ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 20 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KHAZANAH

Tips Menjadi Istiqamah Menurut Alquran

06 January 2019 07:01:34
Tips Menjadi Istiqamah Menurut Alquran
Ilustrasi, foto: Abuubakar.org.

ChanelMuslim.com- Doa pertama yang Allah swt. ajarkan dalam Surah Al-Fatihah adalah ihdinash shirothol mustaqim, Ya Allah tunjukkanlah kami jalan yang lurus. Mufasir menjelaskan ayat ini, Ya Allah bimbinglah kami untuk tetap istiqamah di jalanMu.

Istiqamah merupakan hal utama dalam ajaran Islam. Tak ada artinya seorang yang iman dan islamnya begitu kuat di awal, tapi luntur pada akhirnya. Dan tak ada sesuatu pun yang bisa menjamin apakah orang bisa tetap istiqamah, kecuali kehendak Allah swt. 

Dari situlah, Allah mengajarkan kita untuk selalu berdoa dalam tiap rakaat shalat kita dengan ihdinash shirothol mustaqim. Yaitu tetap dalam jalan Islam, bukan jalan Yahudi yang dimurkai atau Nasrani yang sesat. 

Perintah untuk istiqamah, Allah sampaikan dalam Surah Hud ayat 112. Allah swt. berfirman, 

فَاسْتَقِمْ كَمَا أُمِرْتَ وَمَنْ تَابَ مَعَكَ وَلَا تَطْغَوْا ۚ إِنَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

"Maka tetaplah engkau (Muhammad) (di jalan yang benar), sebagaimana telah diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang bertobat bersamamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sungguh, Dia Maha Melihat terhadap apa yang kamu kerjakan."

Ibnu Abbas menjelaskan tentang ayat ini, “Tidak ada ayat yang turun kepada Rasulullah saw. yang lebih berat dari ayat ini. Oleh karena itu, ketika para sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah, Anda tampak lebih cepat beruban.’ Rasulullah saw. menjawab, ‘Hud dan surat-surat sejenisnya yang membuatku cepat beruban.”

Umar bin Khaththab menjelaskan tentang makna istiqamah. Menurutnya, “Istiqamah adalah konsisten menetapi perintah dan menjauhi larangan Allah dan tidak mencari-cari celah sebagaimana yang biasa dilakukan musang dan serigala.”

Ayat ini, selain memerintahkan untuk istiqamah, juga memberikan tips untuk bisa tetap istiqamah. Yaitu, 

a. Senantiasa bersama dengan orang-orang yang bertaubat .

Seseorang akan selalu berada pada identitas dan jatidiri orang-orang yang bersamanya. Begitu pun dengan orang saleh. Untuk bisa tetap istiqamah, dia harus menjaga pergaulan kesehariannya. 

Kalau pertemanannya bersama orang-orang saleh, maka kesalehannya akan terjaga. Ada saling menasihati untuk tetap menjadi saleh dan istiqamah. 

Namun, jika pertemanannya buruk, maka akan ada saling mempengaruhi untuk tergoda ke jalan buruk yang dulu pernah ia tinggalkan. 

b. Jangan melampaui batas.

Dalam hal apa pun, melampaui batas dilarang dalam Islam. Karena manusia diciptakan dalam keterbatasan. Seperti, dilarang makan berlebihan, tidur berlebihan, istirahat berlebihan, dalam hal kerja, dan lain-lain. 

Begitu pun dalam hal ibadah kepada Allah swt. Allah swt. lebih mencintai ibadah yang sewajarnya tetapi dilakukan dengan rutin, daripada banyak dan besar tetapi dilakukan hanya sesekali saja. 

Nabi saw. pernah meluruskan tiga orang sahabat mulia yang bertekad untuk berpuasa sepanjang hari, beribadah sepanjang malam, dan tidak ingin menikah. 

Nabi saw. menyatakan, Aku berpuasa, tapi aku juga berbuka. Aku shalat malam, tapi aku juga tidur. Dan aku juga menikah. Siapa yang tidak mengikuti sunnahku maka ia bukan golonganku. 

c. Senantiasa merasakan adanya pengawasan Allah swt.

Manusia adalah makhluk yang tidak luput dari lalai, lupa, dan salah. Karena itu, perlu ada pengawasan yang terus-menerus dari pihak-pihak yang di atasnya.

Begitu pun dalam hal istiqamah, harus ada pemahaman dalam diri kita bahwa Allah swt. senantiasa mengetahui dan mengamati tindak-tanduk kita. Dia Maha tahu apa yang kita lakukan, meskipun tak seorang pun yang melihat. 

Para pelaku korupsi, selingkuh, curang, dan sejenisnya; merupakan orang-orang yang imannya hanya jika ada orang banyak. Tapi jika sendiri, atau bersama teman-teman yang sama bejatnya, ia akan menjadi sosok lain yang berbeda. 

Adanya perasaan dan keyakinan bahwa Allah senantiasa mengawasi akan menjadikan kita tetap istiqamah, selalu dalam pengamalan ajaran Islam yang sempurna. Wallahu a’lam. (Mh)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
13 February 2019 14:37:52

Zikir di Air, Dulu Dianggap Syirik ternyata Ilmiah

 
KHAZANAH
29 May 2019 10:44:45

Mensyukuri Kemenangan di Bulan Ramadan

 
KHAZANAH
21 December 2018 02:51:06

Suku Uighur Leluhur Turki Utsmani

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284