ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 02 Juli 2020 | 12 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KOMUNITAS

Pejuang Kesembuhan Ikuti Pelatihan Jenazah PD Salimah Denpasar

23 February 2020 11:39:20
Salimah
Pelatihan mengurus jenazah oleh Salimah Denpasar, foto: Salimah.

ChanelMuslim.com- Denpasar. Para pejuang kesembuhan dari Rumah Harapan Indonesia (RHI) mengikuti Pelatihan Pemulasaraan Jenazah yang diselenggarakan oleh PD Salimah Denpasar pada hari Sabtu, 22 Februari 2020 di RHI, Denpasar. 

Kegiatan yang juga diikuti oleh para pendamping pasien, Sister Azzahra, dan pengurus Salimah berlangsung khidmad  dan interaktif.

Pelatihan Pemulasaraan Jenazah merupakan salah satu program kerja dari Departemen Dakwah Salimah Denpasar. Dengan tujuan memberi  pengetahuan dan pemahaman umat muslim terkait pemulasaraan jenazah. 

Pejuang Kesembuhan Ikuti Pelatihan Jenazah PD Salimah Denpasar

"Seringkali proses Pemulasaraan Jenazah tertunda dikarenakan umat tidak paham proses Pemulasaraan Jenazah. Semoga peserta dapat menerapkan ilmu yang didapat hari ini minimal di lingkungan keluarga setelah itu masyarakat," ungkap Dina Romadhianingrum, Ketua PD Salimah Denpasar. 

Menghadirkan narasumber, Nur Azizah dari tim rukun kifayah An Nisa yang sudah berpengalaman dalam merawat jenazah di rumah sakit maupun perumahan. 

Materi dimulai dengan bagaimana cara mentalqin, memandikan, mengafani, dan menyolatkan jenazah. Disertai pula dengan praktik keseluruhan pemulasaraan jenazah. 

"Kita harus menggunakan pengaman pada saat menangani jenazah seperti masker dan sarung tangan. Tidak usah takut karena banyaknya pahala yang Allah berikan bila kita merawat jenazah," urai Nur Azizah. 

Pejuang Kesembuhan Ikuti Pelatihan Jenazah PD Salimah Denpasar

Nur Azizah juga menjelaskan bagaimana cara merawat berbagai jenis jenazah yang meninggal seperti korban kecelakaan, kebakaran, menderita penyakit menular maupun tidak. 

Selama praktik banyak pertanyaan yang diajukan oleh para peserta sehingga menambah pengetahuan dan pemahaman mereka tentang Pemulasaraan jenazah. Peserta juga dibekali dengan handout materi yang bisa mereka pelajari di rumah. 

"Alhamdulillah, saya jadi tahu bagaimana merawat jenazah, karena selama ini kalau ada yang meninggal di perumahan, saya sering bingung apa yang harus dilakukan. Insyaallah, sekarang saya siap mengaplikasikan ilmu hari ini," ujar Ika, salah satu peserta yang hadir. 

Pejuang Kesembuhan Ikuti Pelatihan Jenazah PD Salimah Denpasar

Panitia menyerahkan cinderamata dan bingkisan kepada narasumber sebagai bentuk penghargaan dan rasa terima kasih atas ilmu yang sudah diberi. 

Selain itu juga ada penyerahan donasi kepada para pejuang kesembuhan yang ada di Rumah Harapan Indonesia. 

"Terima kasih kami ucapkan kepada PD Salimah Denpasar yang telah mengadakan pelatihan Pemulasaraan Jenazah hari ini. Sangat bermanfaat bagi kami dalam merawat jenazah para pasien yang berpulang," ujar Wilis, koordinator RHI. 

Pejuang Kesembuhan Ikuti Pelatihan Jenazah PD Salimah Denpasar

Acara diakhiri dengan muhasabah kematian dan doa yang dipandu oleh Dina, ketua PD Salimah Denpasar. 

"Dengan muhasabah kita jadi termotivasi untuk menyiapkan bekal menuju perjalanan yang panjang dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah dan berbuat kebaikan," ucap Lya Prahesti, ketua panitia. (Mh/IS/DN)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
salimah
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
ADVERTORIAL
02 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284