ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 15 Juli 2020 | 25 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KISAH

Pemimpin itu Harus Beriman kepada Allah, Kemudian Harus Cerdas

16 December 2018 23:10:56
Pemimpin itu Harus Beriman kepada Allah Subhanahu wa Ta\\\\\\\'ala, Kemudian Harus Cerdas, ciri pemimpin cerdas, kisah sultan abdulhamid
Pixabay

Oleh: Ustaz Agung Waspodo, SE, MPP

ChanelMuslim.com--"Paşa tunjukkan kepadaku apa yang dilakukan Hiram di depan toko jam itu!", perintah Sultan.

Menjadi seorang pemimpin, apalagi setingkat sultan, harus memiliki ketajaman analisis. Sultan Abdülhamid II Han selalu berhati-hati serta tidak begitu saja menyerahkan segala urusan kepada paşalar (para jenderalnya). Kehati-hatiannya meningkat semenjak upaya pembunuhan sultan tahun 1905 yang gagal. Untuk masalah yang berkaitan dengan rahasia keamanan kekhilafahan, maka sultan menangani langsung serta hanya melibatkan orang-orang yang terpercaya.

Istana adalah tempat bersembunyi paling aman setiap pengkhianat dan hubungan keluarga adalah ikatan paling rawan pengkhianatan. Dari sejak lama, para sultan tegas untuk masalah ini, namun tidak jarang terjebak juga dalam intrik antar faksi keluarga.

Dalam film Payithat Abdülhamid (episode 2), digambarkan bahwa assassin 1905 yang bernama Hiram tertangkap. Namun, dia terpaksa dibebaskan akibat tekanan opini internasional. Berbagai surat kabar yang dikuasai kaum sekuler di dalam negeri maupun jaringan Yahudi Eropa di bawah pengaruh Theodore Herzl bertubi-tubi menyudutkan Sultan.

Sudah sejak lama media massa menjadi alat perang para musuh Islam, sungguh aneh jika masih ada yang menduga perang telah usai.

Bukanlah Sultan Abdülhamid II Han jika tidak dapat melihat kesempatan dari keterhimpitan. Akhirnya sultan berpura-pura kalah karena tekanan opini serta membebaskan sang assassin untuk melihat siapa pengkhianat dari kalangan jenderalnya. Sultan menegaskan Celal Paşa untuk membuntuti Hiram, namun tidak satu pun orang yang berani bertemu dengannya. Namun sultan tidak percaya itu!

Pemimpin harus selalu skeptis untuk aspek intelijen dan pengamanan barisan.

Bukan rahasia bahwa Sultan Abdülhamid II Han suka membaca buku dari berbagai belahan dunia, khususnya Eropa. Ide membongkar rahasia Hiram diperoleh sultan dari buku fiksi-kriminal terbaru Sir Arthur Ignatius Conan Doyle yang populer dengan tokoh fiktif detektif Sherlock Holmes. Walau benar sultan punya banyak koleksi buku, tapi perlu ditelusuri buku Doyle mana yang dibacanya setelah tahun 1905. Untuk masa tersebut, karya Doyle terbaru yang berkaitan dengan Holmes tahun 1903 adalah "The Adventure of the Empty House," mungkin itu yang dibacakan Tahsin Paşa kepada sultan yang sedang sibuk membuat miniatur kereta-api.

Buku selalu menjadi teman para pemimpin kaliber dunia, sudah baca buku apa saja engkau?

Singkat cerita, sultan memecahkan kode rahasia dari gerakan-gerakan kaki Hiram dengan menyuruh Celal Paşa menirukannya. Sultan Abdülhamid II Han sendiri yang memecahkan kode rahasianya. Sungguh, apresiasi harus diberikan juga kepada Celal Paşa yang memiliki videographic-memori pada masa ketika tugas seorang mata-mata tidak selalu ditunjang oleh alat yang canggih.

Agung Waspodo, memang negeri Kaum Muslimin tidak boleh dipimpin oleh orang yang planga-plongo karena para assassin akan kehilangan pekerjaan mereka!

Depok, 21 Rabi'ul-Awwal 1440 Hijriyah

[ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
pemimpin itu harus beriman kepada allah subhanahu wa ta\\\\\\\'ala
kemudian harus cerdas
ciri pemimpin cerdas
kisah sultan abdulhamid
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
15 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
KISAH
03 September 2019 20:27:52

Margarita Aguirre: Al-Quran Membuka Hati Saya

 
KISAH
15 February 2019 09:28:10

Wow, Raja Boneka Itu Sudah Bisa Bicara

 
KISAH
28 April 2018 21:12:54

Tertipu Peci, Jubah, dan Seolah (dekat) Ulama

global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga