ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 20 November 2019 | 23 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KOMUNITAS

Cerita Gigihnya Para Ibu di Balik Aksi Sijum Setu Babakan

17 January 2018 21:41:01
Sijum Setu Babakan, Sijum, Nasi Jumat, sedekah
Ika (kanan) tengah menyiapkan nasi untuk jamaah. Foto: Chanelmuslim/Desi

ChanelMuslim.com-Aksi sedekah nasi untuk jamaah sholat Jumat di masjid-masjid rutin dilakukan oleh Komunitas Sijum (Nasi Jumat). Bagaimana gigihnya perjuangan para ibu yang menjadi motor penggerak Sijum di daerah Setu Babakan, Jakarta Selatan? Simak selengkapnya.

Ratusan wadah styrofoam berisi nasi dan lauk pauk tertumpuk rapi di atas meja di pelataran parkir Masjid Nurul Iman, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Tampak 3 ibu tengah membereskan peralatan, perlengkapan, dan juga mengatur susunan nasi agar mudah diambil oleh para jamaah.

Setiap Jumat, sejak Subuh, sekitar 10 orang ibu yang dimotori oleh Andhika Ratnasari ini sudah sibuk memasak dan menyiapkan makanan untuk dibagikan di masjid. Ada yang bertugas ke pasar untuk berbelanja bahan makanan, ada yang meracik sayuran dan bumbu, memasak nasi, dan membeli perlengkapan lainnya untuk aksi Sijum hari itu. Tak melulu nasi, kadang menu yang disajikan berupa lontong sayur, bakso, dan lain-lain.

Menurut Andhika, meski baru berjalan beberapa bulan, Sijum Setu Babakan sudah mulai mendapat perhatian dari warga sekitar, khususnya yang berada di sekitar masjid.

"Banyak yang nanya, ini apa? Dari mana? Akhirnya kita jelaskan, ini sedekah Jumat untuk jamaah yang sholat Jumat. Dari situ mulai banyak yang respon," ujar ibu 3 anak ini kepada ChanelMuslim, Jumat (12/1).

Cerita Gigihnya Para Ibu di Balik Aksi Sijum Setu Babakan

Antusiasme anak-anak dan jamaah terhadap Sijum

Mulai dari beberapa boks nasi, kemudian bertambah tiap pekan menjadi 100 boks, 200 boks, dan hingga Jumat ini mencapai 309 paket nasi yang dibagikan kepada jamaah. Peningkatan ini disyukuri Andhika karena niatnya untuk bersedekah ternyata banyak yang mengikuti, termasuk para donatur yang mulai berdatangan.

"Awalnya niat untuk sedekah, kok kayaknya hidup banyak masalahnya, coba sedekah lewat Sijum. Ternyata ada yang gabung, sekarang sudah ada sekitar 10 ibu-ibu yang ikut dan donatur juga bertambah, ada yang ngasih rice cooker, uang, telur, ayam, dan lain-lain," ujar muslimah yang akrab disapa Ika tersebut.

Bukan kebaikan namanya jika tanpa tantangan, salah satunya yang dialami Ika ialah sempat dicurigai misionaris.

"Iya, ada juga yang nyangka misionaris karena di dekat sini memang ada perkampungan nonmuslim yang aktif kegiatan sosialnya," katanya.

Menanggapi hal tersebut, Ika membuktikan bahwa aksi Sijum ini murni untuk amal dan dari kita untuk kita yaitu dengan cara konsisten menggelar aksi Sijum.

Di lain pihak, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Nurul Iman menyambut baik kegiatan Sijum. Salah satunya diutarakan oleh H. Adi, pengurus DKM Nurul Iman.

"Saya kira ini aksi sosial yang sangat baik, branding-nya bagus, nggak banyak berkata-kata tapi langsung aksi ke masyarakat," tuturnya.

Cerita Gigihnya Para Ibu di Balik Aksi Sijum Setu Babakan

Dewan Kemakmuran Masjid Nurul Iman, dari kiri-kanan: H. Adi, Ustadz Martin, H. Kasiman, H. Asri

Adi hanya berpesan agar ibu-ibu yang bergabung dalam Sijum tidak mengesampingkan tugas utamanya di rumah.

"Saya berharap, ibu-ibu yang gabung di Sijum ini jangan sampai mengesampingkan suami, menelantarkan anak, apalagi juga misalnya memaksakan untuk bersedekah sementara suami tidak mengizinkan, dan sebagainya," ujarnya.

Cerita Gigihnya Para Ibu di Balik Aksi Sijum Setu Babakan

Jamaah tambah semangat ke Masjid dengan adanya Sijum

Meski banyak kendala yang dihadapi, bagi Ika dan kawan-kawan, Sijum merupakan sarana motivasi untuk terus menyebarkan kebaikan sekecil apapun. Selain itu, anak-anak pun ikut senang menemani ibunya dalam aksi Sijum sekaligus melatih mereka untuk mencintai masjid dan bersedekah.

Semoga istiqomah.

(Ind/Desi)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
TOPIK :
sijum setu babakan
sijum
nasi jumat
sedekah
 
BERITA LAINNYA
 
 
KOMUNITAS
28 December 2017 12:38:32

Mengenal Komunitas Aquascape

indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284