentu saja, nyaris harta mereka habis tak bersisa karena sudah berpindah ke rumah nenek ajaib ini. Hanya segelintir  warga saja yang bisa menahan diri untuk tidak menyebut ‘hitam’ tentang sang nenek. 

Seorang anak kecil pernah bertanya bagaimana perasaan sang nenek dengan keajaiban ini. Sang nenek mengatakan, “Nenek bingung kenapa mereka lebih memilih ketagihan ‘hitam’ padahal harta mereka sudah habis. Apa susahnya menyebut ‘putih’ karena itu akan menguntungkan mereka.”

**

Kisah pendek di atas memberikan perumpamaan tentang makna ‘putih’ dan ‘hitam’ terhadap diri seseorang. ‘Putih’ adalah hal-hal baik tentang seseorang, dan ‘hitam’ adalah sebaliknya.

Meski banyak orang paham bahwa menceritakan keburukan seseorang akan mengurangi harta mereka, tetap saja ketagihan dan sensasi itu sulit dikendalikan. 

Berbeda dengan harta warga yang terlihat berpindahnya, harta kita yang berpindah tak terlihat dan tak terasa. Padahal, harta yang berpindah itu jauh lebih berharga dari emas, uang, dan harta lain yang kita miliki. Harta itu adalah pahala segala ibadah kita yang terus tergerus karena ketagihan dan sensasi  ghibah itu. Naudzubillah. (muhammad nuh)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
nasihat
muhasabah
 
BERITA LAINNYA
 
 
NASIHAT
01 July 2018 09:30:07

Hitam

 
NASIHAT
10 July 2019 19:55:10

Pencitraan dari Kaca Jendela Mobil dan Kereta

 
NASIHAT
01 January 2020 21:39:16

Pesan Kyai Didin Terkait Musibah Banjir

 
NASIHAT
12 September 2017 12:05:12

Gagak

 
NASIHAT
26 March 2019 09:55:30

Baik Buruk

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284